News

Jenis Bahan Tekstil Dari Sutera Memiliki Sifat

×

Jenis Bahan Tekstil Dari Sutera Memiliki Sifat

Share this article

Jenis Bahan Tekstil Dari Sutera Memiliki Sifat – – Siapa yang tidak tahu tentang kain sutra? Ya, kain sutra merupakan salah satu jenis kain yang mewah dan mahal, serta memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis kain lainnya. Kain sutra merupakan jenis kain yang paling banyak diminati oleh kalangan wanita. Harganya yang mahal sebanding dengan kenyamanan dan kemewahan yang bisa didapatkan dari kain ini.

Serat sutera atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Protein alami ini terdapat pada kepompong ulat sutera. Pertama, kokon melewati beberapa proses hingga menjadi benang dan kain.

Jenis Bahan Tekstil Dari Sutera Memiliki Sifat

Jenis sutera yang paling umum adalah sutera dari kepompong larva ulat sutera murbei (Bombyx mori) yang dibudidayakan di penangkaran (seperti pada budidaya pesanan). Serat sutera yang berbentuk benang dihasilkan oleh larva ulat sutera saat menghasilkan kepompong.

Bab 9 Ragam Hias Bahan Tekstil Seni Budaya 7.docx

Serat sutra mentah terdiri dari sekitar 75% fibroin dan 25% sericin, sejenis lem yang melapisi fibroin dan digunakan untuk melindungi fibroin dari tekanan mekanis. Untuk proses pewarnaan, lapisan serisin harus dihilangkan dengan cara diolesi atau direbus, karena akan mengganggu penyerapan zat warna.

Sutra dengan tekstur halus, lembut namun tidak licin. Kilau sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga pada seratnya.

Sutra impor, yaitu kain sutra tenun mesin yang dikenal dengan sutra super T54, sutra super T56, Abote, Organdi, sifon, sutra kotak kaca, sutra sutra, yang merupakan kombinasi sutra tenun super dengan sutra organik, krep, sutra batu dengan bunga-bunga. Desain anyaman terstruktur dengan ya.

Sesuai dengan namanya, kain sutera dalam negeri yang ditenun dengan ATBM antara lain sutera polos, sutera granit, sutera dobby dan sutera slur.

Sejarah Dan Fakta Menarik Tentang Kain Sutra

Sutra jenis ini merupakan sutra yang terbuat dari serat ulat sutera liar. Ulat sutera ini dibiarkan hidup di pohon mahoni, jambu mete, dan kadundong, sehingga makanannya adalah daun tempat ia hidup. Jenis serat yang dihasilkan ulat pemakan kacang mete atau daun kadundong disebut dengan krikula yang warnanya kuning keemasan. Sedangkan serat yang dihasilkan larva pemakan daun mahoni disebut atticus, berwarna coklat (warna tersebut merupakan pewarna alami).

Ada beberapa keistimewaan kain berbahan serat sutera ini yang bisa sahabat perhatikan saat membeli agar sahabat tidak tertipu, yaitu:

2. Memiliki kilau yang tinggi karena bagian serat sutera berbentuk segitiga sehingga dapat memantulkan cahaya dengan baik.

4. Serat sutera sangat higroskopis, mampu menyerap kelembapan 11% (MR), menjadikan kain sutera nyaman dan terasa sejuk saat dipakai serta dapat menyerap keringat.

Mengenal 15 Jenis Kain Yang Nyaman Dipakai Sehari Hari

5. Sutra mempunyai kandungan listrik statis yang tinggi, bila digosokkan pada kulit atau sela-sela kain akan timbul listrik yang menarik bulu, kotoran dan mengikat kain.

Baca Juga  Nilai Positif Interaksi Negara Asean Dari Kasus Pengungsi

6. Sutra kuat, kekuatan tarik dengan pemulihan elastis rendah, kekuatan meningkat 75-85% dalam kondisi basah.

10. Serat sutera tahan terhadap jamur dan bakteri, namun mungkin terserang serangga, kutu. Kain berlubang jika disimpan dalam waktu lama tanpa perlindungan dari serangga.

11. Apabila dibakar, serat suteranya berbau seperti rambut terbakar dan terbakar dalam api, meninggalkan sisa gosong berupa abu halus berwarna hitam mengkilat.

Doc) Sutra Dan Kertas Buram.doc

3. Sutra lembut dan ketika menyentuh kulit, asam amino pada serat sutra membuat sutra terasa lembut dan nyaman, bahkan sutra dapat melindungi dari berbagai penyakit kulit.

5. Bahan sutera mempunyai sifat mengkilat seperti mutiara, hal ini disebabkan karena lapisan fibroin yang merupakan sejenis protein yang dihasilkan oleh ulat sutera membentuk struktur mikro berbentuk prisma (struktur prisma inilah yang menyebabkan cahaya tersebar ketika bahannya terkesan sutra, sehingga memberi kilau indah pada sutra).

7. Salah satu keistimewaan sutra adalah mampu melindungi kulit tubuh dari sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.

8. Kain sutra dapat diaplikasikan pada berbagai model busana seperti baju muslim, gamis, syal, jilbab, dll. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai hati batik untuk meningkatkan nilai jual.

Tolong Dijawab Kak Ini Soal Dari Les ‚Äč

Setiap bahan kain mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan kain sutra ini. Kain ini mempunyai beberapa kekurangan antara lain:

1. Harganya mahal, apalagi jika diaplikasikan pada pakaian desainer tertentu, atau diaplikasikan pada batik, maka harganya akan semakin mahal.

2. Tidak terlalu kuat terhadap panas setrika, jadi jika menyetrika sutra harus berhati-hati. Teman-teman bisa menurunkan suhu panas pada setrika atau bisa juga menambahkan bantalan di antara setrika dan kain.

3. Tidak kuat melawan kutu. Teman-teman harus menyimpan kain sutra di tempat yang tidak terjangkau oleh spesies kutu yang dapat membuat lubang dan memakan kain tersebut. Kain sutra halus telah dikenal di Tiongkok sejak 27 SM. Lebih khusus lagi di Kerajaan Huang Ti. Kain ini terbuat dari ulat sutera dengan kepompong yang bentuknya seperti seikat bulu benang halus yang panjang. Hingga saat ini Tiongkok dikenal sebagai negara penghasil kain sutra terbaik di dunia.

Pemilihan Bahan Tekstil Dan Desain Busana

Kain batik sutra dengan harga yang sangat mahal. Sebab, menggunakan bahan ulat sutera yang sulit didapat atau dibudidayakan. Maka tak heran jika banyak beredar sutra palsu atau KW di pasaran. Sekilas terlihat seperti sutra asli. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, kain sutra memiliki ciri khas.

Baca Juga  Gerak Berjalan Pada Permainan Melempar Bola Ke Gunungan Adalah

Beberapa kain sutra menjadi pakaian para bangsawan, sultan pada masanya, dokumentasinya menjadi acuan para perancang busana juga.

Karena harga batik sutra halus yang relatif mahal, beberapa orang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual kain sutra palsu. Agar tidak salah beli, berikut ciri-ciri sutra asli:

Daya tarik utama kain batik sutera terletak pada lapisan luarnya. Itu terlihat mengkilap dan mengkilap. Saat diraba tangan, kilap ini terasa sangat halus. Lebih halus dibandingkan jenis batik lainnya. Karena ada lapisannya

Mengenal Serat, Bahan Baku Benang Dan Kain

Adalah protein yang dihasilkan oleh ulat sutera. Protein ini membentuk struktur mikro mirip prisma segitiga. Sehingga akan tampak mengkilat jika terkena pantulan cahaya.

Salah satu ciri batik berbahan kain sutra adalah mempunyai kemampuan menyerap cairan yang lebih tinggi. Baik itu berupa keringat, air atau cairan lainnya. Jika seseorang menyarankan kain sutra, tetapi sulit menyerap keringat, mungkin itu bukan sutra asli.

Kemampuan menyerap keringat inilah yang membuat sutra terasa lembut saat digunakan. Memberikan kenyamanan ekstra meskipun Anda memakainya di luar ruangan sepanjang hari.

Sekilas batik berbahan sutra terkesan sangat rapuh. Namun sebenarnya kain ini sangat kuat. Bahkan lebih kuat dari bahan yang terbuat dari katun. Kekuatan ini disebabkan oleh lingkungan serat sutra dengan benang yang lebih panjang.

Karakteristik, Teknik Pembuatan Dan Jenis Kain Sutra

Oleh karena itu, jangan membelinya jika ada yang menawari Anda kain sutra, tetapi ternyata sangat rapuh. Periksa kerenyahannya dengan menarik kainnya. Jika cepat robek, mungkin itu sutra palsu.

Mengapa banyak orang yang tertarik dengan batik sutra di daerah tropis seperti Indonesia? Sebab batik sutra mampu memantulkan sinar matahari berlebih. Memberikan kenyamanan dengan tekstur ringan.

Sekilas Anda bisa merasakan tekstur kain ini. Jika terasa berat, mungkin itu sutra palsu. Karena sutra asli terasa ringan saat disentuh atau dipakai.

Batik sutra tersebut asli atau tidak, bisa diketahui dari kecepatan pengeringannya. Rendam kain dalam air. Jika proses pengeringannya lama, bisa jadi itu batik sutra palsu. Karena sifat alaminya, sutra dapat menyerap lebih banyak kelembapan dibandingkan jenis kain lainnya.

Apa Arti Sutra? Berikut Penjelasan, Ciri Ciri, Dan Jenis Kain Lainnya

Ketika Anda menemukan batik sutra, cobalah melakukan tes regangan untuk mengetahui apakah sutra tersebut asli atau tidak. Jika setelah ditarik kembali kain tersebut kembali ke bentuk semula, maka dapat dipastikan itu adalah batik sutra asli. Namun jika tidak kembali ke bentuk semula, bisa jadi itu produk palsu.

Batik sutra asli mempunyai sifat yang sangat elastis. Ini akan dengan mudah kembali ke bentuk aslinya. Sehingga dengan perawatan yang baik maka batik ini akan lebih awet dan selalu terlihat baru.

Baca Juga  Tujuan Seni Lukis

Ternyata batik sutra asli tidak sulit ditemukan bukan? Oleh karena itu, jangan mudah tergiur dengan harga batik sutra yang terlalu murah. Bahkan di bawah harga pasar. Karena bisa saja itu dagangan KW. Untuk dapat merawat bahan tekstil dengan baik dan benar, Anda harus mengetahui terlebih dahulu sifat-sifat bahan tersebut:

Ciri-ciri bahan katun adalah bersifat hidroskopis atau menyerap air, mudah kusut, elastis, bila basah kekuatannya meningkat sekitar 25%, dapat disetrika dengan suhu tinggi, alas katun mengandung lilin, sehingga tidak perlu untuk dikanji. Katun linen ini tidak tahan klorin. Sedangkan viscose lebih licin dan mengkilat, tidak menyerap debu dan kotoran, karena kotoran hanya menempel pada permukaan bahan saja. Sedangkan sifat sintetisnya tidak jauh berbeda dengan kapas lainnya

Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil Pages 1 11

Bahan wol mempunyai sifat yang sangat elastis sehingga tidak mudah kusut, jika dipanaskan wol akan menjadi lunak seiring dengan berkurangnya elastisitasnya. Wol diikat, hangat karena serat wolnya keriting. Udara dalam pori-pori wol tetap bertahan, bila dipakai dapat memindahkan panas, wol tidak tahan digigit.

Sutranya lembut, halus dan berkilau, elastis dan kuat. Saat basah, sutra kehilangan kekuatannya sebesar 15%. Bahan sutra tahan terhadap pukulan, menyerap banyak air dan memberikan rasa sejuk dalam penggunaan.

Bahan tekstil ini jika dicuci cepat kering, tidak kusut sehingga tidak perlu disetrika, kuat dan tahan lama digunakan, lebih tahan terhadap panas.

Bahan tekstil ini terbuat dari bahan brokat, timpang dan sing, mudah berubah warna, tidak mudah kusut, tidak menyerap air dengan baik dan tidak tahan terhadap suhu penyetrikaan yang tinggi.

Inilah Kelebihan & Kekurangan Batik Sutra Asli

Bahan katun bersifat higroskopis atau dapat menyerap air, mudah kusut, elastis, bila basah kekuatannya meningkat sekitar 25%, dapat disetrika pada suhu tinggi, bahan katun linen mengandung lilin, sedangkan bahan viscose lebih halus dan mengkilat, tidak menyerap debu dan kotoran, karena kotoran hanya menempel pada permukaan material saja. Sedangkan sifat sintetisnya tidak jauh berbeda dengan kapas lainnya

Wol mempunyai sifat yang sangat elastis dan tidak mudah kusut. Wol yang dipanaskan akan menjadi lunak karena kehilangan elastisitasnya. Wol menahan panas karena seratnya keriting. Ini dapat digunakan untuk memberikan panas.

Bahan sutra mempunyai sifat lembut,

Rasul memiliki sifat, bahan bakar dari minyak nabati yang memiliki sifat seperti minyak solar adalah, jenis bahan tekstil, jenis bahan pewarna tekstil, sifat kain sutera, senar pancing memiliki sifat, allah memiliki sifat wujud artinya, jenis dan sifat bahan tekstil, bayangan pada kamera memiliki sifat, enzim memiliki sifat, tali tambang memiliki sifat, jenis bahan tekstil katun

News

Lebih Besar – IStockLebih Besar Dari Atau Sama…