Pacitan

Jembatan Gegeran Di-Cancel, Tidak Masuk Prioritas dalam RAPBD 2020

PACITAN, Radar Pacitan – Warga Desa Gegeran, Arjosari, Pacitan, dan sekitarnya harus lebih lama lagi menahan kesabaran. Pasalnya, rencana pembangunan Jembatan Gegeran tahun depan di-cancel. Itu akibat terkeprasnya anggaran di dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) setempat.

Apalagi jembatan penghubung antara Kecamatan Arjosari dan Tulakan itu bukan prioritas. Sehingga, tidak masuk Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2020. ‘’Ini salah satu cara menginisiasi penyusunan anggaran,’’ kata Kepala DPUPR Pacitan Edy Junan Ahmadi Rabu (20/11).

Pada 2019 DPUPR Pacitan mendapat anggaran Rp 156 miliar. Sedangkan tahun depan hanya Rp 96 miliar. Atau defisit Rp 60 miliar. Ini merupakan imbas turunnya dana transfer pusat (DTP). Sehingga, DPUPR menghitung ulang pengalokasian anggaran. ‘’Tentunya dengan pertimbangan skala prioritas. Kerangka utamanya menekan angka kemiskinan,’’ ujarnya.

Tahun depan ada beberapa program yang dicoret. Meskipun pada proyeksi awal dalam kebijakan umum anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUA-PPAS) telah disepakati antara pemkab dan DPRD. Salah satu yang ditunda pembangunan Jembatan Gegeran. ‘’Ditunda (dilanjutkan, Red) pada 2021,’’ sebut Junan.

Namun, penundaan pembangunan fasilitas umum itu bukan tanpa penghitungan. Junan menyebut, untuk merampungkan jembatan itu perlu anggaran sebesar Rp 15 miliar. Rencana awal, jembatan dianggarkan Rp 4 miliar. Jadi, ada tidaknya anggaran tahun depan, pengerjaan jembatan tidak bisa diselesaikan. ‘’Artinya, ditunda pun tidak masalah,’’ klaimnya.

Diketahui, jembatan sepanjang 170 meter dan lebar 4,5 meter itu kini dalam pembangunan tahap awal. Yakni, berupa enam tiang serta sayap jembatan. Sesuai kontrak, tahun ini akan selesai 13 Desember mendatang. ‘’Pembangunan gedung BPBD dan dishub juga kami nolkan,’’ imbuh Junan. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button