Madiun

Jembatan Gantung Sambung Tileng-Segulung Layak Jadi Objek Wisata

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Warga Desa Tileng dan Segulung, Dagangan, bisa bernapas lega. Sebab, mereka tak lagi terpisah jarak dan waktu seiring dibangunnya jembatan gantung sebagai akses antardesa tersebut. Sayangnya, jalan menuju jembatan itu dari dua arah belum representatif. ‘’Kalau dari arah sini, ada jalan setapak sepanjang kurang lebih 300 meter,’’ kata Kepala Desa Tileng Miratnu Selasa (23/3).

Miratnu mengungkapkan, tidak sedikit warga sengaja datang ke lokasi jembatan karena penasaran. Tak terkecuali mereka yang hobi gowes alias bersepeda. Pun banyak saran untuk menjadikan sebagai lokasi wisata lantaran pemandangannya yang asri. Namun, perlu perbaikan jalan untuk menuju jembatan tersebut. ‘’Rencana akan kami usulkan ke pemkab terkait wisata itu secara bertahap,’’ ujarnya.

Di samping potensi wisata, fungsi utama sebagai penghubung antarwilayah juga bakal dirasakan. Miratnu yakin perekonomian warga bakal terkerek. Terutama sektor pertanian maupun perkebunan. ‘’Kalau nanti sudah diserahterimakan, jembatan dapat dilalui, warga akan lebih sregep mengurus tanaman karena akses mudah,’’ tuturnya.

Miratnu mengungkapkan, warga menanti jembatan bisa dilalui. Sebab, jembatan itu memangkas jarak tempuh hingga tiga kilometer. Dari Tileng ke Segulung maupun sebaliknya. Namun demikian, jembatan hingga kini belum difungsikan. Pekerjaan masih tahap finishing berupa pembuatan pagar. Pembangunan jembatan merupakan program pemerintah pusat. Yakni, bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). ‘’Panjang jembatan sekitar 120 meter,’’ sebutnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button