News

Jelaskan Potensi Keberagaman Bangsa Indonesia Sebagai Sumber Kekayaan Negara

×

Jelaskan Potensi Keberagaman Bangsa Indonesia Sebagai Sumber Kekayaan Negara

Share this article

Jelaskan Potensi Keberagaman Bangsa Indonesia Sebagai Sumber Kekayaan Negara – Keanekaragaman budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya. Ada sekitar 13.667 pulau dengan berbagai ukuran, 400 kelompok etnis, dan ratusan bahasa lokal.

Keanekaragaman budaya dapat diamati dalam bentuk budayanya yang khas seperti tradisi, rumah adat, upacara adat, tarian daerah dan alat musik daerah.

Jelaskan Potensi Keberagaman Bangsa Indonesia Sebagai Sumber Kekayaan Negara

Tradisi adalah aturan perilaku yang ditransmisikan dari generasi ke generasi secara kuat dan terpadu dengan pola perilaku yang abadi dan bermasyarakat. Di beberapa daerah yang masih tradisional, tradisi dipegang teguh oleh masyarakatnya.

Potensi Sumber Daya Alam Di Indonesia, Materi Geografi Kelas 7 Smp

Rumah adat adalah rumah tempat diadakannya upacara adat. Bentuk rumah adat tersebut menunjukkan ciri-ciri kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Tarian daerah atau tradisional bervariasi. Menyambut tamu di suatu daerah, upacara panen, upacara keagamaan, dll. Ada berbagai permainan tradisional seperti

Alat musik Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya Angklung dari Jawa Barat dan Gerdek dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Keanekaragaman budaya Indonesia merupakan potensi pengembangan budaya nasional yang unik dan juga menyiratkan keunikan masing-masing budaya di setiap daerah.

Media Belajar Ips

Namun di sini orang lain menghadapi berbagai ancaman seperti pemberontakan, konflik etnis, pluralisme budaya atau dominasi budaya.

Keanekaragaman budaya perlu disikapi oleh seluruh masyarakat Indonesia agar tidak terjadi ketimpangan. Saling menghormati budaya yang berbeda dalam masyarakat membantu memperkuat persatuan yang telah terjalin lama.

Sebagai penerus bangsa, generasi muda harus mengenal dan memahami keragaman budaya Indonesia sejak dini. Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk memasyarakatkan budaya bangsa kepada generasi muda, seperti memasukkan kurikulum budaya ke dalam pelajaran sekolah. Situs tidak akan berfungsi untuk waktu yang ditentukan!

Untuk berkembang biak. Oleh karena itu, walaupun kita dapat dengan mudah menemukan ikan mas di beberapa daerah, ikan bandeng hanya dapat kita temukan di beberapa daerah. Bagaimana suatu wilayah dapat terus menawarkan produk yang tidak dapat diperolehnya dari kekayaan alam wilayah tersebut? Kita bisa membawa apa yang kita butuhkan dari daerah lain dan sebaliknya. Bahkan kita juga bisa mendatangkan Indonesia dari luar negeri dan sebaliknya. Memilih oleh-oleh khas daerah pasti menggunakan sumber daya alam daerah tersebut. Yuk, lihat lebih dekat oleh-oleh lokalmu! 1. Tentukan suvenir spesial yang ingin Anda temukan! 2. Cari informasi seperti: a. bahan apa yang terkandung dalam produk; B. Bahan yang berasal dari kekayaan alam daerah tempat Anda berada; C. bahan apa yang didatangkan dari daerah lain; D. Cara mengolah bahan menjadi produk 3. Bisa belajar dari buku, internet atau wawancara. 4. Presentasikan hasil tantanganmu kepada teman dan gurumu. Apa yang saya pelajari? 1. Potensi kekayaan alam suatu daerah tergantung pada bentang alam daerah tersebut. 2. Suatu daerah dapat mendatangkan kekayaan alam dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan daerah tersebut. Bab 5 | Cerita tentang daerah saya 141

Baca Juga  Sepatu Butut Cerpen Karya Ely Chandra

Jenis Jenis Keragaman Sosial Budaya Yang Perlu Diketahui

3. Pengelolaan kekayaan alam yang cerdas dapat membantu melestarikannya untuk generasi mendatang. Topik C: Masyarakat di daerah saya Pertanyaan dasar 1. Bagaimana kehidupan di daerah Anda? 2. Apa dampak kondisi geografis terhadap penghidupan masyarakat? 3. Apa dampak komunitas pendatang di daerah Anda terhadap kehidupan masyarakat? 4. Bagaimana sikap yang baik terhadap keberadaan masyarakat pendatang? Banyak turis ya, ya, tapi pada hari libur siapa tahu. Penjual memiliki kesempatan untuk menjelajahi begitu banyak suvenir, dan hanya pembeli yang tersisa. Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat disini dalam jangka panjang banyak wisatawan yang datang dari luar daerah Sumber: shutterstock.com/naufal image Terungkap bahwa perkembangan dan kekayaan alam suatu daerah mendorong masyarakat dari daerah lain untuk mencari pekerjaan atau ditugaskan di daerah ini. Mereka yang datang bisa datang dari jauh. Bahkan mungkin dari luar pulau. Ada juga di luar negeri. 142 IV. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Kelas Sekolah Dasar

Mari kita renungkan, para pendatang seharusnya membawa budayanya serta dialek dan bahasa daerahnya sendiri. Lalu apa yang terjadi? Ternyata budaya para pendatang itu kemudian bercampur dengan budaya asli daerah sana. Perkembangan suatu wilayah juga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Mata pencaharian masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut dapat berubah seiring dengan perkembangan wilayah. Misalnya, suatu kawasan yang dulunya merupakan lahan pertanian atau persawahan kemudian berubah menjadi kawasan industri. Jadi, secara umum sebagian besar penduduk akan berpindah profesi. Dari petani menjadi buruh pabrik. Pengembangan dan pembangunan daerah juga menciptakan peluang untuk membuka usaha baru. Bisnis Anda mungkin menjual produk seperti membuka toko, warung, restoran atau kafe. Selain itu juga dapat menyediakan jasa seperti jasa transportasi, akomodasi dan pemandu wisata. Selain itu, pembangunan daerah juga mempengaruhi perilaku masyarakat. Hal ini terlihat dari cara berbicaranya, cara berpakaiannya, dan perubahan gaya hidupnya. Ini sangat menarik, tapi bagaimana dengan orang-orang di daerah kita? Coba kita amati! Mari kita cari tahu 1. Pilih kelompok yang Anda setujui dengan guru Anda. 2. Guru Anda akan menginformasikan tentang daftar sumber yang dapat digunakan sebagai sumber informasi. 3. Diskusikan pembagian tugas dalam kelompok Anda. Pastikan bahwa setiap anggota kelompok menerima hasil belajar dari sumber yang berbeda. Bab 5 | Cerita tentang daerah saya 143

Baca Juga  Di Bawah Ini Yang Bukan Peran Indonesia Dalam Asean Adalah

4. Catat pembagian peran dan kirimkan ke guru Anda. 5. Guru akan memberikan petunjuk untuk memperoleh informasi melalui wawancara. 6. Bandingkan situasi orang-orang di daerah Anda sebelumnya dan saat ini. Gunakan pertanyaan dalam tabel di bawah ini untuk membandingkan. Pekerjaan Apa yang Dilakukan Orang di Lingkungan Saya Sekarang? Pekerjaan Apa yang Mereka Lakukan Di Masa Lalu? masyarakat sekarang? Apakah kerja komunitas dulu dipengaruhi oleh kekayaan alam, dan sekarang dipengaruhi oleh kekayaan alam daerah? Daerah? Bahasa apa yang digunakan di masa lalu, bahasa apa yang digunakan masyarakat sekarang? Apakah digunakan oleh masyarakat? Apakah masih ada yang menggunakan bahasa daerah, apakah sekarang sudah ada yang menggunakan bahasa daerah? Pakai bahasa daerah? Apakah ada banyak sebelumnya? Datang? Dari mana sebagian besar imigran berasal? Dari mana para imigran berasal? Kerjakan bersama Anda dan kelompok diminta untuk menuliskan ide/usulan alternatif kepada pemerintah (RT/RW/DESA/Kelurhan) tempat tinggal Anda. Ayo dengarkan instruksi yang akan diberikan gurumu. 1. Secara berkelompok, pilihlah 1 topik dari pilihan yang diberikan oleh gurumu. 144 IV. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Kelas Sekolah Dasar

2. Diskusikan ide/saran alternatif yang menarik tentang topik tersebut agar ide kelompok Anda dapat membantu pemerintah. Juga, catat alasan atau bukti pendukung untuk ide kelompok Anda selama diskusi. 3. Jadi, beri tahu guru Anda tentang perjalanan kelompok Anda untuk menemukan ide tersebut. 4. Gurumu akan membagikan kertas/media yang dapat digunakan untuk menulis surat. 5. Tulis surat dengan rapi dan kreatif, pastikan ide Anda menarik untuk disampaikan dan dapat membantu pemerintah di daerah Anda. Mari kita pikirkan 1. Mata pencaharian apa yang mendominasi di daerah Anda? 2. Apakah lanskap wilayah Anda memengaruhi mata pencaharian di sana? 3. Apa perbedaan antara orang saat ini dan mantan di daerah Anda? 4. Hal menarik apa yang Anda temukan tentang imigran di daerah Anda? 5. Menurut Anda apa keuntungan dan kerugian memiliki imigran di daerah Anda? 6. Menurut Anda, sikap apa yang dapat diambil sebagai masyarakat untuk meningkatkan pembangunan daerah? 7. Menurut Anda, seberapa pentingkah kita menjaga dan melestarikan budaya lokal? Dari mana? 8. Apa yang dapat dilakukan untuk melanjutkan tradisi budaya daerah Anda dan menjaganya tetap hidup oleh generasi mendatang? Bab 5 | Cerita tentang daerah saya 145

Manfaat Keragaman Budaya Bagi Indonesia, Salah Satunya Perkuat Toleransi

Informasi lainnya Seiring dengan banyaknya pendatang yang masuk ke suatu daerah, pembangunan daerah juga terjadi. Ada juga budaya yang bisa berubah atau mengalami perubahan. Kemudian muncul istilah akulturasi dan asimilasi. Akulturasi adalah percampuran dua budaya atau lebih. Biasanya terjadi karena adanya unsur budaya asing yang masuk ke suatu daerah. Pertunjukan wayang kulit berasal dari Jawa tetapi mencakup cerita dari India. Sedangkan asimilasi adalah penggabungan atau asimilasi dua budaya asli menjadi budaya baru. Biasanya terjadi karena interaksi berkepanjangan yang menghasilkan budaya campuran. 146 IV. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Kelas Sekolah Dasar

Baca Juga  Sebutkan Ciri-ciri Teks Berita

Masuknya pendatang ke suatu daerah dapat membawa serta kesulitan-kesulitan seperti: 1. Meningkatnya kebutuhan akan perumahan. Akibatnya, banyak lahan pertanian atau hutan yang diubah menjadi pemukiman; 2. Menimbulkan masalah lingkungan seperti sampah penyebab penyakit. Bagaimana dengan wilayah Anda? Apakah Anda juga mengalami gejala di atas? Bagaimana sikap kita sebagai generasi muda? Memilih tantangan Tulis cerita pendek atau komik tentang orang-orang di daerah Anda. Cantumkan pula nilai-nilai yang telah Anda pelajari untuk disampaikan kepada pembaca. Perlihatkan karya ini kepada teman dan gurumu. Pasti beruntung! Bab 5 | Cerita tentang daerah saya 147

Apa yang saya pelajari? 1. Mata pencaharian masyarakat yang dominan di suatu kawasan seringkali ditentukan oleh kenampakan bentang alam kawasan tersebut. 2. Kehadiran masyarakat pendatang memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah. Namun, hal itu juga menimbulkan tantangan baru bagi kawasan. Proyek Pembelajaran Dalam proyek pembelajaran ini, apakah kita akan membuat poster infografis tentang bidang kita? Tujuan Proyek Buat infografis lengkap tentang area Anda. Langkah-langkah membuat infografis: 1. Buat informasi tentang wilayah Anda, antara lain: a. nama domain; B. Sejarah singkat kawasan; C. Peninggalan benda bersejarah di kawasan; D. bentang alam/pemandangan kawasan; E. kekayaan alam daerah; F. mata pencaharian yang dominan secara regional; C. Ajakan untuk melestarikan dan melindungi ruang sosial dan budaya. 2. Lakukan pekerjaan yang menarik dan informasikan kepada pembaca. 148 IV. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Kelas Sekolah Dasar

Refleksi Proyek 1. Pengalaman menarik apa yang Anda alami selama mengerjakan proyek ini? 2. Hambatan apa yang Anda hadapi?

Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia Dan Afrika

Potensi kekayaan laut indonesia, keberagaman bangsa indonesia adalah, jelaskan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, keberagaman bangsa indonesia, keberagaman suku bangsa di indonesia, potensi kekayaan alam indonesia, jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di indonesia, jelaskan kedudukan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, keberagaman budaya bangsa indonesia, contoh keberagaman bangsa indonesia, jelaskan pengertian pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, faktor penyebab keberagaman bangsa indonesia