News

Jelaskan Pengertian Komputer

×

Jelaskan Pengertian Komputer

Share this article

Jelaskan Pengertian Komputer – 2 Pengertian Umum Komputer Komputer adalah kumpulan perangkat elektronik yang terdiri dari perangkat input, perangkat yang memproses input, dan perangkat output yang memberikan informasi dan beroperasi secara otomatis.

Pengertian Komputer Menurut Para Ulama (Blissmer) Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat menjalankan banyak fungsi, misalnya menerima data informasi, mengolah data masukan sesuai petunjuk yang diberikan, menyimpan perintah, pengolahan dan hasil pengolahan, serta penyiapan produk. Format data.

Jelaskan Pengertian Komputer

Menurut para ahli, pengertian komputer (Fuori) adalah komputer pengolah data yang dapat dengan cepat melakukan perhitungan besar, termasuk perhitungan matematis dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

Jelaskan Apa Pengertian Computer

Menurut para ahli, pengertian komputer (Hamacher) adalah suatu mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima data masukan secara digital, kemudian mengolahnya sesuai program yang disimpan dalam memori dan menghasilkan suatu keluaran berupa informasi.

A. Mikrokomputer (personal computer) Pada mulanya komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan individu (pribadi). Kebutuhan individu dalam hal penyimpanan atau pemrosesan data tentu tidak sama dengan kebutuhan bisnis. Oleh karena itu, kemampuan dan teknologi komputer pribadi pada awalnya sangat terbatas.

B) Mikrokomputer Mikrokomputer memiliki kapasitas beberapa kali lebih besar dibandingkan komputer pribadi. Hal ini dikarenakan mikroprosesor yang digunakan untuk pengolahan data memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan mikroprosesor yang digunakan pada komputer pribadi. Ukuran fisiknya bisa sebesar lemari kecil. Komputer mini umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pengguna (multiple user). Dalam sistem multi-pengguna ini, komputer pribadi pada akhirnya digunakan sebagai terminal untuk entri data. Contoh komputer mini: IBM AS-400

C. Mainframe Fitur utama yang membuat perbedaan berarti antara minikomputer dan mainframe adalah mainframe memiliki lebih dari satu prosesor. Jadi, dalam hal kecepatan pemrosesan, komputer mainframe jauh lebih cepat dibandingkan komputer mini.

Apa Itu Server? Pengertian, Jenis, Fungsi, Dan Cara Kerja Server!

D. Superkomputer Seperti namanya, superkomputer memiliki fitur-fitur khusus, seperti kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi dan kemampuan menyimpan data dalam jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan mainframe. Harga sebuah superkomputer sangat besar dan mahal. Contoh superkomputer adalah Cray-2. Pengguna superkomputer biasanya adalah negara maju atau perusahaan yang sangat besar, seperti industri dirgantara di Amerika Utara.

1. Komputer analog digunakan untuk pengolahan data kualitatif, beroperasi secara kontinyu dan paralel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Misalnya, komputer digunakan di rumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, tegangan listrik, dll.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Ancaman Negara Berilah Contohnya

2. Komputer digital yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Misalnya PC dll.

1. Komputer untuk keperluan khusus (computer for special Purpose) pada umumnya digunakan misalnya untuk pengolahan grafik, pengolahan multimedia, pengolahan database dan pengolahan program lainnya. 2. Komputer serba guna (general use computer) digunakan secara eksklusif dan hanya mempunyai satu fungsi kerja, misalnya server, router PC.

Apa Pengertian Informatika? Berikut Penjelasannya Serta Tujuan Dan Manfaat

Komputer terbagi menjadi beberapa generasi: 1. Komputer generasi pertama () 2. Komputer generasi kedua () 3. Komputer generasi ketiga () 4. Komputer generasi keempat (1979-sekarang) 5. Komputer generasi kelima

Komputer produksi 1 dicirikan oleh fakta bahwa panduan pengguna dibuat khusus untuk tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program kode binernya sendiri yang disebut “bahasa mesin”. Hal ini membuat pemrograman komputer menjadi sulit dan membatasi kecepatannya. Ciri lain dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu berukuran sangat besar). ) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Komputer Generasi 2 Komputer pada generasi ini: printer, penyimpanan disk, memori, sistem operasi dan perangkat lunak. Contoh penting komputer saat ini adalah IBM 1401 yang banyak diadopsi di industri. Pada tahun 1965, hampir semua perusahaan besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses data keuangan. Bahasa pemrograman seperti Common Business-Oriented Language (COBOL) dan penerjemah rumus (FORTRAN) menjadi umum. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata, frasa, dan rumus matematika yang mudah dipahami manusia.

Komputer Generasi 3 Perkembangan lain dari komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin menjalankan beberapa program berbeda secara bersamaan dengan program utama yang tugasnya memantau dan mengkoordinasikan memori komputer.

Apa Itu Pascal? Inilah Pegertian Dan Contoh Program Pascal

CPU komputer generasi 4: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (seri prosesor yang diproduksi oleh Intel). Kita juga tahu tentang AMD k6, Athlon dll. Semua ini termasuk dalam komputer generasi keempat

Komputer Generasi Kelima Contoh fiksi komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel Arthur C. Clarke 2001: A Space Odyssey. HAL menunjukkan semua fitur yang diinginkan dari komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial Intelligence), HAL dapat cukup termotivasi untuk berkomunikasi dengan orang-orang, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalaman mereka.

Komputer Generasi Keenam Komputer generasi keenam menghasilkan teknologi komputasi yang canggih dan mampu menciptakan bio-chip. Biochip ini terbuat dari bahan protein sintetik yang nantinya akan berubah menjadi manusia buatan. Selain itu, para peneliti kini mengembangkan komputer tanpa pemrograman. Komputer masa depan ini tidak perlu menulis atau membuat program. Fondasi dari komputer tanpa program ini adalah penelitian mikro-optik dan input radio.

Baca Juga  Menurut Ferdinand Tonnies Ciri-ciri Paguyuban Adalah

Jelaskan apa itu komputer! Apa itu superkomputer? Jelaskan nama-nama komputer dan kegunaannya! Sebutkan beberapa contoh prosesor yang anda ketahui!

Pengertian Komputer, Data, Informasi Dan Sistem Informasi

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami mengumpulkan data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat bekerja sama membentuk suatu sistem yang rapi dan menyeluruh. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melakukan serangkaian tugas secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi atau program yang diberikan padanya. Definisi yang ada saat ini berarti bahwa sebuah komputer mempunyai lebih dari satu komponen yang bekerja bersama-sama, dan komponen-komponen tersebut hanya dapat bekerja jika listrik mengalir melaluinya. Istilah untuk sekelompok mesin, atau istilah untuk jutaan komponen inilah yang kemudian dikenal dengan istilah perangkat keras komputer atau computer hardware. Perangkat keras komputer juga dapat digambarkan sebagai perlengkapan fisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, atau diangkut. Dalam hal ini, komputer tidak mungkin berfungsi tanpa program yang dimasukkan ke dalamnya. Program ini dapat berupa prosedur pengoperasian komputer itu sendiri atau berbagai prosedur pengolahan data yang telah ditentukan. Dan program-program ini lagi-lagi disebut perangkat lunak komputer atau perangkat lunak komputer. Dalam arti luas, program komputer dapat diartikan sebagai suatu prosedur operasi. Suatu program yang disiarkan oleh TVRI dapat dianggap sebagai perangkat lunak untuk perangkat televisi. Begitu pula dengan musik yang direkam dalam kaset, data dalam kertas, dan cerita atau uraian dalam buku. Modul MK Aplikasi Komputer I-1

Besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik pertama di dunia, ENIAC, selesai dibangun. Komputer ini memiliki tabung vakum dan beratnya 30 ton. Saking besarnya sehingga perlu kelas tersendiri. Pada gambar terlihat komputer ENIAC yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang berbobot 30 ton, memiliki panjang 30 m dan tinggi 2,4 m serta membutuhkan daya 174 kilowatt. generasi kedua Transistor adalah ciri khusus komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri dari tiga kelas yaitu : “Basis”, “Kolektor” dan “Emitor”. Transistor merupakan kependekan dari Transfer Resistor yang artinya resistansi antara dua dari tiga lapisan tersebut dapat mempengaruhi daya (resistansi) pada lapisan lainnya juga. Fungsi transistor demikian adalah penguat sinyal. Sebagai komponen padat, transistor mempunyai banyak keunggulan, antara lain: tidak mudah pecah, tidak menghantarkan panas. Dan dengan demikian komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.Pada tahun 1960an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang menggunakan transistor dan digunakan secara luas di pasar. Komputer IBM merupakan komputer komersial buatan Amerika yang menggunakan transistor. Komputer ini dirancang untuk melakukan segala jenis pekerjaan, baik ilmiah maupun bisnis. Karena kecepatan dan kapasitasnya, IBM 7090 menjadi sangat populer. Komputer generasi kedua lainnya meliputi: IBM Series 1400, NCR Series 304, Mark IV, dan Honeywell Model 800. c. Konsep yang lebih kecil dan murah dibandingkan transistor generasi ketiga, akhirnya mendorong orang untuk melanjutkan penelitian yang berbeda. Ribuan transistor akhirnya diintegrasikan ke dalam faktor bentuk yang sangat kecil. Sepotong silikon berukuran beberapa milimeter telah berhasil dikembangkan, dan inilah yang disebut dengan Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Modul MK Aplikasi Komputer I-3

Baca Juga  Manfaat Belajar

Generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (large-scale integration), yaitu kompresi ribuan mikroprosesor dalam satu mikroprosesor. Selain itu, juga menandai kebangkitan mikroprosesor dan semikonduktor. Perusahaan yang memproduksi mikroprosesor antara lain: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lain-lain. Di pasaran kita bisa melihat mikroprosesor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486 dan Pentium. Pentium-4 merupakan produk terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, selain itu kapasitas dan kecepatan Pentium-4 juga ditingkatkan menjadi 2 Ghz. Gambar yang ditampilkan akan semakin cepat, selain kecepatan proses pengiriman atau penerimaan gambar juga akan semakin cepat. Pentium-4 dibangun dengan teknologi 0,18 mikron. Dengan bentuknya yang lebih kecil maka daya yang dikeluarkan, arus dan thermal stress juga semakin kecil. Dengan prosesor yang mendingin lebih cepat, kecepatan bisa dicapai

Jelaskan jaringan komputer, jelaskan pengertian aplikasi komputer akuntansi, jelaskan pengertian dari domain, jelaskan pengertian komputer secara umum, jelaskan sejarah komputer, jelaskan pengertian program komputer, jelaskan pengertian jaringan komputer, jelaskan pengertian dari komputer, jelaskan pengertian bola voli, jelaskan pengertian sistem komputer, jelaskan pengertian perangkat keras komputer, jelaskan perangkat lunak komputer