Jelaskan Pengertian Dari Kombinasi Keterampilan Pada Teknik Dasar Sepak Bola – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit. Buat flipbook Anda sendiri
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) 241 G. Variasi Gerakan Prosedural Variasi Urutan melaksanakan beberapa bentuk gerakan prosedural dengan cara yang berbeda-beda, seperti: Puncak dari variasi pembelajaran dan kombinasi dari prinsip-prinsip dasar tersebut adalah meningkatkan pengetahuan, menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, menghargai perbedaan, menghargai tanggung jawab dan kerjasama. Selama kegiatan pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan kesulitan atau bertanya kepada guru atau teman. Jawaban mereka diberikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang mereka alami. Inilah cara untuk belajar. 1. Langkah maju dan mundur Kegiatan Tahapan pembelajaran (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, lihat ke depan. (2) Gerak. hitung 1 langkah ke depan dengan kaki kiri. Selama 2 hitungan, dekatkan kaki kanan ke kaki kiri. Selama 3 hitungan, langkahkan kaki kanan ke belakang. Selama 4 hitungan, dekatkan kaki kiri ke kaki kanan. Hitung 5-8, ulangi 1-2-3 dan 4. Ulangi operasi ini selama 3 x 8 dan gunakan 4/4 detik. (lihat Gambar 7.7). 2. Langkah-Langkah Tahapan Pembelajaran Kegiatan Sampingan (1) Persiapan. berdiri tegak, berjalan dengan kaki kiri, lengan lurus ke badan, lihat ke depan. (2) Gerak. 1 langkah kaki kiri ke kiri, hitung 2, tarik kaki kanan dan bawa ke kaki kiri, hitung 3, balikkan kaki kanan ke kanan, hitung 4, tarik kaki kiri. kaki dan dekatkan ke kaki kanan, hitung 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi latihan ini dengan skor 3 x 8 dan gunakan 4/4. (lihat Gambar 7.8). Gambar 7.7 Kaki maju dan mundur. 1 – 2 3 – 4 Gambar 7.8 Pijakan samping. 1 – 2 3 – 4
Jelaskan Pengertian Dari Kombinasi Keterampilan Pada Teknik Dasar Sepak Bola
242 SMP/MTs Kelas VIII 3. Kegiatan Peregangan Kaki Kedepan dan Ke Belakang Tahapan Pembelajaran (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri berjalan, lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan. (2) Gerakan. hitung 1 keseimbangan pada kaki kanan, kaki kiri ke depan, hitungan 2, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, hitungan 3, regangkan kaki kiri ke belakang, hitungan 4, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, hitungan 5, regangkan kaki kiri ke kiri , hitungan 6, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, hitungan 7, angkat kedua tumit bersamaan dengan kaki, hitungan 8, kembalikan tumit bawah ke posisi awal, lakukan gerakan ini dengan kaki kanan selama 1 hitungan – 8. Gunakan 4. /4 dimensi, (lihat Gambar 7.9). 4. Mengayunkan kaki ke depan dan ke belakang Tahapan pembelajaran (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus ke samping, lihat ke depan. (2) Gerakan. hitung 1, kaki kiri lurus ke belakang, pelat tumit, hitung 2, kaki kiri bawah saat lutut kanan berguling, hitung 3, kaki kanan lurus ke belakang, pelat tumit, hitung 4, turun. pada kaki kanan bersamaan dengan gerakan lutut kaki kiri, lakukan gerakan ini dengan hitungan 6 x 4 dan gunakan hitungan 4/4 (lihat Gambar 7.10). Gambar 7.9 Meregangkan kaki ke depan dan ke belakang. 2-4-6 1 3 5 7 8 Gambar 7.10 Mengayunkan kaki maju mundur. 1 – 2 3 – 4
Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor, Dan Manipulatif Dalam Olahraga Bola Voli
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) 243 5. Mengayunkan kaki ke depan Kegiatan Tahapan pembelajaran (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus ke samping, lihat ke depan. (2) Gerakan. hitungan 1, kaki kiri lurus ke depan dan jari kaki lurus (pelat), hitungan 2, langkah kaki kiri ke belakang sambil lutut kanan ke bawah (menyapu), hitungan 3, arahkan kaki kanan lurus ke depan dan jari kaki lurus. (piring), hitung 4, turunkan kembali kaki kanan sambil lutut kiri turun (usap), hitung 5-8, ulangi 1-2-3 dan 4. Ulangi latihan ini dengan hitungan 6 x 4 dan gunakan 4/ 4. perhitungan, (lihat Gambar 7.11). 6. Tekuk kaki ke samping Kegiatan Tahapan pembelajaran (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan. (2) Gerak. hitungan 1, tekuk kaki kiri lurus ke samping dan luruskan jari kaki (pelat), hitungan 2, jatuhkan kaki kiri ke belakang sambil lutut kanan ke bawah (sapu), hitung 3, putar kaki kanan lurus. lurus ke samping dan kaki (piring), hitung 4, turunkan kaki kanan ke bawah sambil lutut kiri ke bawah (sapu), hitung 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi latihan ini selama 6 hitungan x 4 dan gunakan perhitungan 4/4 (lihat Gambar 7.12). 7. Latihan mengangkat paha kiri Tahapan latihan (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, lihat ke depan. (2) Gerak. hitungan 1, angkat pinggul kiri ke atas, tekuk lutut membentuk sudut 90° Figure 7.11 Kaki melangkah ke depan. 1 – 2 3 – 4 Figur 7.12 Mengayunkan kaki ke samping. 1 2 3 4 Gambar 7.13 Angkat pinggul kiri.
244 Kelas VIII SMP/MT jari kaki lurus (pelat) ke bawah, hitungan 2, kaki kiri bawah ke belakang dan lutut kanan ke bawah (angkat), hitungan 3, angkat pinggul kanan ke atas, tekuk lutut membentuk sudut siku-siku dengan 900 jari kaki (pelat) mengarah ke bawah , hitung 4, turunkan kaki kanan ke bawah sambil lutut kiri turun (menyapu), hitung 5-8, ulangi 1-2-3 dan 4. Ulangi latihan ini 6 x 4 dan gunakan 4/4, (lihat Gambar 7.13). 8. Tahapan kegiatan belajar rotasi satu tangan (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus ke depan, menghadap ke depan. (2) Gerakan. hitung 1-2, ayunkan lengan kiri dari bawah ke kiri, lengan kanan tetap lurus di depan saat kedua lutut berguling, hitung 3-4, ayunkan lengan kanan dari bawah ke kanan saat kedua lutut berguling, diakhiri dengan lengan terentang, hitung 5 -6 , putar tangan kiri ke belakang, hitung 7-8, putar tangan kanan ke belakang. Ulangi operasi ini untuk bilangan 6 x 8 dan gunakan suku 4/4 atau 3/4 (lihat Gambar 7.14). 9. Tahapan kegiatan rotasi belajar satu tangan (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus ke atas, menghadap ke depan. (2) Gerakan. hitungan 1, tekuk lengan kiri, ke samping, ke dalam dan ke belakang, hitungan 2, tekuk lengan kanan satu putaran di atas. Ulangi operasi ini untuk bilangan 8 x 2 dan gunakan suku 4/4 atau 3/4 (lihat Gambar 7.15). Gambar 7.14 Satu lengan berputar. 1-2-3-4 5-6-7-8 Gambar 7.15 Satu lengan berputar. 1 2
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) 245 10. Kegiatan berputar dengan satu tangan Tahapan pembelajaran (1) Persiapan. berdiri tegak dengan kaki kiri, kedua lengan lurus ke atas, menghadap ke depan. (2) Gerakan. hitungan 1, ayunkan lengan kiri satu putaran, punggung di samping badan dan punggung lurus ke atas, hitungan 2, ayunkan lengan kanan satu putaran ke depan, punggung di samping badan dan punggung lurus ke atas. Ulangi operasi ini untuk bilangan 8 x 2 dan gunakan suku 4/4 atau 3/4 (lihat Gambar 7.16). Penilaian selama pembelajaran dapat dilakukan baik oleh teman sebaya (peer learning) maupun secara mandiri (self-assessment), dengan memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut: (3) Dapat melakukan langkah normal, (4) Dapat melakukan akhir yang normal, (5) Dapat melakukan ayunan dengan satu pihak, (6) Bertanggung jawab. Kriterianya adalah: (a) 4 = selalu jika selalu melakukan sesuai dengan gerakan. (b) 3 = sering jika sering melakukan sesuai gerakan dan kadang tidak. (c) 2 = kadang-kadang, jika kadang-kadang mereka lakukan dan sering tidak. (d) 1 = tidak pernah jika tidak pernah. Gambar 7.16 Satu lengan berputar. 1 2
246 Kelas VIII SMP/MTs Contoh Aspek Nilai Peserta Didik Nama Q. Peringkat signifikansi Kerjasama dalam aksi motorik Dapat melakukan posisi awal Dapat melakukan langkah normal Dapat melakukan langkah finishing normal Dapat melakukan ayunan satu lengan Responsif 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 A V V V V V V V V V 20 Sangat baik 2 B 3 C 4 D 5 E 6 F Total skor maksimum = 24 poin Instruksi Anda akan mencapai: Sangat baik. 11 – 15 poin Cukup. jika Anda mendapat 7 – 10 poin lebih sedikit. jika Anda mendapatkan 1-0 poin. ) Penilaian aspek spiritual dan sosial dilakukan dengan observasi selama mengikuti kegiatan pendidikan. Anda dapat mengamati selama proses penilaian sambil melakukan gerakan ritmis. Aspek yang dinilai meliputi: kerjasama, tanggung jawab, menghargai sesama, disiplin, toleransi, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, berusaha maksimal selama pembelajaran. Lakukan observasi untuk diri sendiri atau berpasangan, periksa penilaian (¥) untuk setiap perilaku, pada skala 1 sampai 4 (Sangat Baik = 4, Baik = 3, Cukup = 2, Kurang Baik = 1).
Kemampuan Literasi Digital Yang Wajib Dimiliki Pada Era Modern
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) 247 Nama siswa tidak tersedia Sikap spiritual dan sosial Umum. Evaluasi doa sebelum dan sesudah belajar Bersungguh-sungguh dalam belajar
Teknik dasar sepak bola, 3 teknik dasar sepak bola, sebutkan teknik dasar sepak bola, macam teknik dasar sepak bola, buku teknik dasar sepak bola, sebutkan dan jelaskan teknik dasar sepak bola, variasi dan kombinasi teknik dasar sepak bola, teknik dasar latihan sepak bola, teknik dasar permainan sepak bola, jelaskan teknik dasar sepak bola, jelaskan teknik dasar permainan sepak bola, 7 teknik dasar sepak bola