News

Jelaskan Hubungan Antara Adil Dengan Ketakwaan Seseorang

×

Jelaskan Hubungan Antara Adil Dengan Ketakwaan Seseorang

Share this article

Jelaskan Hubungan Antara Adil Dengan Ketakwaan Seseorang – Islam mengajarkan umatnya untuk menjunjung tinggi prinsip keadilan karena agama ini membawa rahmat bagi seluruh alam. Orang yang saleh adalah orang yang membela kebenaran.

Hal ini dijelaskan oleh A. Dalam Rangkuman Khusus Pendidikan Agama Islam karya Miftahul Basar. Menurutnya, keadilan berarti memberikan hak yang layak diterima masyarakat dan menempatkan segala sesuatu pada tempatnya.

Jelaskan Hubungan Antara Adil Dengan Ketakwaan Seseorang

يٰاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰامَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِينَ لِلّذِينَ ٰامَنُوْا كُنْوا قَوَّامِينَ لِلْنَ لِلْنَ لِلْنَ لِلّعَوَاُدِي َقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ و َا Jika Allah menghendaki

Tugas 2 Pai

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadilah pendukung (kebenaran) karena Allah (dan) jadilah saksi keadilan. bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat memperhatikan apa yang kamu kerjakan.”

Imam Ibnu Qasir menjelaskan dalam tafsirnya bahwa ayat tersebut memerintahkan untuk menegakkan kebenaran demi Allah, bukan demi kepentingan manusia atau harga diri.

Dijelaskan lebih lanjut, ayat ini melarang menghasut kebencian terhadap suatu kaum dan mendorong mereka melakukan kezaliman terhadapnya.

“Jangan pernah rasa kebencian terhadap suatu kaum mendorongmu untuk tidak berlaku adil terhadap mereka, tapi amalkan keadilan kepada semua orang, baik kawan maupun lawan,” jelas Ibnu Katsir.

Pdf) Buku Pancasila

Selain bersikap adil, umat Islam juga diperintahkan untuk bertindak dengan integritas. Aris Abi Saifullah dkk dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Karakter menyebutkan bahwa kejujuran dan keadilan merupakan dua perilaku terpuji yang harus dimiliki setiap umat Islam.

“Hendaklah kamu jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, sedangkan kebaikan membawa kepada surga.” (HR di Tirmidzi)

Ada seorang sahabat di zaman Nabi yang dikenal sangat jujur. Dialah Abu Ubaydah bin Jarrah. Diriwayatkan dalam Sahih Bukhari, kaum Najran mendatangi Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam dan berkata, Ya Rasulullah, kirimkanlah kami orang yang jujur ​​dan amanah.

Baca Juga  Apa Judul Teks Pada Bacaan Diatas

Kemudian Rasulullah (SAW) bersabda: “Sesungguhnya Aku akan mengutus kepadamu orang yang sangat jujur ​​dan dapat dipercaya.” Para sahabat menjadi penasaran dan menunggu orang yang dimaksud Rasulullah. Nampaknya Nabi mengutus Abu Ubaidah Ibnu Jarrah.

Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kedua Pancasila, Begini Penjelasannya

Orang yang bertakwa akan diberikan kedudukan yang tinggi di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya orang-orang yang beramal shaleh akan ditempatkan disebelah Allah Ta’ala di atas mimbar yang terbuat dari cahaya, disebelah kanan Arrahman. dari tugas mereka.” (HR An Nasa’i)

Imam Muslim juga meriwayatkan hadits serupa dengan redaksi, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa di sisi Allah berada di mimbar cahaya di sebelah kanan Yang Maha Penyayang dan kedua tangan-Nya di sebelah kanan, yakni orang-orang yang berbuat adil. Hukum, keluarga dan kekuasaan mereka.”

Jelaskan hubungan antara teknologi komunikasi dan informasi, jelaskan hubungan antara spreadsheet dengan bidang akuntansi, jelaskan hubungan antara pancasila dengan pembukaan uud 1945, jelaskan hubungan antara sistem informasi pemasaran dengan marketing mix, hubungan antara web hosting dengan nama domain, jelaskan hubungan antara pbx server softswitch dengan telepon sip, jelaskan hubungan antara web hosting dengan nama domain, jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan era revolusi industri 4.0 menurut pendapat anda, jelaskan hubungan antara media sosial dengan aktivitas keterhubungan, jelaskan hubungan antara kromosom dan gen, jelaskan hubungan antara voip dengan jaringan ip global, jelaskan hubungan antara web hosting dan nama domain