News

Jelaskan Cara Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket

×

Jelaskan Cara Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket

Share this article

Jelaskan Cara Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket – Teknik dribbling bola basket ada beberapa jenis tergantung tujuannya. Untuk penjelasan detail dan cara menggiring bola basket silahkan simak dibawah ini.

Bola basket merupakan olahraga dengan gaya yang unik. Salah satu keunikan teknik dasar bola basket dapat dilihat pada gerak menggiring bola (

Jelaskan Cara Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket

Bola basket mempunyai batasan waktu dalam kompetisi resmi, namun dapat dimainkan untuk membuang-buang waktu ketika tim mempunyai keunggulan.

Ketahui Teknik Dasar Olahraga Basket Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Bola basket juga sering digunakan untuk menyerang. Misalnya seorang pemain menggiring bola basket sambil berlari mencapai ring lawan, kemudian bermain.

Dalam kasus bola basket, tim dapat memikirkan sedikit tentang strategi yang mereka terapkan. Apakah Anda menyerang secara langsung, mengoper ke rekan satu tim, atau bertahan?

Dalam format bola basket ini, pertama-tama Anda menekuk lutut, menyandarkan tubuh ke kanan atau ke kiri, lalu menggunakan tangan terkuat Anda untuk memantulkan bola ke samping.

Dribbling tinggi dilakukan dengan cara mengangkat bola dengan sangat cepat dan kuat. Pantulan bola harus mencapai antara paha atas dan tepat di atas pinggul Anda.

Penemu Bola Basket Mini: Profil, 6 Cara Bermainorganisasi

3. Spin Dribbling Spin dribbling adalah gerak menggiring bola bola basket yang dilakukan dengan posisi berputar. Tujuannya adalah menghindari tanda lawan sekaligus melindungi bola yang memantul.

Untuk itu, pemain harus berada dalam posisi berputar. Satu kaki berfungsi sebagai penopang, dan kaki lainnya bergerak melingkar. Selama rotasi, pemain terus melempar bola ke lapangan.

4. Perubahan Kecepatan Perubahan Kecepatan Dribbling adalah teknik menggiring bola bola basket yang membuat bek lawan kehilangan keseimbangan.

Kemudian bek lawan yang mengira Anda tertinggal akan kembali berlari ke depan. Ini akan segera dipercepat.

Fakta Unik Dan Istilah Dasar Mengenai Olahraga Basket, Cek Selengkapnya Disini!

5. Crossover Dribble Jika bek lawan mencoba menghalangi pergerakan Anda, maka crossover dribble bisa menjadi pilihan yang efektif. Misalnya, jika bek lawan mencoba menghalangi pergerakan Anda ke kanan, Anda bisa menggiring bola ke kiri.

Caranya, geser bola melintasi tubuh dari tangan kanan ke tangan kiri, sambil gerakkan kaki kanan ke sisi kiri tubuh. Penting untuk menjaga tubuh Anda tetap membumi. Menggiring bola tidak boleh lebih tinggi dari lutut. Mulailah dengan kaki kiri dan akselerasi melewati bek lawan.

Jika Anda mengayun ke kiri, mulailah dengan menjatuhkan bola dengan cepat dan rendah menggunakan tangan kanan Anda. Melangkah jauh ke depan dengan kaki kiri dan geser bola dari kaki ke tangan kiri. Jaga tubuh Anda lebih rendah dan terjang ke kiri.

7. Menggiring bola dari belakang ke belakang efektif bila Anda ingin mengubah arah sambil menjaga pandangan yang baik ke lapangan basket. Jika ingin bergerak ke kiri, mulailah menggiring bola dengan tangan kanan.

Baca Juga  Kata Kata Sulit Dan Artinya

Balistik: Istilah Istilah Dalam Statisik (box Score) Bola Basket Standar

Cara menggiring bola basket dengan teknik ini adalah dengan meletakkan tangan pada sisi-sisi bola. Selanjutnya, melangkah ke depan dengan kaki kiri dan gerakkan bola dari belakang melintasi bagian belakang paha, lalu gerakkan bola ke arah tangan kiri. Pastikan untuk menginjakkan kaki kanan Anda di tanah sebelum melangkah maju dengan kaki kiri Anda.

Pertama, Anda perlu memahami teknik dasar bola basket yang dijelaskan di atas. Selain itu, ada beberapa aturan untuk melakukan hal ini

Hanya satu tangan yang bisa digunakan. Pemain dapat berpikir untuk berpindah ke posisi berbelok atau melangkah ke area lawannya. Aturan lainnya adalah menggiring bola dalam bola basket Jakarta adalah menggiring bola jika ada pemain yang melakukan hal tersebut. Istilah ini sangat familiar bagi para penggemar olahraga, khususnya penggemar bola basket. Menggiring bola adalah teknik penting dalam banyak olahraga, mulai dari bola basket hingga sepak bola.

Namun, gerakan menggiring bola berbeda-beda tergantung pada olahraganya. Bola basket menggunakan tangan Anda, sedangkan sepak bola menggunakan kaki Anda. Menggiring bola merupakan salah satu teknik yang perlu dikuasai dalam banyak cabang olahraga, khususnya bola basket.

Tujuan Utama Dalam Permainan Bola Basket Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Menggiring bola dalam bola basket mengacu pada memantulkan bola sambil berlari. Anda tentu tidak bisa bermain bola basket tanpa mempelajari cara menggiring bola pada olahraga bola basket ini.

Dribbling merupakan teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket. Ada beberapa jenis dribbling bola basket yang patut Anda ketahui. Dalam permainan bola basket, dribbling artinya menggiring bola.

Tim basket 3×3 putri Indonesia berhasil mengalahkan Jepang di FIBA ​​​​3×3 Asian Cup 2022. Dengan kemenangan ini, Indonesia meraih medali perunggu dan mengukir sejarah baru.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menggiring bola atau menggiring bola dalam permainan bola basket berarti memantulkan bola ke lantai atau tanah dengan cara berlari cepat atau lambat dengan langkah panjang atau kecil. Di sisi lain, menggiring bola dalam sepak bola mengacu pada menggerakkan bola secara cepat dengan menggiring bola atau mengambil langkah kecil.

Solution: Pr Pjok Materi Bola Basket Kelas Xi Semester I Kurikulum 2013

Dalam bola basket, dribbling artinya menggiring bola. Untuk menggiring bola dalam permainan bola basket, bola harus dipantulkan sambil berjalan atau berlari cepat. Menggiring bola adalah menggiring bola dengan satu tangan, namun tidak bisa menggunakan kedua tangan secara bersamaan. Dengan kata lain, menggiring bola dalam permainan bola basket berarti memantulkan bola dengan satu tangan sambil berlari. Bertukar tangan saat menggiring bola diperbolehkan selama kedua tangan tidak digunakan secara bersamaan.

Menggiring bola dalam permainan bola basket berarti menggiring bola merupakan teknik utama dalam permainan bola basket, dan menggiring bola terbagi menjadi dua bagian yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Dengan dribel rendah, bola hanya memantul sampai ke lutut pemain. Jika bola memantul di atasnya, maka disebut dribel tinggi. Hal yang perlu diingat dalam melakukan teknik dribbling bola basket adalah menggiring bola adalah tentang menghadap ke depan dan mengontrol bola dengan baik. Anda harus melindungi bola agar tidak ditangkap oleh pemain tim lawan.

Baca Juga  Sel Sperma Diproduksi Oleh Testis Sedangkan Sel Telur Diproduksi Oleh

Dribbling merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai sebelum bermain bola basket. Ada beberapa variasi teknik ini, mulai dari lompat tinggi hingga gaya punggung.

Menggiring bola dalam bola basket mengacu pada memantulkan bola dengan satu tangan sambil berlari. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis teknik. Berikut jenis-jenis dribbling bola basket:

Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor, Dan Manipulatif Dalam Olahraga Bola Basket

Lompat tinggi secara sederhana diartikan sebagai teknik dribbling tinggi dalam bola basket. Dalam teknik pantulan tinggi, idealnya bola yang memantul harus mencapai antara paha dan tepat di atas pinggul.

Dribbling jenis ini dapat digunakan ketika seorang pemain ingin memindahkan bola dengan cepat ke atas lapangan. Untuk melompat tinggi, pemain harus menjaga badannya tetap tegak dan mendorong bagian atas bola ke depan badannya.

Change of pace merupakan teknik menggiring bola yang dilakukan dengan cara memperlambat laju gerakan hingga lawan mengira pemainnya telah berhenti. Teknik ini akan membantu Anda tetap berada di depan lawan. Begitu lawan bereaksi, pembawa bola harus segera meningkatkan kecepatannya dan berlari lebih cepat dari lawan.

Crossover adalah teknik menggiring bola silang yang cocok digunakan oleh pemain bertahan lawan ketika mencoba mencegah pembawa bola bergerak ke arah tertentu. Misalnya, seorang pembawa bola dapat melakukan dribel silang ke kiri dan sebaliknya jika ada pemain lawan yang menghalangi pergerakannya ke kanan.

Teknik Menggiring Bola Basket Yang Benar Dan Fungsinya

Dribbling seperti ini selain berguna untuk menambah jarak, juga memudahkan bola ditangkap oleh lawan. Oleh karena itu, pemain harus memegang bola sambil mengopernya dari satu tangan ke tangan lainnya. Idealnya, pantulan bola tidak boleh lebih tinggi dari lutut pemain.

Pebasket Brooklyn Nets Kyrie Irving saat laga NBA 2020/2021, Sabtu (20 Maret 2021) Pagi WIB. (Julio Aguilar/Getty Images Amerika Utara/Getty Images melalui AFP)

Menggiring bola basket berarti mampu menggiring bola di antara kedua kaki Anda. Between the leg merupakan teknik menggiring bola yang dilakukan dengan mengoper bola dari satu tangan ke tangan lainnya di antara kedua kaki. Jurus ini cocok digunakan ketika pembawa bola ingin mengubah arah dribelnya, namun berada di bawah penjagaan lawan.

Meskipun ini mungkin tampak seperti variasi umpan silang, ini adalah teknik penting dan efektif yang dapat digunakan ketika seseorang di antara kedua kakinya berada di bawah tekanan ekstrim dari bek lawan.

Baca Juga  Perlindungan Negara Terhadap Penduduk Dalam Memeluk Agama Termaktub Dalampasal

Tugas 3 Bola Basket Pjok

Dalam beberapa kasus, pembawa bola mungkin terlalu dekat dengan bek. Dalam keadaan ini, lawan mudah mencuri bola sehingga sulit menerapkan teknik crossover. Dengan melakukan ini di antara kedua kaki, tubuh Anda berperan sebagai tameng yang melindungi bola dari ancaman pemain lawan.

Pada bagian belakang terdapat teknik membawa bola dengan cara menggiring bola dari belakang. Saat melakukan gerakan ini, pemain membawa bola dari satu tangan ke tangan lainnya di belakang punggungnya dan memantulkannya.

Teknik backhand cocok digunakan ketika pemain ingin mengubah arah dengan tetap mempertahankan bidang pandang penuh. Dribbling jenis ini juga bisa membantu Anda mencuri bola dari pemain lawan.

*Fakta atau Palsu? Untuk mengecek keakuratan informasi yang dibagikan, kirim WhatsApp ke 0811 9787 670 dengan kata kunci yang Anda inginkan.

Tolong Sekarang Ya Hari Ini No.5 15 Aja …… Jum’at,26 08 2016.no.15 Nya :15) Jelaskan Cara Menggiring

Hasil BRI Ligue 1: Bali United Tenggelamkan 10 Pemain Alema FC, Persib Posisi Kedua Klasemen, Mereka Perlu Paham Cara Dribble Bola Basket Jakarta yang Benar. Menggiring bola dalam bola basket disebut juga dengan menggiring bola. Menggiring bola adalah teknik penting dalam banyak olahraga, mulai dari bola basket hingga sepak bola.

Cara menggiring bola basket yang benar adalah dengan memantulkan bola sambil berlari. Selain itu, ada beberapa peraturan yang perlu diwaspadai agar tidak melanggar aturan permainan saat menggiring bola.

Cara menggiring bola basket yang benar terdiri dari beberapa aturan. Anda tentu tidak bisa bermain bola basket tanpa mempelajari cara menggiring bola pada olahraga bola basket ini. Ada beberapa teknik dribbling yang harus Anda ketahui juga dalam bola basket.

Berita Video Pelatih kepala tim basket nasional Spanyol Sergio Scariolo pada Kamis (24 Agustus 2023) memuji venue Piala Dunia FIBA ​​​​2023 di Arena Jakarta, Indonesia.

Macam Macam Teknik Menggiring Atau Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menggiring bola atau menggiring bola dalam permainan bola basket berarti memantulkan bola ke lantai atau tanah dengan cara berlari cepat atau lambat dengan langkah panjang atau kecil. Cara menggiring bola basket yang benar adalah dengan memantulkan bola sambil berjalan atau jogging.

Dribbling adalah menggiring bola dengan satu tangan.

Menggiring bola dalam permainan bola basket disebut, tujuan dari menggiring bola tinggi dalam permainan basket yaitu untuk, menggiring bola dalam permainan bola basket, kegunaan menggiring bola dalam permainan bola basket, jelaskan yang dimaksud menggiring dalam permainan sepak bola, cara menggiring bola yang dibenarkan dalam permainan bola basket adalah, manfaat menggiring bola basket, jelaskan cara menggiring bola, jelaskan cara menggiring bola dalam permainan bola basket, jelaskan tujuan menggiring bola pada permainan bola basket, cara menggiring bola basket, jelaskan cara menggiring bola permainan sepak bola

News

Contoh Revisi – 2. “Ringkasan itu menonjolkan intisari…