Jelaskan Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Belakang Dan Guling Lenting – Pemberitahuan penting Minggu, 26 Juni (GMT) menjadwalkan pemeliharaan server dari pukul 02.00 hingga 20.00. Website akan down pada waktu yang ditentukan!
2. Perhatikan gambar di samping! Menurut gambar adalah deskripsi yang benar. . . . A. Kedua tungkai dijulurkan ke depan pada kaki dan tangan b. Kedua lengan direntangkan ke atas c. Kedua kaki mendatar di atas matras D. Kedua kaki terbuka dan diletakkan di atas matras 3. Perhatikan urutan senam lantai berikut ini! 1) Angkat pinggul hingga kaki lurus. 2) Tempatkan kepala Anda di antara tangan Anda sampai bahu Anda menyentuh matras. 3) Posisi cumi menghadap matras. Kedua telapak tangan diletakkan di atas matras. 4) Kembali ke jongkok, lengan lurus dan lihat ke depan. 5) Gulingkan tubuh ke depan hingga bagian belakang leher, punggung, dan pinggul menyentuh matras. Urutan gerakan guling depan dengan jongkok yang benar adalah …. a. 1)–2)–3)–4)–5) C. 2)–3)–5)–4)–1) B. 1 )– 2) –4)–3)–5) D. 3) –1)–2)–5)–4) 4. Saat berguling ke depan, badan terkadang jatuh ke samping. Keadaan ini terjadi karena . . . . A/ Posisi tangan yang tidak didukung di sisi kanan b. Penopang satu tangan tidak kuat c. Kedua tangan tidak terlibat dalam perlawanan D. Bahu tidak diletakkan di atas matras. . . . A. berbalik C. lututnya b. memegang telinga D. rapat di dada 6. Yadi bersiap-siap untuk bergerak. Dia membungkuk ke matras. Posisi kaki ditekuk, lutut ditekan ke dada dan kepala diturunkan, dagu di dada. Dia memutar tubuhnya ke depan. Gambar menunjukkan bagaimana Yadi bekerja. . . . A. kaya c. Gulir ke depanb. Gulungan karet D. Gulungan ke belakang 130 Buku Siswa SD/MI Unit VI
Jelaskan Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Belakang Dan Guling Lenting
7. Posisi kedua kaki sudah benar saat memukul di atas matras elastis. . . . A. Terbuka lebar dan terlipat c. Terbuka lebar dan lurus b. Tertutup dan terlipat D. Tertutup dan lurus 8. Perhatikan gambar disamping! Gambar menunjukkan deretan rol depan dan rol karet. . . . A. mulai C. selesai B. siap D. tenang 9. Perhatikan informasi berikut! 1) Saat kedua kaki direntangkan, kedua lutut ditekuk. 2) Saat lengan dilipat, bahu tidak bertumpu pada matras. 3) Kedua kaki dibuka/terbuka. 4) posisi kurang membulat. Kesalahan backscatter dihitung. . . . A 1) dan 2) C 2) dan 4) B. Sasaran seorang pesenam yang melakukan serangkaian gerakan senam di lantai. . . A. Melakukan gerakan anggun b. Meningkatkan gaya gerak senam c. Mempersulit gerakan senam di lantai d. Meningkatkan kekuatan otot senam b. Jawab dengan benar! 1. Apa saja gerakan tubuh saat melakukan rotasi ke depan? 2. Bagaimana posisi lengan saat mulai berguling ke depan? 3. Salah satu prekursor dalam gerakan punggung adalah posisi jongkok. Bagaimana urutan guling belakang pada posisi jongkok? 4. Jelaskan tiga kesalahan dalam eksekusi paket dinamis! 5. Jelaskan urutan gerak maju dan mundur! Aktif dalam olahraga – pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan 131
Pengertian Dan Langkah Gerakan Roll Belakang Untuk Senam Lantai
Penilaian Ketrampilan Performa Maju, Mundur, dan Gulungan Elastis Tonton video produksi instruktur. Tonton videonya beraksi. Lakukan kegiatan ini bersama teman-teman Anda. Kembangkan sikap tanggung jawab, disiplin dan sportif dalam tugas ini. Memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. Anda telah mempelajari materi gerak dasar senam lantai. Setelah mempelajari artikel ini, Anda akan mengetahui betapa pentingnya mempelajari gerakan dasar senam lantai. Apakah Anda dapat menerapkan pelajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari? 1. Apa manfaat mempelajari materi core movement pada senam lantai? 2. Manakah hal yang paling mengejutkan? Berikan alasan! 3. Sikap positif apa yang kamu dapatkan dari mempelajari materi gerak dasar senam lantai? Berlatih serangkaian gerakan akrobatik, termasuk memiringkan, penolakan, putaran dan gulungan ke depan, lompatan mundur dan pendaratan Deskripsi: Uji keterampilan dan ketangkasan Anda dalam membalik maju, mundur, dan memblokir. Sasaran: Menguasai gerakan maju, mundur, dan melenturkan. Sarana dan prasarana: matras. Instruksi: 1. Urutan gerakan yang dominan, istirahat, kembali, rotasi dan pendaratan guling ke depan dengan awalan jongkok dan/atau berdiri. 132 BUKU SISWA SD/MI BAGIAN VI
2. Serangkaian gerakan yang dominan, bersandar, melempar, berputar dan mendarat dengan guling belakang dengan awalan jongkok dan/atau berdiri. 3. Rangkaian gerakan yang dominan, istirahat, mendorong, berputar dan bertumpu pada regangan bala bantuan. Pelaksanaan: 1. Lakukan rangkaian gerakan overhead, landing, landing, twisting dan landing pada posisi awal roll depan dan squat. 2. Lakukan serangkaian gerakan terlentang, istirahat, berdiri, putar dan lakukan back roll pada posisi awal dan jongkok. 3. Lakukan serangkaian gerakan di atas kepala, mendarat, lepas, lepas dan mendarat di matras peregangan. 4. Lakukan kombinasi putaran maju dan mundur. 5. Lakukan kombinasi rol maju, mundur dan karet. Setelah mempraktikkan kegiatan tersebut, jawablah pertanyaan berikut. 1. Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mempraktekkan kegiatan tersebut? Kegiatan apa yang masih sulit? 2. Bagaimana menurut anda pelaksanaan praktek di lapangan? Anda telah mempelajari gerakan utama dalam senam. Untuk memeriksa pemahaman Anda tentang teks ini, beri tanda (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” pada tabel berikut. Nama Siswa : Kelas/ Jumlah Kehadiran : Materi Pokok : Tanggal : No. Aspek Pengetahuan Ya Tidak 1. Dapat menjelaskan rangkaian gerakan inti, mendarat, mendorong, membungkuk dan mendarat pada guling depan. Aktif dalam olahraga – pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan 133
TIDAK. Aspek Pengetahuan Ya Tidak Ya Tidak 2. Mampu menjelaskan rangkaian gerakan inti, mendarat, mendorong, membungkuk dan mendarat dengan guling belakang. 3. Mampu menjelaskan rangkaian gerakan unggul, mendarat, melempar, berputar dan mendarat pada penyangga fleksibel. 4. Mampu mendeskripsikan rangkaian gerak maju dan mundur. 5. Mampu mendefinisikan silinder maju dan variabel terus menerus. TIDAK. Aspek Ketrampilan 6. Kemampuan untuk melatih rangkaian gerakan dominan, mendarat, mendorong, berputar dan mendarat pada roll depan. 7. Dapat melatih rangkaian gerakan dominan, mendarat, mendorong, membungkuk dan mendarat dengan guling belakang. 8. Mampu melatih rangkaian gerakan di atas kepala, istirahat, melempar, berputar dan berayun di atas bantalan elastis. 9. Mampu berlatih putaran maju dan mundur terus menerus. 10. Mampu berlatih guling depan dan lumpia. 134 Buku Siswa SD/MI Bagian VI
PeSGuammbebr:awrw7w..1alAhindaayka-hatnaraikk.csoemdang Variasi dan kombinasi dalam melakukan gerak gerak ritmis VII Gerak dasar gerak ritmis Gerak ritmis dengan irama dan musik disebut gerak ritmis. Gerakan berirama fokus pada gerak kaki dan ayunan lengan. Gerakan senam akan semakin indah jika dibarengi dengan tendangan atau tendang. Setiap gerakan sesuai dengan ritme ketukan. Gerakan berirama disesuaikan dengan karakteristik anak. Anak-anak umumnya suka bergerak, terutama dengan minyak. Bagi seorang anak, kegiatan seperti itu menyenangkan dan menarik. Kegiatan gerak ritmik dapat meningkatkan kemampuan motorik dasar anak, termasuk gerak kasar dan halus. Gerakan di obliques memengaruhi saraf yang mengontrol gerakan motorik. Olahraga teratur baik untuk kesehatan Anda. Aktif dalam olahraga – pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan 135
Jelaskan Urutan Rangkaian Gerakan Guling Depan Dan Guling Belakang
Gerakan Dasar Peta Konsep Variasi Gerakan Rhythm dan Kombinasi Gerakan Belajar Variasi Ayunan Lengan dengan Variasi Langkah Kombinasi Berjalan Ayunan Lengan Meliputi Variasi Dorongan Lengan dengan Kombinasi Jalan • Variasi Langkah Samping • Variasi Tekuk dan Tekuk Samping Angkat Siku dan Angkat Siku Samping dari Kaki dengan kombinasi langkah • variasi langkah memutar • ayunan lengan samping kombinasi lengan samping dan dada maju • ayunan kaki depan kombinasi ayunan lengan depan Kata kunci • Variasi dan Kombinasi Ritmik • Gerakan Gerakan • Senam Ritmik • Ayunan Lengan Setelah mempelajari pelajaran ini, Anda akan dapat: 🙂 musik dalam kegiatan pergerakan minyak; 136 Buku Siswa SD/MI Bagian VI
2. Jelaskan perbedaan dan kombinasi langkah dan ayunan lengan pada irama (waktu) dengan gerakan yang berhubungan dengan musik; 3. Variasi gerak dan kombinasi langkah dan ayunan lengan dengan ritme (waktu) tanpa musik dalam latihan gerak; dan 4. Melakukan variasi dan kombinasi langkah dan ayunan lengan untuk memukul (waktu) dengan musik dalam kegiatan gerak. Gerakan berirama terdiri dari langkah kaki dan lengan yang berbeda. Di kelas 5 Anda mempelajari gerakan dasar senam ritmik. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar gerakan majemuk dengan gerakan dinamis dan kombinasi. Gerakan ini membutuhkan kelenturan, keseimbangan, kelenturan dan ketelitian dengan ritme atau ritme. Gerakan berirama menjaga kesehatan tubuh. Kekebalan Anda juga akan diperkuat. Dengan mempelajari gerakan ritmik sederhana, Anda akan mahir dalam senam ritmik. Anda juga termotivasi untuk menjaga kesehatan tubuh sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat sehat dari Tuhan. A. Variasi lengan ayun dengan
Cara melakukan guling lenting, cara melakukan gerakan guling lenting, jelaskan cara melakukan langkah kaki gerakan lari jarak pendek, jelaskan yang dimaksud dengan guling lenting, sumber gerakan saat melakukan guling lenting adalah, jelaskan cara melakukan gerakan lay up shoot permainan bola basket, cara melakukan gerakan lenting tangan, jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang, jelaskan cara melakukan gerakan guling belakang, jelaskan cara melakukan gerakan guling depan, cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang, jelaskan cara melakukan gerakan jalan cepat