Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Lari Melewati Rintangan – Pengumuman penting dijadwalkan untuk web hosting (GMT) pada hari Minggu, 26 Juni, pukul 02.00 hingga 08.00. situs akan tidak aktif pada waktu yang ditentukan!
Copyright © 2019 Kemdikbud Disclaimer: Buku ini merupakan buku pegangan siswa yang disiapkan oleh Pemerintah untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013. Buku ini adalah “dokumen hidup” yang terus diperbarui dan diperbarui. dan diperbarui sesuai dengan kekuatan kebutuhan dan waktu perubahan. Diharapkan komentar dari berbagai kalangan yang ditujukan kepada penulis dan website http://buku.kemdikbud.go.id atau [email protected] kemdikbud.go.id akan meningkatkan kualitas buku ini. Katalog dalam Publikasi (KDT) Simamora, Berton Supriadi. Aktif di bidang olahraga : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Klub Kesehatan V SD/MI/Berton Supriadi Simamora. — Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kurikulum dan Buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019. xx, 236 hlm. : kemunafikan ; 29,7 cm. SD/MI Kelas V ISBN 978-602-244-237-0 (Jilid Lengkap) ISBN 978-602-244-239-4 (Jilid 2) 1. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kehidupan — Belajar Mengajar I. II . Judul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 790 Penulis : Berton Supriadi Simamora. Reviewer: Erwin Setyo Kriswanto, Suroto, Yusmawati, Slamet Raharjo. Resensi: Herman Pelani Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Litebang, Kemendikbud. Edisi pertama, 2019 diedit dalam Verdana, 12 pt. Unduh: Bukupaket.com
Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Lari Melewati Rintangan
Pendahuluan Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa telah menyelesaikan penyusunan Buku Siswa Aktif Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI. Kami berterima kasih kepada Balai Besar Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Pusat Kurikulum dan Buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku ini. Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting! Tubuh manusia itu seperti mesin. Jika tidak bekerja, mesin akan rusak dan berkarat. Tubuh manusia jika perlu bergerak akan mudah sakit. Tubuh yang terbiasa berolahraga akan terasa enak. Kesabaran juga semakin kuat. Seperti “suplemen ajaib”, olahraga dapat membentuk dan membentuk tubuh. Menjadi bugar tidak berarti Anda harus pandai berolahraga, itu hanya cara untuk meningkatkan gerakan Anda. Dalam kegiatan olah raga, mereka akan membawa Anda dalam suasana yang baik. Informasi ini berdasarkan struktur Buku Siswa Aktif Olahraga Kelas V ini – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Buku Siswa Aktif Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI Kelas V ini memiliki materi tentang sepak bola, sepak bola, atletik, gerak badan, olah raga dan renang. Buku ini juga memberikan informasi tentang daya tahan jantung, penyakit menular dan tidak menular, serta informasi tentang bahaya merokok, alkohol dan obat-obatan. Penyajian informasi dalam buku ini disertai dengan ilustrasi yang sesuai. Presentasi seperti itu akan memudahkan Anda untuk memahami informasi. Buku ini juga memuat beberapa soal dan kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman Anda terhadap materi. Penyajian informasi dalam buku ini didasarkan pada kegiatan yang berkaitan dengan kombinasi gerak dan upaya pemeliharaan kesehatan. Kegiatan ini dirancang untuk melatih olahraga dengan cara yang menyenangkan. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa dan mendapatkan informasi secara tidak langsung. Dalam kegiatan pembelajaran, Anda menjadi subjek sehingga Anda dapat mengikuti kursus PJOK. Saya harap buku ini akan membantu Anda mempelajari dan mempraktikkan aktivitas fisik, olahraga, dan kesehatan. Dengan adanya buku ini diharapkan kita dapat mempelajari konten dan aktif dalam olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan iii Download disini : Bukupaket.com
Okezone Edukasi :: Berita Edukasi Seputar Pendidikan Di Indonesia
Meningkatkan pengetahuan olahraga Anda. Lagi pula, dengan buku ini, Anda akan tumbuh menjadi generasi India yang sehat, cerdas, dan menyesuaikan diri. Selamat belajar! Jakarta, Februari 2019 Penyusun Buku Siswa Kelas V SD/MI Download dari: Bukupaket.com
Buku Pedoman Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) menunjukkan metode pendidikan dengan menggunakan latihan fisik untuk menciptakan perubahan yang utuh (umum) yang berkaitan dengan kualitas individu, fisik, mental dan emosional. Sebagai pendidikan, PJOK memiliki peran untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan mental, keterampilan motorik (gerak), pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai dan gaya hidup sehat. Daftar Tabel Daftar tabel memuat nama-nama tabel dalam buku pedoman siswa ini. Daftar tabel disajikan secara berurutan dan dengan nomor halaman. Daftar gambar Daftar gambar berisi gambar-gambar dari buku siswa. Daftar gambar disajikan secara berurutan dan dengan nomor halaman. Apersepsi Apersepsi diberikan pada setiap awal pembelajaran berupa gambar/gambar yang mendukung isi. Rubrik ini merupakan entry atau entri yang memperkenalkan berbagai jenis olahraga dan kesehatan. Anda dapat menemukan berita olahraga dan kesehatan di daerah Anda. Foto/ilustrasi dalam rubrik ini menunjukkan representasi visual dari materi yang dipelajari. Peta Konsep Peta konsep adalah diagram yang menunjukkan hubungan antar konsep materi dalam setiap pelajaran. Rubrik ini mengumpulkan ide-ide dari materi yang disajikan dalam pelajaran. Aktivitas Bagian ini mencakup aktivitas individu dan/atau kelompok. Rubrik ini membantu untuk memahami materi yang akan dibahas. Melalui rubrik ini, Anda didorong untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan keterampilan sosial. Olahraga Aktif – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan v Diunduh dari: Bukupaket.com
Ayo, Lakukan Rubrik ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman Anda tentang kepemilikan. Dengan rubrik ini, Anda diajak mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari. Tahukah Anda bahwa bagian ini memberikan informasi penting terkait properti. Rubrik ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman Anda. Informasi berupa acara olahraga nyata, penemuan baru, dan statistik (permainan) yang relevan. Demonstrasikan keterampilan Rubrik ini mengajak Anda untuk berlatih atau melakukan kegiatan untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi. Rubrik ini juga merupakan ujian kemampuan (ability) Anda dalam melatih gerak di atas materi. Rangkuman Rubrik ini berisi rangkuman dari isi suatu pelajaran. Rangkuman diberikan secara singkat agar informasi lebih mudah dipahami dan dikuasai. Penilaian Rubrik ini berisi pertanyaan untuk menilai pemahaman Anda terhadap materi. Rubrik penilaian mengukur pengetahuan dan keterampilan Anda dalam suatu mata pelajaran. Rubrik Penilaian Akhir Semester 1 untuk mengukur pengetahuan Anda setelah mempelajari materi selama satu semester. Rubrik penilaian akhir semester 2 untuk mengukur pengetahuan Anda setelah mempelajari materi selama setahun. Materi tes disesuaikan dengan materi yang diujikan. Rubrik Refleksi ini merupakan kumpulan peristiwa yang menangkap pikiran, pesan, atau perasaan Anda setelah mengikuti kajian. Anda diharapkan terbuka atau jujur saat mengungkapkan pendapat. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan makna dan manfaat dari kegiatan belajar yang telah Anda lakukan. vii Buku Siswa Kelas V SD/MI Diunduh dari: Bukupaket.com
Aktivitas Siswa Rubrik ini dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman terhadap materi yang dibahas. Dalam rubrik ini, Anda akan memecahkan masalah secara individu atau kelompok. Kegiatan siswa dapat berupa latihan, laporan, analisis kelompok, proyek dan potongan (mengumpulkan/menulis artikel dari surat kabar, majalah, dll). Penilaian Rubrik ini berupa lembar penilaian diri yang berisi informasi tentang pengetahuan dan keterampilan. Dengan rubrik ini, Anda diajak jujur dalam menilai. Glosarium Bagian ini berisi daftar istilah kunci yang ditemukan dalam buku ini. Kata-kata yang ditulis dengan arti atau penjelasan singkat. Penulisan buku disusun berdasarkan abjad. Daftar Pustaka Bagian ini berisi daftar buku dan bahan bacaan lain untuk referensi atau bacaan sambil menyiapkan bahan. Esai disiapkan sesuai dengan aturan penulisan buku. Daftar pustaka disusun berdasarkan abjad. Rubrik ini berisi daftar kata kunci dan frase dari buku. Daftar isi disusun menurut abjad (berurutan abjad). Setiap kata disertai dengan deskripsi nomor halaman. Informasi di bawah tajuk Status Penerbit berisi biodata penerbit (penulis, pengulas, editor, dan ilustrator). Bagian ini disajikan dalam buku sesuai Undang-Undang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh lembaga pendidikan. Olahraga Aktif – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan vi Diunduh dari: Bukupaket.com
Buku Siswa Kelas Iv. Semangat Berolahraga. Pjok. Tahun 2019
Daftar Isi Pendahuluan ………………………………………. .. .. .. ….. …………………….. iii Pedoman Referensi ………. . . . . . .. …………………………….. v Daftar Isi . …….. … ………………………………………. . …….. .. ……………..viii Daftar Tabel …………… .. ……. .. …………………………………………. .. ….. xv Tabel Gambar ………………………… ……… . ……… ….. ……………….. xvi Pertemuan Gerak Dasar Sekolah Dasar Dalam Permainan Bola Utama. 1 Peta Konsep ………………………………………. . ……. .. ……………….. 2 Kata Kunci ……………. … . … …. ………………………………………. …. …. …… …………………… …………. . …. … 2 Tujuan didaktik …. …………………… ………… .. .. .. …….. ……………. 3 A. Kombinasi gerakan dalam sepak bola .. ………. .. .. .. .. .. …… 3 1. Kombinasi gerak lokomosi dan manipulatif Menendang bola …………. ………….. ….. ….. ……………… 5 2. Kombinasi gerakan nonlokomotor dan tipuan untuk menghentikan bola…… …. .. ….. …………………… 6 3. Kombinasi gerakan lokomosi dan manipulasi untuk memindahkan bola.. ….. . . …. ……………………. ………….. ….. . .. .. 8 B. Kombinasi Gerakan Dalam Bola Voli ………………………………………….. … ….. 11 1. Kombinasi gerakan yang tidak menentu dan gerakan menipu Underpass dalam gerakan …………….. ….. …………………….. …………. …… .. 12 2. Kombinasi Gerak Non Lokomotor dan Manipulasi n Overhead Pass…………………. .. ……… ………. … ….. 13 3. Latihan gerakan dasar yang tidak dibarengi dengan gerakan lanjutan …. …….. ……. … …… … …………….. 14 C. Kombinasi Gerakan Dalam Bola Basket….. …….. …. ………….. 16 1 Kombinasi gerakan menipu dan tidak terkendali dalam gerakan bola akhir ………… ….. ….. … ……………………….. ……… ….. … ….. ….. 17 2. Kombinasi gerakan nonlokomotor dan manipulatif untuk menangkap bola……. …………… … …….. ……… ………… … ………… 20 4. Melatih keterampilan motorik dasar Gerakan dan gerakan penanganan dalam bola basket… ……….. …… .. .. 21 Ringkasan ………….. …. ……… …………….. ……………….. ………… ……………… 23 Evaluasi …. .. ……….. … ……… ………………….. … …………… ……………… 24 Sikap ………… … …………… …………. …………………………….. …. ……….. …. 27 Kegiatan Kemahasiswaan ……………………… . …………… …. ………………. 27 Komentar ……… . …………. …………………………….. .. ………………………. 28 viii Buku Siswa SD/MI Kelas V. Diunduh dari: Bukupaket.com
II. Pelajaran Kombinasi Gerak Dasar Dalam Permainan Bola Kecil ………………………….. …………. .. ………………………….. 31 Peta Konsep ………… .. …………………………….. ….. …….. .. …………….. ……. ……….. … 32 Kata Utama ……. .. ……………….. …. ………. ….. ……… .. …………………. 32 Tujuan didaktik …………… …. …. .. ……………………………………….. …. . . . .. 33 A. Kombinasi Gerak Lokomotor, Non Gerak, dan Handling dalam Permainan Baseball .. .. .. … .. .. …………………….. 34 1. Gerakan Dasar Permainan Kasti….. .. … .. ….. ……………. 34 2. Menggabungkan Gerak Lokomotor, Non Gerak, dan Manipulasi dalam Baseball… ….. . ………………………………. 39 B. Gerak Kombinasi Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulator di Rounders Games ………………………………………… …. …. …. 40 1. Gerakan dasar rol …………….. …………….. . …….. 41 2. Penggabungan penggerak Motor, Non-penggerak dan Manipulator dalam permainan Rounders …………………… 44 Ringkasan . ………………………………………. .. …………………………… …. ………. .. .. ……………. 46 Evaluasi ………………………… . .. ………………………………………. . … ……….. 46 Komentar .. …………………………. . …. ………….. ………………………. 49 Kegiatan Kemahasiswaan . ………………………………………. .. . ……………………………………….. ….. 50 Komentar . .. . ………………………………………. .. …….. ……………….. 51 III. Pelajaran Kombinasi gerakan dasar Berjalan, berlari, melompat dan lompat jauh dan roket. Ditembak …………. …………………….. 53 Peta Konsep ……….. . ………………………………………. .. …………. …………. 54 Kata Kunci …………… …. . .. ………… …………………….. ………… .. ……. …. ……. 54 Tujuan didaktik ….. …………………. .. ….. …… …………………………… ……. 54 A. Kombinasi dasar gerak,
Jelaskan cara melakukan gerakan guling belakang, jelaskan teknik melewati garis finish dalam lari jarak jauh, jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang, jelaskan cara melakukan gerakan meroda, jelaskan cara melakukan gerakan langkah tiga pada senam irama, jelaskan cara melakukan gerakan jalan cepat, jelaskan cara melakukan gerakan guling depan, jelaskan cara melakukan langkah kaki gerakan lari jarak pendek, jelaskan cara melakukan gerakan loncat harimau, jelaskan cara melakukan ayunan lengan lari jarak pendek, jelaskan cara melakukan gerakan handstand, jelaskan cara melakukan perlombaan lari sambung atau estafet