PolitikPonorogo

Jelang Pilkada Ponorogo, Hati-Hati Salurkan Bansos

Ogah Dituduh Menunggangi

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Duit Rp 9 miliar untuk perluasan bantuan warga terdampak Covid-19 masih membeku. Pemkab Ponorogo ingin mencairkannya dengan cermat. Sebab, setelah melalui verifikasi bertahap, masih banyak calon penerima kurang memenuhi syarat. ‘’Apalagi menjelang pilkada. Saya ingin berhati-hati. Saya tidak ingin ada tuduhan menumpangi bantuan dengan kepentingan politik,’’ kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni Senin (6/7).

Untuk menanggulangi dampak pagebluk Covid-19, berbagai bantuan sudah digelontorkan. Bantuan sosial tunai (BST) dari pusat, provinsi, hingga desa (BLT DD), serta bantuan pangan nontunai (BPNT) pusat maupun daerah.

Di luar itu, pemkab juga mengalokasikan Rp 9 miliar untuk perluasan bantuan bagi yang belum ter-cover bantuan mana pun. Awalnya ada 22 ribu calon penerima yang terdata. Setelah diverifikasi, tersisa 14 ribu. ‘’Dari 14 ribu itu, sakjane masih ada yang tidak memenuhi syarat utama menerima bantuan Covid-19,’’ ujarnya.

Ipong menyampaikan, ada tiga syarat utama penerima berbagai bantuan Covid-19. Yakni, betul-betul terdampak pandemi, miskin, dan belum mendapat bantuan mana pun. ‘’Jadi, masih kami rundingkan, apakah yang kurang memenuhi syarat ini akan tetap dibantu atau tidak. Ketika diputuskan layak, akan kami berikan,’’ lanjutnya.

Sementara itu, tahapan pemilu kepala daerah (pilkada) sudah bergulir kembali. Ipong yang ingin macung lagi ingin membatasi keterlibatannya dalam setiap penyaluran bantuan kepada warga. ‘’Saya tidak mau dituduh menumpangi bantuan. Ini bentuk kehati-hatian saya agar uang rakyat betul-betul tersalur ke yang berhak menerima,’’ jelasnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close