Magetan

Jelang Imlek, Bersih-Bersih Rupang di Kelenteng Hwei Ming Miau

Revitalisasi Tak Pengaruhi Tradisi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Belum rampungnya pemugaran Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwei Ming Miau, Magetan, tak mengurangi persiapan menyambut tahun baru Imlek. Rupang atau patung dewa di kelenteng itu tetap dibersihkan dengan air bunga mawar beberapa hari lalu. ‘’Karena sudah menjadi tradisi,’’ kata Toni Widjaja, pengurus TITD Hwei Ming Miau, Selasa (21/1).

Toni menyebut bahwa pemugaran dimulai tahun lalu. Revitalisasi itu membangun kelenteng menjadi dua lantai. Menyatukan lahan kosong dan bangunan lama. Lantai dasar sebagai tempat parkir dan toilet. Sedangkan lantai atas untuk beribadah. Renovasi itu dengan pertimbangan agar kelenteng lebih representatif. ‘’Kalau dulu pengunjung parkir di bahu jalan, nantinya bisa langsung masuk ke dalam,’’ ujarnya.

Dia belum bisa memastikan kapan selesainya pemugaran. Tapi, progres saat ini sudah 80 persen. Di luar kesiapan bangunan itu, pihaknya perlu memindahkan berbagai peralatan ibadah.

Toni menyebut, persiapan menyambut tahun tikus logam telah dimulai sejak para dewa naik ke langit pada H-8 Imlek Sabtu nanti (25/1). ‘’Kami sedikit terlambat karena seharusnya dua hari sebelum Imlek semua persiapan sudah selesai,’’ ucapnya seraya menyebut selain rupang, peralatan ibadah lainnya juga harus dibersihkan dan ditata.

Selain Hwei Ming Miau, ada kelenteng An Hien Bio di Maospati. Menurut Toni, tempat ibadah itu juga perlu dipugar. Namun, perbaikan tidak bisa sembarangan karena statusnya yang sudah cagar budaya. ‘’Bisa digunakan untuk beribadah. Tapi, umat yang di Maospati kebanyakan beribadah di Hwie Ing Kiong, Madiun,” ungkapnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close