AdvertorialMagetan

Jatilarisa Puspo Masuk Top 45 Kovablik Jatim 2019

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Program inovasi Jatilarisa Puspo yang diterapkan oleh Puskesmas Poncol mendapat apresiasi. Program kesehatan berupa pijat bayi layanan gratis persalinan itu masuk dalam kategori Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Pemprov Jatim.

Pada Rabu (25/9), program itu dinilai langsung oleh tim dari Pemprov Jatim yang dipimpin Ketut Gede Ariya Winangun. Verifikasi lapangan dilakukan di Puskesmas Poncol.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan Furiyana Kartini mengatakan, program Jatilarisa Puspo sudah berjalan sejak 2016. Tujuannya mengurangi risiko angka kematian bayi dan ibu hamil. Terbukti dalam tiga tahun terakhir kasus tersebut menurun.

Misalnya pada 2016 terdapat 13 kasus kematian bayi. Jumlah kasus itu kemudian turun pada 2017 hanya tinggal 3 kasus dan 4 kasus pada 2018. Sedangkan, pada tahun ini hanya terjadi satu kasus kematian bayi. ’’Program ini juga dapat menekan kasus stunting dan gizi buruk terhadap bayi,’’ ujarnya.

Pelaksanaan program inovasi Jatilarisa Puspo itu juga disertai sosialisasi kepada masyarakat. Di mana petugas Puskesmas Poncol rutin turun ke lapangan dan mengajak ibu-ibu memeriksakan kandungannya bagi yang hamil atau yang sudah punya bayi lahir.

Selain itu, petugas puskesmas tersebut akan memantau secara periodik perkembangan pertumbuhan bayi. Di sisi lain, mereka juga menyosialisasikan terkait pentingnya program keluarga berencana (KB). ‘’Bagi masayarakat yang bersalin di puskesmas akan mendapat layanan pijat bayi gratis sebanyak empat kali. Mulai dari usia 3 hari, 7 hari, 28 hari, dan 42 hari,’’ jelas Furi.

Dia berharap inovasi yang diterapkan oleh Puskesmas Poncol itu dapat bermanfaat bagi masyarakat Magetan. ’’Semoga inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Poncol ini bisa lolos dan masuk Top 25 Kovablik Jatim 2019,’’ ucapnya. (ebo/fat/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close