PacitanPeristiwa

Jasad Agus Suwanto Akhirnya Ditemukan di Pantai Kunir

PACITAN – Tujuh hari perjuangan tim gabungan menyisir lautan akhirnya membuahkan hasil. Rabu (29/8), Agus Suwanto berhasil ditemukan. Jasadnya ditemukan mengambang di perairan Pantai Kunir, Sudimoro, berjarak sekitar 250 meter dari lokasi awal tenggelam. ‘’Korban dikenali dari pakaiannya,’’ kata Kapolsek Sudimoro AKP Waluyo.

Kabar baik itu pertama kali diketahui Kholil. Saat mencari gurita, nelayan asal Hadiwarno, Ngadirojo, itu tak sengaja melihat benda mengambang berwarna kuning. Setelah didekati, barulah diyakini bila jasad itu korban yang tengah dicari selama ini. ‘’Dia (Kholil, Red) langsung menelepon kerabat korban dan memberitahu nelayan lain,’’ ujar Waluyo.

Sunarti, kerabat korban yang mendapati informasi itu, lantas meminta bantuan kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) Pantai Tawang. Bersama Polri/TNI, SAR, dan BPBD bergerak melakukan evakuasi sekitar pukul 10.30. Petugas mengevakuasi korban ke Pantai Tawang, Sidomulyo, Ngadirojo, lantas dibawa ke RSUD Dr Darsono. ‘’Setelah divisum, korban langsung diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan,’’ ujar mantan kapolsek Tulakan itu.

Komandan Tim Pencarian dari Basarnas Trenggalek Dian Susetyowibowo menambahkan, saat ditemukan wajah korban tak dapat dikenali lagi. Namun, kepastian identitasnya bisa terlihat jelas dari pakaian yang dikenakan. Berupa kaus oranye dan celana pendek hitam. Di samping ciri-ciri fisik yang memang identik. ‘’Perahu korban sampai kini tak ditemukan,’’ katanya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Pujono mengimbau kepada nelayan agar lebih berhati-hati. Mengingat cuaca di perairan kurang begitu bersahabat beberapa pekan terakhir. Setidaknya selalu membekali diri dengan alat pengaman darurat, seperti pelampung. ‘’Kami tak bisa melarang, sekadar memberikan imbauan,’’ tuturnya.

Ditemukannya korban mengakhiri pencarian panjang tim gabungan dan nelayan. Tak kurang dari 30 pencari dari berbagai elemen dikerahkan. Perjuangan sepekan terakhir tidak ringan karena pencarian dihadapkan kondisi cuaca tak bersahabat. Bahkan, dua hari sebelum batas akhir pencarian sepekan, BPBD menarik perahu dan memilih melakukan pemantauan di daratan. (mg6/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button