Madiun

Jasa Ilustrasi Jadi Ladang Rezeki Winna Citra Lanidya

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Jasa ilustrasi di era digital sangat menjanjikan. Itu telah dibuktikan Winna Citra Lanidya. Berkat kepiawaiannya menggambar ilustrasi, uang jutaan rupiah saban bulan mengalir ke kantong warga Jalan Bali, Kelurahan/Kecamatan Kartoharjo, itu. Sudah sejak 2019 lalu Winna menjadi seorang ilustrator buku anak. Bermula saat sang adik yang terlebih dahulu menekuni dunia jasa ilustrasi meminta bantuannya membuat ilustrasi buku. ‘’Saya lalu baca-baca referensi di internet dan medsos serta mengikuti beberapa kursus online,’’ tutur warga Jalan Bali, Kelurahan/Kecamatan Kartoharjo, itu.

Awalnya Winna mengalami kesulitan menawarkan jasa ilustrasinya. Beberapa grup Facebook ilustrator pun diikutinya. Pun, puluhan messenger pernah dia kirim untuk menawarkan portofolionya. Perjuangannya pun tak sia-sia. Pelan tapi pasti, order mulai berdatangan. Mayoritas dari luar negeri seperti Singapura, Australia, Austria, hingga Brasil. ‘’Satu gambar biasanya selesai enam jam. Cukup lama karena saya sambi mengerjakan tugas-tugas rumah tangga,’’ ujar Winna.

Bahkan, ibu tiga anak itu telah memiliki pelanggan tetap dari Amerika Serikat dan Kanada. Dalam satu bulan, mereka pesan ilustrasi dua hingga tiga buku. ‘’Kalau pesanan dari Indonesia baru dapat satu. Itu pun desain kaus,’’ kata Winna.

Dari keterampilannya membuat ilustrasi, dalam sebulan Winna mampu mengantongi penghasilan hingga Rp 6 juta. Meski begitu, beberapa kali dia mengalami kesulitan lantaran permintaan klien yang terbilang aneh. ‘’Misalnya gambar anjing dibawa pemiliknya dengan gulungan koran,’’ ujarnya. (tr1/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button