Magetan

Jangan Tergesa Tatap Muka, Sebagian SMP Belum Layak

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sejumlah SMP di Kecamatan Magetan (kota) diasesmen Bidang Kajian Strategis Penilaian Kegiatan (KSPK) Satgas Penanganan Covid-19 Magetan. Hasilnya, sebagian belum memenuhi protokol kesehatan (prokes) dan perlu asesmen ulang untuk bisa menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Syaratnya, sekolah wajib menyediakan fasilitas pendukung penerapan prokes. Siswa dari zona merah sementara belajar di rumah. Jumlah siswa setiap kelas dibatasi. ‘’Hanya separo dari kapasitas kelas,’’ kata Hari Widodo, anggota Bidang KSPK Satgas Penanganan Covid-19 Magetan, Rabu (4/11).

Setiap siswa wajib diperiksa suhu badannya sebelum masuk kelas. Jika lebih dari 37,5 derajat Celsius, harus dikarantina dan dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat. Pencegahan tersebut penting karena siswa bisa saja terpapar dalam perjalanan. ‘’Segala kemungkinan bisa terjadi. Jadi, kami harap semua pihak melaksanakan prokes ketat,’’ pinta kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan itu.

Berdasarkan data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Magetan ada 1.437 guru serta 18.960 siswa SMP negeri dan swasta. Dengan jumlah tersebut, dinkes belum sanggup melakukan tes cepat maupun tes usap serentak. ‘’Peralatan kami tidak memungkinkan,’’ imbuh Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Magetan Didik Setyo Margono.

Pihaknya telah menyiapkan puskesmas di 18 kecamatan untuk tes cepat atau tes usap guru dan siswa sesuai domisili. Pelaksanaannya akan dilakukan bertahap. Sesuai sekolah yang sudah mengantongi rekomendasi Satgas Penanganan Covid-19 Magetan. ‘’Supaya urutannya bisa kami pantau,’’ terangnya.

Pihaknya juga masih memantau persiapan setiap puskesmas. Jika tidak mampu, kemungkinan akan dibantu laboratorium kesehatan daerah (labkesda). ‘’Karena bertahap, bisa dikondisikan jumlah siswa dan guru yang akan menjalani tes,’’ jelas Didik. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button