Sebuah situs bernama SocialSpy WhatsApp telah menjadi berita utama karena dikatakan bahwa Anda dapat menggunakannya untuk mengklik obrolan WhatsApp orang lain. Apakah itu benar?

Dalam eksperimen yang dilakukan sultranesia.ID narasi hampir dipastikan tidak penting. Dengan akal sehat, bagaimana Anda bisa mencegat WhatsApp dengan enkripsi ujung ke ujung dengan begitu mudah?

Di situs web, SocialSpy mengatakan bahwa pengguna harus memasukkan nomor telepon target bersama dengan kode negara. Pengguna kemudian harus membuktikan bahwa dia bukan bot dengan menyelesaikan proses verifikasi. Anda mengatakan Anda telah melihat tahap ketiga atau terakhir, percakapan target.

Situs itu sendiri sederhana. Ada kolom untuk memasukkan logo WhatsApp, langkah-langkah yang harus diikuti dan nomor telepon yang dilengkapi dengan tombol kirim. Faktanya, jelas tidak mungkin menawarkan SocialSpy tanpa mencoba layanan apa pun.

Namun, saya mencoba membuktikan bahwa ini adalah situs scam dan tidak perlu membukanya. Format nomor telepon juga dicampur dengan huruf, jadi saya memasukkannya apa adanya dan menekan tombol kirim.

Situs kemudian menampilkan animasi ‘load’, akses server, upload data, dll. Situs kemudian akan meminta konfirmasi untuk membuktikan bahwa kami bukan bot.

Langkah verifikasi yang disebutkan di sini adalah mengisi survei individu. Ah, halaman verifikasi ini bukan lagi alamat SocialSpy, melainkan tautan ke cpabuild, situs pengumpul klik di mana anggota dibayar berdasarkan jumlah klik tautan.

Jadi semakin banyak orang yang tertipu untuk ingin mengklik nomor WhatsApp tertentu (mungkin nomor mitra), semakin banyak pemilik tautan cpabuild yang didapat.

Pengamat keamanan siber vaksin Alphonse Tanujaya mengatakan saat dihubungi detikINET belum lama ini: “Ini penipuan. Korban ditipu oleh layar yang bergerak seolah-olah proses pengawasan untuk nomor target sedang berjalan.”

Baca Juga  Fouad WhatsApp Apk (Fouad WA) Versi Lama, Baru iOS & Android

“Memang akan diarahkan ke situs iklan yang mengambil klik dari pembuat aplikasi scam ini,'” pungkasnya. Jadi jangan dipakai. Berikut adalah risiko WhatsApp GB.

Halaman Berikutnya, Risiko GB WhatsApp >>>

WhatsApp GB

WhatsApp GB atau WA GB atau GB WhatsApp bukan aplikasi resmi. Orang yang menggunakan aplikasi mod seperti ini harus berhati-hati, karena akun WhatsApp mereka dapat diblokir secara permanen.

Ancaman larangan permanen ini tidak hanya berlaku untuk pengguna WA GB, tetapi juga untuk mod WhatsApp lainnya seperti WhatsApp Plus dan YoWhatsApp.

Aplikasi ini menawarkan lebih banyak fitur yang tidak dimiliki WhatsApp versi asli (mis. tema yang berbeda, akses ke akun di kedua perangkat, dll.). Namun di balik berbagai fitur tersebut, WA GB dan aplikasi sejenis mengandung sederet ancaman keamanan.

Saat ini, aplikasi seperti WA GB hanya dapat diunduh melalui situs web pihak ketiga dari sumber yang tidak dikenal. Karena toko aplikasi resmi ini memiliki standar keamanan yang ketat, mereka hanya tersedia untuk diunduh di luar Google Play Store atau Apple App Store.

Aplikasi ini juga tidak didukung oleh Google Play Protect karena tidak tersedia di Play Store. Akibatnya, ada risiko malware dengan mudah menembus WA GB dan aplikasi sejenis.

Percakapan di WA GB juga tidak mendapatkan perlindungan enkripsi ujung-ke-ujung yang ditawarkan WhatsApp. Ini karena percakapan disimpan di server pihak ketiga. Oleh karena itu, ada kemungkinan chat tersebut akan disusupi oleh hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

WA GB dan aplikasi lain juga melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp. Karena dibuat oleh pihak ketiga tidak resmi, bahkan WhatsApp tidak dapat memverifikasi praktik keamanannya.

Baca Juga  RA WhatsApp iOS Apk Mod Download (RA WA) Terbaru 2022

Pengguna WA GB harus siap menerima “surat cinta” dari WhatsApp yang menyatakan bahwa akun mereka telah diblokir sementara karena melanggar aturan dan tidak menggunakan aplikasi resmi.

WhatsApp mengatakan di blog resminya: “Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda yang menggunakan WhatsApp dapat diblokir secara permanen”.

Jika Anda tidak ingin menghapus akun Anda, WhatsApp mendesak pengguna WA GB untuk segera mengunduh aplikasi resmi dan melanjutkan. Tetapi sebelum itu, kami sarankan Anda mencadangkan dan mentransfer riwayat obrolan Anda ke aplikasi resmi.

Baca juga: Scoopy WhatsApp

Semua percakapan akan langsung hilang jika Anda tidak mencadangkannya. WhatsApp tidak mendukung aplikasi tidak resmi, jadi WhatsApp tidak menjamin bahwa proses transfer riwayat obrolan ini akan berhasil sepenuhnya.