Ngawi

Jamus 100 Km 2019 Lebih Menantang

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ajang Jamus 100 Km yang bakal digelar 19 Oktober mendatang dipastikan lebih menantang dibanding event-event serupa sebelumnya. Pasalnya, para cyclist tidak hanya beradu cepat dengan sesama pembalap lainnya untuk menjadi juara. Mereka juga dihadapkan dengan kondisi cuaca yang panas.

Ya, suhu udara di Ngawi sejak beberapa hari terakhir mencapai 40 derajat Celsius. Kondisi itu menjadi tantangan tersendiri bagi para cyclist yang akan turun di ajang Jamus 100 Km pekan depan. ‘’Mungkin sejak awal sampai finis mereka akan tersiksa oleh panasnya udara,’’ kata Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono Jumat (11/10).

Meski begitu, hal itu justru membuat ajang yang digelar Pemkab Ngawi bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Madiun tersebut lebih menarik. Para cyclist tidak hanya memikirkan strategi untuk mengalahkan lawan-lawannya, tapi juga dituntut menjaga stamina agar mampu menggenjot sepeda hingga finis di Borobudur Hill, kebun teh Jamus, Desa Girikerto, Sine. ‘’Pasti lebih seru,’’ ujarnya.

Di sisi lain, Kanang mengapresiasi adanya kategori fun bike bagi pelajar di ajang Jamus 100 Km. Selain mengenalkan potensi wisata daerah, hal itu diharapkan bisa memunculkan bibit-bibit atlet balap sepeda masa depan. ‘’Ide ini (fun bike untuk pelajar, Red) bagus sekali,’’ tuturnya.

Dia juga mengapresiasi ide mendatangkan pembalap nasional Projo Waseso di ajang Jamus 100 Km. ‘’Semoha ke depan pesertanya semakin banyak. Tidak hanya dari lokal  Ngawi, tapi juga luar daerah,’’ harap Kanang.

Jamus 100 Km merupakan ajang olahraga sepeda berkonsep sport dan tourism. Kelak setelah memacu sepeda di sepanjang rute Jamus 100 Km, para cyclist bisa menikmati beberapa spot wisata menarik di kebun teh Jamus yang dikelola PT Candi Loka. Selain Bukit Borobudur, ada pemandian Sendang Lanang dan Gardu Polo. ‘’Kami berharap, lewat event ini makin banyak wisatawan yang datang ke Ngawi,’’ pungkas Kanang. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close