Magetan

Jamur Raksasa Tumbuh Liar di Pekarangan Bambu

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Jamur raksasa mengejutkan warga Pacalan, Plaosan, Magetan. Tanaman berdiameter 1,5 meter itu teronggok di pekarangan bambu. ’’Ditemukan warga saat mencari rumput,’’ kata Sugito, warga setempat.

Di pekarangan milik warga itu, sejumlah bambu sudah ditebang. Beberapa tunas sisa tebangannya ada yang berjamur lantaran kerap diguyur hujan. Namun, rata-rata jamur yang bermunculan selama ini hanya berukuran normal. ‘’Sedangkan jamur raksasa itu sepuluh kali lebih besar dari jamur biasa. Sampai bertingkat ada delapan tumpuk,’’ imbuhnya.

Umumnya, jamur hanya tumbuh dalam beberapa hari saja. Namun, jamur yang ditemukan kali ini diperkirakan sudah bertahan hampir sebulan. Sejak kawasan setempat mulai intens diguyur hujan. ‘’Tidak tahu kenapa kok ukurannya bisa sebesar itu. Padahal di sini tanahnya biasa-biasa saja,’’ ujarnya.

Sampai kini warga hanya mengerumuni jamur berukuran tak biasa tersebut. Tak ada yang berani membabati, apalagi mengonsumsi. Selain liar, ukurannya yang tak wajar dikhawatirkan mengandung zat-zat beracun. ‘’Kami inginnya jamur ini dirawat baik-baik,’’ harapnya.

Untuk menyelamatkan dari keisengan tangan jahil, warga setempat mulai berpikir membuatkan pagar. Sebab, beberapa bagiannya ada yang sudah terlihat cuwil. Di sekitarnya juga mulai didapati jenis jamur serupa, namun masih berukuran kecil. ‘’Mungkin ini tergolong jamur langka,’’ sebutnya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button