Advertorial

Jamin Laka Kerja, Beasiswa, Pensiun hingga Kematian

BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Semua Risiko yang Menimpa Peserta

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pelanggan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Ponorogo memposisikan peserta layaknya raja kemarin (6/9). Ruang pelayanan kantor cabang di Jalan Janoko itu sengaja didekorasi dengan pernik-pernik balon. Pun, ada iringan band. Pelanggan yang datang juga mendapat suvenir berupa wadah minum. ‘’Masih dalam suasana Harpelnas (Hari Pelanggan Nasional), kami memberikan pelayanan spesial,’’ kata Lesmana Dwi Putra, kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ponorogo.

Pihaknya kemarin juga menandai Harpelnas dengan menyerahkan manfaat kepada dua ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah meninggal dunia. Total dana manfaat tersebut senilai Rp 167 juta. Selain itu, semua anak yang ditinggalkan mendapatkan beasiswa penuh mulai jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi. Selama bersekolah di TK mendapat beasiswa Rp 1,5 juta pertahun, di SD berhak atas biaya pendidikan Rp 1,5 juta pertahun, SMP (Rp 2 juta pertahun), dan SMA sederajat Rp 3 juta pertahun. Untuk biaya kuliah setara strata satu (S1) memperoleh Rp 12 juta pertahun.

Lesmana menyebut program beasiswa yang sudah berjalan itu disambut gembira para ahli waris. Ada 61 anak yang mendapatkan santunan beasiswa mulai tingkatan TK hingga perguruan tinggi. Mereka tidak lagi merisaukan keberlangsungan biaya pendidikan. ‘’Tidak lelah-lelahnya saya menyampaikan bahwa JKK (jaminan kecelakaan kerja) dan JKM (jaminan kematian) itu sangat penting,” terang Lesmana.

Apalagi, besaran iuran JKK dan JKM terjangkau sekalipun dibayar mandiri. Yakni, hanya Rp 16.800 perbulan hingga peserta cukup menyisihkan uang Rp 560 sehari. BPJS Ketenagakerjaan menanggung risiko kecelakaan kerja ringan hingga berat yang menimpa peserta. Bahkan, kematian yang disengaja pun tercover. ‘’Kami tidak setengah-setengah dalam melayani peserta. Tunggu apa lagi, segera bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,’’ pungkasnya. (fac/hw/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button