Magetan

Jalan Tembus Minim Penerangan, Gelap Kalau Malam

Fokus Pasang PJU di Cemoro Sewu

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Di sepanjang jalan tembus, khususnya di sekitar Tawangmangu, kendaraan selalu ramai berlalu-lalang. Sayangnya, jalur provinsi itu sepi lampu penerangan jalan umum (PJU). Mulai tugu perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah hingga Kecamatan Plaosan, hanya ada belasan lampu PJU.

Parahnya lagi, tak ada lampu penerangan di kawasan tertentu yang rawan laka lantas. Sungguh miris. Kondisi gelap itu membuat pengguna jalan waswas jika melewati jalur penghubung antara Magetan-Karanganyar tersebut.

Deretan lampu bertenaga surya memang sudah terpasang di jalur wisata itu. Namun, tidak semua lampu menyala pada malam hari. ‘’Kalau malam masih banyak yang mati, jadi masuk daerah Magetan cukup gelap,’’ kata Suryadi, seorang pengguna jalan.

Kabid PJU, Peralatan, dan Laboraturium Dinas Pekerjaan  Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Suroto tak menampik jalur tembus masih minim penerangan. Kalau ada pun, lampu itu sudah mati. Terutama yang berjenis solar cell. ‘’Akhirnya menyalanya tidak terang dan bahkan tidak menyala,’’ ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berusaha untuk menambah pemasangan PJU di sejumlah titik. Terutama di wilayah Cemoro Sewu. Pasalnya, jaringan listrik sudah tersedia di kawasan tersebut. ‘’Di daerah rawan laka itu belum ada jaringan listriknya. Rencana baru akan ada pemasangan di dekat Mbah Djoe Resort,’’ ungkapnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button