Ponorogo

Jalan Raya Ponorogo–Pacitan Km 226 Sangat Rawan Longsor

PVMBG Rekomendasikan Penataan Kawasan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Penataan kawasan secara menyeluruh di Desa Wates, Kecamatan Slahung, direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Setelah salah satu unit di lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM tersebut meninjau lokasi longsor di Jalan Raya Ponorogo–Pacitan km 226 Jumat (21/2). ‘’Tebing kanan dan kiri jalan perlu ditangani supaya air tidak menuju ke arah longsoran,’’ kata Kabid Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Agus Budianto.

Lubang menganga sedalam 10 meter yang ada di jalan provinsi itu sempat diteliti oleh Agus bersama timnya selama dua jam. Penelitian menyangkut kondisi dan karakteristik tanah. Di mana kawasan itu sangat rentan longsor. Karena struktur batu yang berada di dalam lapisan tanah banyak retakan. ‘’Masih banyak bebatuan asli yang belum membentuk tanah sempurna, sehingga kalau ada air (mengalir) ke sini, membuat tanah cepat longsor,’’ terang Agus.

Selain itu, dari hasil pengamatan didapati bahwa air sulit mengalir di tebing yang sudah pernah longsor besar pada 2017 lalu itu. Maka, menurutnya, kunci pengendalian longsor paling utama ada pada air. Jika aliran air dapat dikendalikan, maka potensi longsor bisa diminimalkan. ‘’Air jangan sampai mengalir ke lapisan (tanah) dalam. Kalau mencapai batuan, maka air membuat tanah mudah bergerak sehingga longsor pun akan terus terjadi. Karena itu, satu-satunya jalan adalah dengan mengendalikan air,’’ jelasnya.

Di samping itu, dia mengharapkan adanya penguatan tebing yang berada di sisi kanan jalan. Selanjutnya air dari atas bukit mesti dialirkan ke sisi tebing sebelah kiri jalan menuju sungai. Agus menambahkan, memindahkan aliran air dapat dilakukan dengan membangun saluran kedap seperti selokan. ‘’Jadi, antisipasinya dengan meminimalkan infiltrasi air ke bahu jalan supaya menuju ke sisi tebing yang ke arah sungai,’’ bebernya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close