Ponorogo

Jalan Ponorogo-Pacitan Ambles 10 Meter

Arus Lalu Lintas Diberlakukan Sistem Buka Tutup

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Jalan Raya Pacitan-Ponorogo lagi-lagi terimbas bencana alam. Tepatnya di Kilometer 226 masuk Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kamis (20/2). Jalan provinsi itu ambles sedalam 10 meter. Kondisi tersebut membuat aspal jalan menganga sepanjang enam meter dan lebar tiga meter.

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas di titik yang ambles terhambat. Untuk menghindari bahaya, petugas akhirnya memberlakukan sistem buka tutup. Selain itu, UPT Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Jatim wilayah Madiun memasang beberapa drum sebagai tanda peringatan bagi para pengguna jalan yang melintas.

Kepala UPT PJJ DPU Bina Marga Jatim Wilayah Madiun Marijatoel Kittijah menyatakan, penanganan darurat dilakukan dengan cara mengepras tebing yang berada di sisi badan jalan tersebut. Dengan begitu, ada akses yang cukup lebar bagi kendaraan truk dan bus untuk lewat tanpa harus bergiliran. “Jadi, (trase) jalannya bergeser sedikit,” katanya.

Selanjutnya, penanganan agar kerusakan jalan tidak semakin meluas karena tergerus air yang berada di dalam tanah, bakal dilakukan bertahap. Misalnya dengan pemasangan bronjong di titik jalan yang ambles itu. Kondisi lapisan tanah yang gembur membuat jalan tersebut terus mengalami pergerakan ketika hujan turun. “Dari hasil penelitian tahun lalu, diketahui bahwa tanah di Desa Wates karakteristiknya didominasi air. Sehingga, mudah longsor. Sampai kedalaman 30 meter tidak ada tanah keras. Adanya cuma tanah lempung dan pasir. Ketika terkena air, tidak ada lagi penahan untuk tanah yang labil itu,” jelas Marijatoel.

Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Wisnu Setiawan Kuncoro memastikan jalur penghubung utama Ponorogo-Pacitan itu masih bisa dilalui kendaraan. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Mulai kemarin, polisi memberlakukan sistem buka tutup. “Khusus kendaraan dengan berat tonase lebih dari delapan ton, dialihkan melalui Wonogiri untuk sementara,” ujarnya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close