Madiun

Jadikan Bhabinkamtibmas Tracer Digital

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Penelusuran kontak erat kasus konfirmasi dimasifkan. Bhabinkamtibmas dilibatkan bersama tiga pilar kelurahan. Polres Madiun Kota mendapuk bhabinkamtibmas jadi tracer digital.

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, para bhabinkamtibmas bekerja sama dengan babinsa, lurah, dan tenaga kesehatan (nakes) di wilayah kerjanya masing-masing. Setiap hari melacak kontak erat kasus konfirmasi Covid-19 berdasar data kasus konfirmasi dari Kemenkes. ‘’Kami tekankan untuk meminimalkan di lapangan. Jadi, bisa melalui digital untuk antisipasi dari sisi kesehatan,’’ kata Dewa, Selasa (3/8).

Jika sebelumnya tracing dengan terjun ke lapangan, kali ini direkomendasikan dalam jaringan (daring). Penelusuran dilakukan melalui alat komunikasi digital ataupun WhatsApp (WA). Tujuannya, mengurangi kontak erat langsung. ‘’Makanya kita namakan tracer digital,’’ ujarnya.

Dewa menambahkan, data yang didapat diinput dalam aplikasi Silacak. Selain itu, bhabinkamtibmas diminta mengunduh aplikasi INARisk. Melalui aplikasi itu dapat dilihat kegiatan dan wilayah yang dijangkau. ‘’Semakin rajin mengisi (Silacak, Red), semakin bisa memetakan situasi tersebut,’’ ungkapnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button