Advertorial

Islam Mendukung Emansipasi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Islam adalah agama yang emansipatif. Pandangan itu diyakini Endah Khoirul Anam. Perempuan bernama asli Sri Endah Wahyuni itu menyebut tak ada satu pun ayat Alquran yang merendahkan atau membatasi peran perempuan. Sebaliknya, perempuan justru mendapat penghormatan sekaligus perlindungan, seperti dalam Surah An Nisa atau Maryam. ‘’Malah tidak ada surah yang menunjukkan arti laki-laki,’’ ujar Endah Selasa (20/4).

Bu Nyai, sapaan akrab Endah, mencontohkan perlakuan Nabi Muhammad SAW terhadap istri-istrinya yang menggambarkan bentuk dukungannya terhadap emansipasi perempuan. Misalnya, dengan mendukung Siti Khadijah berdagang. Tak hanya itu, Aisyah juga didukung menjadi intelektual dan politisi andal. ‘’Itu menunjukkan bahwa tidak ada larangan bagi perempuan untuk berkarier,’’ kata istri Wakil Ketua DPRD Khoirul Anam Mukmin itu.

Meski begitu, perempuan tetap perlu menyadari kodratnya. ‘’Saat di rumah, tentu harus maksimal dalam mendampingi keluarga, sebagai istri maupun ibu,’’ tutur perempuan 41 tahun tersebut.

Menurut Bu Nyai, perjuangan kaum hawa belum usai. Perempuan perlu dilindungi dalam menggapai cita-cita mereka. Baik yang menjadi buruh pabrik, dokter, guru, dan lainnya. ‘’Hak perlindungan bagi perempuan harus menjadi concern utama dalam perayaan Hari Kartini ini. Jangan lagi hanya omong kosong soal emansipasi. Harus ada aturan perlindungan yang jelas,’’ pungkasnya. (mg3/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button