Ponorogo

Ipong Nonjob Terduga Penipu Seleksi CPNS

Mutlak Sanksi, Bukan Sekadar Perampingan Organisasi

‘’Pokoknya jangan main-main urusan CPNS atau lainnya. Kalau Pak Presiden Jokowi, PNS menjadi tersangka harus mundur. Maka saya masih berpotensi tersangka saja, sudah saya nonjob-kan.’’ IPONG MUCHLISSONI, Bupati Ponorogo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Seorang PNS Pemkab Ponorogo diduga terlibat penipuan CPNS. Usut punya usut, oknum tersebut masuk dalam daftar 12 PNS yang di-nonjob pada mutasi akhir tahun, Selasa lalu (31/12). Jika diusut lewat jalur hukum, bupati bahkan menyebut oknum tersebut bisa menyandang status tersangka. ‘’Ini bagian dari ketegasan saya. Karena berpotensi tersangka, saya nonjob-kan,’’ kata Bupati Ipong Muchlissoni usai lomba posyandu di Kelurahan Tonatan Senin (6/1).

Pada mutasi 31 Desember lalu, total 227 PNS yang dimutasi. Pergeseran yang dijadwalkan pukul 08.00 itu sempat molor dua jam. Sebab, Sekda Agus Pramono dan Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Winarko Arief memberikan pembinaan kepada 12 PNS yang di-nonjob. ‘’Saat itu terlambat karena ada pembinaan khusus bagi yang di-nonjob-kan,’’ ujarnya saat itu.

Ditemui usai mutasi, Ipong awalnya sempat menampik dugaan PNS nonjob karena tersangkut masalah. Saat itu menyebut mutasi bukan sanksi, sebatas perampingan organisasi. Namun, kemarin akhirnya buka suara. ‘’Saat ini berpotensi tersangka. Salah satu di antara 12 orang yang di-nonjob itu,’’ bebernya.

Ipong enggan menjelaskan lebih rinci mengenai sosok oknum PNS yang diduga mencari untung dari proses seleksi CPNS tersebut. ‘’Masih berpotensi, jadi belum tentu juga menjadi tersangka. Siapa itu, nanti lah,’’ kata bupati.

Ipong menyebut bahwa laporan tersebut sudah sampai ke mejanya. Keputusannya me-nonjob-kan PNS tersebut adalah bentuk ketegasan kepada para abdi negara. Itu merupakan bagian dari pembinaan kepegawaian yang tidak terpisahkan. Pasalnya, pelanggaran yang dilakukan terbilang cukup berat. Yakni, terlibat dalam dugaan tindak kriminal. ‘’Pokoknya jangan main-main urusan CPNS atau lainnya. Kalau Pak Presiden Jokowi, PNS menjadi tersangka harus mundur. Maka saya masih berpotensi tersangka saja, sudah saya nonjob-kan,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button