Ponorogo

Ipong Dianugerahi Gelar Warok Kehormatan

Wacanakan Sertifikasi bagi Para Pegiat Seni

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Banyak pekerjaan rumah (PR) menanti kepengurusan baru Yayasan Reyog Ponorogo (YRP). Pun, pemkab menginginkan yayasan tersebut menjadi garda terdepan upaya pelestarian dan pengembangan kesenian reyog. ‘’Tugas yayasan ke depan sangat banyak dan penting,’’ kata Ketua Pembina Yayasan Reyog Ponorogo Ipong Muchlissoni usai pelantikan Rabu (4/12).

Salah satu PR yang menanti YRP, kata Ipong, terkait urusan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para pegiat seni reyog. Ipong menginginkan kelak yayasan itu bisa menerbitkan sertifikat bagi seluruh pegiat seni tersebut. ‘’Sertifikasi ini penting untuk menjaga regenerasi sekaligus meningkatkan kompetensi bagi pelaku kesenian reyog Ponorogo,’’ ujarnya.

YRP juga diharapkan bisa menjadi pengayom sekaligus pembina para perajin reyog. Apalagi, saat ini sejumlah aturan pemerintah berpotensi menghambat pengembangannya. PR lainnya adalah berperan aktif dalam mencapai tujuan mempromosikan reyog sebagai salah satu warisan budaya dunia yang diakui UNESCO.

‘’Masih banyak pekerjaan lain. Jadi, intinya kami harapkan yayasan bisa menjadi kepanjangan pemerintah dalam mengelola, melestarikan, dan mengembangkan kesenian reyog,’’ ucap Ipong yang kemarin juga didapuk sebagai warok kehormatan oleh yayasan tersebut.

Ketua YRP Budi Warsito memerinci sejumlah prioritas kerja yang akan dilakukan ke depan. Di antaranya, sertifikasi bagi pelaku kesenian reyog, pengayoman dan perlindungan hukum, edukasi bagi para perajin, serta pendataan kelompok kesenian tersebut.

Sertifikasi ditujukan untuk menetapkan indikator penilaian yang jelas terhadap para pelaku kesenian tersebut. ‘’Jadi, misalnya reyog diminta pentas di luar negeri, kriterianya harus jelas. Juga ada banyak pekerjaan lain yang harus kami lakukan. Karena itu, kami membutuhkan dukungan pendanaan dari pemerintah,’’ ujarnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button