Madiun

Investigasi Kaburnya Napi Belum Selesai, Kabid Kamtib Terancam Dipecat

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Investigasi kaburnya dua narapidana (napi) kasus narkoba dari Lapas Kelas  I Madiun belum selesai. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerjunkan tim ke lapangan guna memperoleh bukti dan fakta yang sebenarnya. ‘’Harusnya per hari ini dari kanwil (kantor wilayah, Red) turun ke sana,’’ kata Kasubag Humas Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Ishadi Maja Prayitno dihubungi Jawa Pos Radar Madiun Selasa (28/4).

Hasil investigasi selanjutnya diajukan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk diputuskan sanksi. Jika terbukti kaburnya napi tersebab kelalaian, maka pejabat berwenang bakal dijatuhi hukuman berat berupa pemecatan. ‘’Jika temuannya sudah pasti, nanti baru mengambil tindakan selanjutnya. Saat ini baru pemeriksaan awal. Belum final,’’ ujarnya.

Saat ini, DA telah dicopot dari jabatannya sebagai Kabid Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) di Lapas Kelas I Madiun. Langkah itu sebatas prosedur untuk mempermudah proses pemeriksaan terhadap pegawai eselon III tersebut. Pemeriksaan masih akan terus berjalan. Tidak menutup kemungkinan, investigasi bakal melibatkan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham. ‘’Untuk tindakan awal dirumahkan dulu atau di-nonjob-kan. Sampai proses pemeriksaannya selesai. Jika benar-benar terbukti lalai dari tanggung jawab, akan ada pemeriksaan lebih lanjut yang dipimpin Inspektorat Jenderal,’’ tegasnya.

Adapun kedua napi berinisial I dan M sampai kini masih menjadi buronan. Jika tertangkap, tentu hukumannya lebih berat. Keduanya bakal menempati straf cell. Yakni, sel yang terpisah dari blok tahanan biasa atau ruang karantina khusus bagi napi bermasalah. ‘’Istilahnya sel tikus. Mereka akan menjalani hukuman yang lebih berat lagi,’’ jelasnya.

Kasatreskrim Polres Madiun Kota Iptu Fatah Meilana mengaku telah membentuk dan menerjunkan tim untuk mencari keberadaan kedua napi layaran dari Lapas Kalimantan dan Rutan Medaeng Sidoarjo tersebut. ‘’Masih dalam pengejaran,’’ katanya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close