Ponorogo

Investasi Sektor Perdagangan Masih Tetap Mendominasi di Ponorogo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sektor perdagangan di Ponorogo tak kalah seksi dengan Kota Madiun. Buktinya, Rp 402,2 miliar investasi sektor ini sukses dibukukan pada 2019 hingga September lalu dari total Rp 750 miliar. ‘’Kalau dilihat dari bulan ke bulan yang stabil, harapannya bisa berlanjut sampai tutup tahun,’’ kata Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ponorogo Agus Sugiarto Rabu (27/11).

Menurut dia, tahun ini tahun sibuk dalam urusan penanaman modal di Bumi Reyog. Target investasi sepanjang tahun ini sejatinya hanya Rp 350 miliar. Ternyata, terlampaui lipat dua sampai September lalu. Sektor perdagangan penyumbang terbesar. Catatan DPMPTSP, investasi itu mampu menyerap hingga 4.631 tenaga kerja. ‘’Ada 1.680 izin perdagangan yang diterbitkan,’’ ujarnya.

Menurut Agus, investasi tahun ini lebih deras dibanding 2018. Hingga bulan yang sama peningkatannya mencapai 200 persen. Tahun lalu sampai September, total investasi masuk Rp 341 miliar. Capaian tersebut membuat Agus optimistis. ‘’Seharusnya akhir tahun nanti total investasi bisa tembus Rp 1 triliun,’’ klaim pria yang juga menjabat kepala dinas pariwisata itu.

Derasnya investasi tahun ini, lanjut Agus, dipengaruhi banyak faktor. Antara lain, kondisi perekonomian, keamanan, hingga inovasi kebijakan pemerintah pusat. Penerapan online single submission (OSS) oleh pemerintah pusat sangat memudahkan para investor. Mereka mudah mengurus perizinan. Namun, merawat iklim investasi yang positif tidak cukup lewat kebijakan pro penanaman modal. ‘’Variabelnya banyak. Tapi, yang utama investor semakin dimudahkan OSS,’’ sebutnya.

Meski begitu, pihaknya masih punya pekerjaan rumah menggaet modal masuk. Sebab, sepanjang tahun ini hanya berasal dari dalam negeri. Belum ada modal asing yang masuk. ‘’PR-nya penanaman modal asing. Yang mendominasi tetap perdagangan, perumahan, jasa, atau kesehatan dan pariwisata. Sektor-sektor ini akan terus kami prioritaskan untuk dipermudah,’’ ungkapnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button