Ngawi

Inspektorat Periksa Kerusakan Ruang Lab IPA SMPN 2 Kasreman

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kerusakan bangunan ruang laboratorium (lab) IPA SMPN 2 Kasreman diperiksa Inspektorat. Dari hasil pengamatan sementara, diketahui bahwa perbaikan gedung itu pada tahun lalu diduga tidak tepat.

Dalam penyusunan perencanaan, panitia pembangunan sekolah (P2S) dinilai lemah menetapkan skala prioritas pengerjaan. Apalagi, proyek swakelola itu hanya didampingi satu fasilitator yang disediakan dinas pendidikan (dindik). ‘’Ini baru kesimpulan dini. Kami masih akan menganalisis,’’ kata Inspektur Inspektorat Ngawi Yulianto Kusprasetyo, Sabtu (11/9).

Yuli, sapaan akrab Yulianto Kusprasetyo, mengatakan, kelemahan penetapan skala prioritas terlihat dari rencana anggaran biaya (RAB)-nya. P2S mengalokasikan dana lebih besar pada kuda-kuda ketimbang fondasinya. Bujet perbaikan bagian atas bangunan itu lebih dari 50 persen total nilai anggaran Rp 124 juta. Sedangkan alokasi penguatan fondasi dan pembetonan hanya Rp 4,4 juta. ‘’Padahal sejak awal sudah ada keretakan di bagian fondasi bangunan,’’ ujarnya. (sae/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button