Ngawi

Inspektorat Ngawi Rekomendasikan Bongkar Rollag Los Pasar Watualang

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemicu retaknya lantai los berjualan Pasar Watualang, Ngawi, terkuak. Hasil audit inspektorat setempat menyimpulkan dua biang keretakan pasar rakyat yang selesai dibangun Desember 2020 itu. ‘’Kesalahannya pada proses pemadatan tanah yang kurang maksimal. Lalu, tidak menyatunya rabatan lantai dengan los dasaran,’’ kata Inspektur Inspektorat Ngawi Yulianto Kusprasetyo, Jumat (8/10).

Kesimpulan muncul setelah tim auditor menyurvei lokasi dan menelaah dokumen perencanaan. Tim juga memintai keterangan pihak yang terlibat dalam tahapan pembangunan. Yakni, pejabat pembuat komitmen (PPK), konsultan perencana, rekanan pelaksana, dan konsultan pengawas. Juga, konsultasi dengan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) untuk urusan teknis.

Yuli, sapaan Yulianto Kusprasetyo, mengungkapkan, aparat pengawas internal pemerintah (APIP) menilai proses pemadatan tanah tidak sebagaimana mestinya. Belakangan diketahui bahwa pengurukan setinggi 1,7 meter hanya dilakukan sekali. Padahal seharusnya berlapis. ‘’Misalnya, diuruk beberapa sentimeter dulu, lalu dipadatkan. Kemudian ditambah lagi dan kembali dipadatkan,’’ paparnya.

Kendati demikian, Yuli menyebut bahwa rekanan pelaksana tidak membuat kesalahan. Penggunaan rollag dan tiadanya besi pengikat disesuaikan dokumen kontrak dan perencanaan. ‘’Konsultan perencana berpikir hanya menggunakan rollag dan tanpa besi pengikat dirasa cukup aman untuk Pasar Watualang,’’ ucapnya. (sae/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button