AdvertorialMadiun

Inovasi Berbasis Digital eSPTPD Pemkab Lumajang

LUMAJANG, Jawa Pos Radar Madiun – Pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah yang memiliki peranan penting guna membiayai penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Pemungutan pajak daerah, khususnya terhadap jenis pajak yang dilaksanakan melalui penghitungan dan pembayaran pajak secara mandiri oleh Wajib Pajak (WP) atau self assessment akan dioptimalkan.

Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Pemerintah Kabupaten Lumajang menggandeng CV. Ide Kita Cemerlang dalam menciptakan aplikasi e-SPTPD. e-SPTPD merupakan sistem pelaporan pajak secara elektronik dan online. Dengan adanya e-SPTPD diharapkan dapat mempermudah WP dalam melaporkan kewajiban pajak mereka ke BPRD.

Lewat acara bertajuk Sosialisasi Implementasi e-SPTPD Kepada OPD dan Wajib Pajak Hotel/Restaurant di Kabupaten Lumajang yang digelar Selasa (24/9), Pemkab Lumajang melalui BPRD resmi me-launching aplikasi e-SPTPD. Acara yang digelar di Aula BKD Lumajang dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Pemkab Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko, dan juga dihadiri oleh Ibu Hari Susiati Plt Kepala BPRD Kab.Lumajang. ‘’Kami diberi kepercayaan oleh Pemkab Lumajang untuk membuat aplikasi yang user friendly di mana mudah dijalankan dan dipahami oleh semua WP,’’ jelas Pimpinan CV. Ide Kita Cemerlang, R. Dimas Adityo.

Kini dengan adanya e-SPTPD, seluruh WP sudah bisa mengakses pengisian formulir surat pemberitahuan pajak daerah secara elektronik dan online yang selanjutnya memudahkan WP melakukan pelaporan dan pembayaran pajak. Setelah melakukan pelaporan pajak, WP bisa langsung mencetak ID Billing (Kode Bayar) untuk melakukan pembayaran di Bank Jatim. ‘’Mulai laporan harian penerimaan sampai dengan pembayaran sudah terhubung secara online. Hal ini lebih menjadikan pelaporan penerimaan wajib pajak lebih real dan transparan,’’ terangnya.

Dimas menambahkan, aplikasi e-SPTPD merupakan hasil kreatifitas putra daerah Jawa Timur. Pria kelahiran Kota Madiun ini juga mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung inovasi berbasis digital yang dijalankan oleh semua pemda di Jawa Timur bahkan di Seluruh Indonesia. ‘’Selain memudahkan WP dalam memenuhi kewajiban mereka membayar pajak, juga meningkatkan akuntabilitas serta transparasi penerimaan pajak,’’ ungkapnya.

Direktur Marketing CV. Ide Kita Cemerlang, Pungky Danarwati menuturkan, melalui e-SPTPD, WP dapat melakukan pembayaran pajak ke rekening kas umum daerah. Hal ini dapat mencegah tindakan penyalahgunaan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. “Dengan aplikasi ini pelaporan dan pembayaran pajak daerah menjadi semakin mudah, cepat dan aman,’’ pungkasnya. (mga/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close