AdvertorialMejayan

Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Libatkan 150 Pelaku UMKM di Kabupaten Madiun

CARUBAN, Jawa Pos Radar Caruban – Perhatian terhadap pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) tidak hanya berasal dari pemerintah saja, melainkan pengusaha. PT Indomarco Prismatama (Indomaret) misalnya. Dengan mengundang 150 pelaku UMKM di Kabupaten Madiun, Indomaret menggelar seminar pelatihan kewirausahaan di Gedung Eka Kapti Pusat Pemerintahan Mejayan, Kamis (5/12). ”Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, ” Deputi Branch Manager Indomaret Cabang Jombang Zaenal Arifin.

Menurutnya kegiatan yang mengusung tema ‘Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Inovasi dan Kreativitas UMKM’ bertujuan untuk mengembangkan serta memasarkan produk lokal Kabupaten Madiun. Selain itu untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas pelaku UMKM. Salah satunya agar produk yang dihasilkan memiliki daya jual tinggi. “Dengan demikian produk mereka tidak hanya menembus skala pasar lokal saja, namun bisa menembus skala pasar nasional,” jelasnya.

Antusiasme pelaku UMKM terhadap seminar kewirausahaan yang digelar Indomeret menurutnya tinggi. Buktinya ratusan peserta hadir secara langsung. Mereka menikmati materi edukasi pengembangan UMKM yang diberikan. Harapannya kegiatan yang sempat digelar di beberapa daerah tersebut meningkatkan sinergitas pelaku UMKM dan Indomaret. Bahkan produk yang dihasilkan tercover di jaringan perusahaan Indomaret.  “Kami sangat berharap, sinergi bisnis dengan pelaku UMKM bisa berkembang pesat dan produknya bisa meluas pemasarannya,” tambahnya.

Tidak sekadar mengedukasi peserta, dalam kegiatan tersebut Indomaret juga memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa sembilan unit gerobak  untuk pelaku UMKM. CSR tersebut disebutnya juga sebagai motivasi kepada pelaku UMKM untuk memajukan usahanya. Pun meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk maju bersama Indomaret. “Kami berharap dengan kegiatan kewirausahaan ini pelaku UMKM di Kabupaten Madiun memiliki strategi inovasi dan kreatifitas yang lebih baik lagi,”  tuturnya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Penta Lianawati Ahmad Dawami mengapresiasi kegiatan yang diadakan Indomaret tersebut. Kegiatan rutin tahunan itu memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Kabupaten Madiun. Termasuk solusi mengatasi akses informasi terkait pemasaran yang masih menjadi kendala. Dengan pelatihan dan pembinaan tersebut, Indomaret diakuinya turut memberikan sumbangsih untuk memajukan dan mengembangkan produk lokal di Kabupaten Madiun. “Kami sangat berterimakasih kepada Indomaret yang sudah bekerjasama dengan UMKM dan memberikan sumbangsih berbasis ekonomi kreatif. Sinergitas dengan Indomaret sangat perlu untuk meningkatkan produk lokal kususnya di bidang pemasaran,” pungkasnya. (afi/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close