Magetan

In Flow IPA PDAM Cileng Kembali Normal

Air Mulai Mengalir Lancar

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Distribusi air ke ribuan pelanggan PDAM di wilayah Kecamatan Parang mulai pulih. Itu seiring normalnya debit air yang mengalir ke in flow instalasi pengolahan air (IPA) di Cileng.

Kondisi tersebut terjadi setelah hujan mengguyur wilayah lereng Lawu selatan selama tiga hari berturut-turut sejak Sabtu (2/11). ‘’Sebelumnya debit air sangat sedikit dan tidak bisa mengalir ke in flow,’’ terang Dirut PDAM Lawu Tirta Magetan Welly Kristanto.

Meski begitu, awalnya air tersebut masih belum layak konsumsi karena kotor. Sejak Minggu lalu (3/11) lalu petugas IPA PDAM pun berupaya membersihkan air baku dan instalasi yang kotor tersebut. Baru pada Senin (4/11) dapat dilakukan simulasi instalasi dan formulasi bahan kimia untuk mengolahnya. ‘’Senin sore IPA baru bisa beroperasi normal dengan debit 35 liter per detik,’’ ungkapnya.

Dengan debit tersebut, sekitar 3.500 pelanggan di Kecamatan Parang bisa terlayani secara normal tanpa bergilir lagi. Juga tidak menggunakan bantuan pompa booster dan sejumlah sumur milik petani.

Meski sudah kembali normal, Welly mengaku belum berencana melepas dan membongkar instalasi darurat dari sumur pinjaman dan booster. ‘’Masih digunakan untuk antisipasi,’’ kata Welly sembari menyebut antisipasi perlu dilakukan lantaran datangnya musim hujan tidak bisa diprediksi.

Welly menambahkan, debit sumber mata air diperkirakan baru kembali normal tiga hingga empat bulan lagi. Hal itu akibat musim kemarau yang lebih panjang dari tahun sebelumnya. ‘’Ini faktor alam, kami tidak bisa berbuat banyak. Berbeda jika yang mengalami masalah itu sarprasnya,’’ pungkas Welly. (bel/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button