Ngawi

Imbas Merebaknya Virus Korona, Permintaan Masker Melonjak Drastis

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Merebaknya virus 2019-novel coronavirus (2019-nCoV) alias korona membuat penjualan masker di apotek meningkat signifikan. ‘’Biasanya sehari rata-rata terjual 50, sekarang bisa sampai 100,’’ ujar Siti Marfuah, karyawan salah satu apotek, Jumat (31/1).

Dia menyebut, tingginya permintaan membuat sejak dua hari lalu stok masker di apoteknya kosong. Pun, pasokan dari distributoir beberapa hari terakhir tersendat. ‘’Biasanya kalau stok habis, dikabari langsung dikirim,’’ ungkapnya.

Hal serupa dilontarkan Adela Mustika, salah seorang distributor peralatan medis di Ngawi. Tiga hari terakhir permintaan masker sangat tinggi. ‘’Pernah dalam sehari terjual sampai empat karton. Satu karton berisi 40 boks dan satu bok isinya 50 masker,’’ tuturnya.

Dia mengungkapkan, biasanya konsumen hanya membeli beberapa boks. Namun, sejak beberapa hari terakhir meningkat menjadi satu sampai dua karton. ‘’Saya sempat tanya kepada pembeli, katanya mau dikirim ke keluarga yang ada di luar negeri,’’ beber Adela sembari menyebut frekuensi pembelian ke pabrik juga naik dari biasanya seminggu sekali kini saban hari.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ngawi Endah Pratiwi mengimbau masyarakat tidak panik seiring adanya pasien suspect korona di Madiun. ‘’Jaga daya tahan tubuh dengan makan gizi berimbang, perbanyak buah dan sayur, dan olahraga teratur. Juga hindari kontak langsung dengan binatang,’’ bebernya.

Dia menambahkan, jika mengalami gejala flu seperti batuk atau pilek disarankan mengenakan masker. Juga segera berobat layanan kesehatan dan menerapkan etika batuk. ‘’Kalau batuk atau bersin tutup hidung dan mulut pakai tisu sapu,‘’ pintanya.

Endah menambahkan, untuk mengantisipasi penyebaran virus korona, pemerintah mengawasi 135 titik pintu masuk ke Indonesia. Meski begitu, sejauh ini belum ada yang dinyatakan positif terjangkit. ‘’Saat ini di puskesmas, rumah sakit, dan tempat praktik swasta juga disediakan masker gratis,’’ ujarnya. (mg1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close