News

Iklim Negara Thailand

×

Iklim Negara Thailand

Share this article

Iklim Negara Thailand – Thailand terletak di tengah benua Asia Selatan dengan luas wilayah 514.000 kilometer persegi. Lokasinya yang strategis mempengaruhi banyak aspek masyarakat dan budaya – kota ini menguasai satu-satunya jalur darat dari Asia ke Malaysia dan Singapura.

Dataran banjir yang subur dan iklim monsun tropis yang cocok untuk budidaya padi dan padi (tam na) menarik banyak migran ke wilayah tersebut dari dataran ekstrim hingga pegunungan utara atau utara hingga dataran Khorat.

Iklim Negara Thailand

Pada abad ke-11 M, beberapa negara/kerajaan kecil yang terkait dengan penanaman padi dan perdagangan telah berkembang di atas Lembah Chao Phraya. Kerajaan ini melepaskan diri dari dominasi Kekaisaran Khmer, namun mulai pertengahan abad ke-14 kerajaan kecil tersebut secara bertahap bersatu di bawah kendali Kerajaan Ayutthaya pada akhir Banjir Selatan.

Perubahan Iklim: Mengapa Kebijakan China Soal Iklim Penting Bagi Negara Lain, Termasuk Indonesia?

Kota-kota besar secara berturut-turut dibangun di sepanjang sungai, dan kerajaan-kerajaan besar Thailand menjadi pusat bisnis yang berbasis pada penanaman padi dan perdagangan luar negeri. Berbeda dengan negara tetangganya, Khmer dan Burma, Thailand terus memperluas hubungannya dengan pelabuhan asing di luar Teluk Thailand dan Laut Andaman.

Ketika imperialisme Eropa membawa perdagangan baru ke Asia Tenggara pada akhir tahun 1800-an, Thailand (saat itu disebut Siam) mampu mempertahankan kemerdekaannya sebagai zona penyangga antara Burma yang dikuasai Inggris di barat dan Indochina yang dikuasai Prancis di timur. Namun lebih dari 50% areanya hilang selama perjalanan. Untungnya, sebagian besar wilayah yang hilang dihuni oleh penduduk non-Thailand (Khmer, Lao, atau Shan). Masyarakat berbahasa Thailand di jantung negara tetap utuh.

Geografi Thailand yang paling penting adalah dataran tinggi, dataran tengah, dan dataran tinggi. Pegunungan tersebut menutupi sebagian besar wilayah utara Thailand, menuruni perbatasan Myanmar dan kemudian melintasi Tanah Genting Kra dan Semenanjung Malaya. Dataran tengah dialiri oleh dataran rendah Sungai Chao Phraya dan anak-anak sungainya, sistem sungai besar yang berakhir di hulu Delta Teluk Bangkok. Sistem waduk Chao Phraya mencakup sepertiga wilayah negara. Di bagian utara negara bagian utara terdapat Dataran Khorat, suatu kawasan perbukitan rendah dan dangkal, danau, dan anak sungai Mekong di sepanjang Sungai Mekong. Sistem Mekong mengalir ke Laut Cina Selatan dan mencakup banyak kanal dan bendungan.

Bersama-sama, Sungai Chao Phraya dan Sungai Mekong menopang perekonomian pertanian Thailand, mendukung pertanian padi basah dan menyediakan sungai untuk transportasi barang dan manusia. Sebaliknya, konsepsi karakter semenanjung Thailand telah lama dicirikan oleh pulau-pulau pesisir, pulau-pulau terpencil, dan rawa-rawa kuno.

Akronim & Teknik: Kepelbagaian Iklim Di Asia

Dewan Riset Nasional membagi Thailand menjadi enam wilayah geografis, berdasarkan faktor alam seperti topografi dan drainase, serta masyarakat dan bentuk budaya. Ada enam wilayah: Wilayah Utara, Wilayah Utara, Wilayah Tengah, Wilayah Timur, Wilayah Barat, dan Wilayah Barat Daya. Meskipun Bangkok secara geografis merupakan bagian dari Dataran Tengah, sebagai ibu kota dan kota terbesar, wilayah lain dapat dianggap terpisah. Masing-masing dari enam wilayah geografis berbeda satu sama lain dalam hal populasi, sumber daya dasar, ciri-ciri alam, dan pembangunan sosial dan ekonomi. Keberagaman regional ini merupakan faktor penting dalam kondisi fisik Thailand

Baca Juga  Cara Mendrible Bola Basket

Thailand Utara adalah wilayah pegunungan. Di wilayah selatan Perbukitan Shan, barisan pegunungan paralel yang membentang ke utara/selatan dari Pegunungan Dain Lao (ขิมยยายย), Pegunungan Dawna () terletak di antara Sungai Salwen dan Sungai Salwen, perbatasan barat Thailand.

Pegunungan Thanon Thong Chai (ขีย้วัววัววิวม), Pegunungan Khun Thanh (สัต้าน), Pegunungan Phi Pan Nam (วิว่ม่), dan Pegunungan Luang Prabang Barat (สุยต ามี่ยาย). .

Secara tradisional, alam ini telah melahirkan berbagai jenis pertanian, budidaya padi di lembah, dan berbagai tanaman di perbukitan. Hutan pegunungan juga mendorong semangat kemandirian lokal. Luas hutan yang dulunya mendominasi wilayah utara dan timur laut, termasuk tegakan jati dan pohon kayu lain yang bermanfaat secara ekonomi, telah menyusut menjadi 130.000 km2 sejak tahun 1980an. Pada tahun 1961, hutan tersebut mencakup 56 persen wilayah negara, namun pada pertengahan tahun 1980-an luas hutan telah menyusut menjadi kurang dari 30 persen total wilayah Thailand.

Kemudahan Iklim Investasi Di Indonesia

Di pegunungan di bagian utara Thailand, suhu cukup dingin untuk menanam tanaman buah-buahan seperti leci dan stroberi selama musim dingin.

Tanah yang buruk tidak mendukung budidaya burung nasar. Namun beras ketan, makanan pokok di daerah yang sering dilanda banjir dan sawah yang airnya buruk, tumbuh subur, dan jika terjadi banjir dari sungai, sungai, dan kolam di dekatnya, sering kali beras ketan dapat dipanen dua kali setahun. Tanaman seperti tebu dan singkong banyak dibudidayakan, dan pada tingkat lebih rendah, karet. Produksi sutra merupakan industri rumahan yang penting dan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian.

“Cortland”, sebuah cekungan alami di Thailand tengah, sering disebut sebagai “Beras Asia”. Sistem irigasi kompleks yang dikembangkan untuk penanaman padi di wilayah tersebut memberikan dukungan ekonomi yang diperlukan untuk menopang negara bagian Sukhothai di Thailand dari abad ke-13 hingga Kerajaan Bangkok saat ini. Di sini datarannya lebih datar dan bergelombang sehingga memudahkan perjalanan melalui air dan darat. Daerah subur tersebut mampu menopang populasi padat sebanyak 422 orang per kilometer persegi pada tahun 1987, rata-rata untuk seluruh wilayah sebesar 98. Sungai Chao Phraya dan anak-anak sungainya serta penanaman padi mendominasi daratan di wilayah tersebut. Metropolitan Bangkok, pusat perdagangan, transportasi dan industri, terletak di pantai selatan negara itu di ujung Teluk Thailand dan termasuk bagian dari Delta Chao Phraya.

Baca Juga  Ciri - Ciri Bahan Limbah Lunak Anorganik Adalah

Di sepanjang perbatasan dengan Thailand, Pegunungan Panjang di selatan Myanmar berlanjut dari utara ke barat Thailand bersama dengan Perbukitan Tenasserim, yang di Thailand dikenal sebagai Theo Khao Thanosi (สัวลั่ม่วี่วี). Geografi wilayah barat Thailand, seperti halnya utara, dicirikan oleh pegunungan dan lembah sungai yang tinggi dan curam.

Tabel Berikut Sesuai Dengan Kondisi Masing Masing Negara Seperti Pada Contoh ! Negara Iklim,berdasarkan

Pasukan di Thailand barat berada jauh dari Thailand di kawasan hutan yang tidak terlalu terganggu. Air dan mineral merupakan sumber daya alam yang penting. Banyak tambang terbesar di negara ini berlokasi di wilayah ini, dan pertambangan merupakan industri besar di wilayah tersebut.

:2 Musim Barat Daya, yang berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober, ditandai dengan pergerakan udara hangat dan lembab dari Samudera Hindia di Thailand, yang membawa curah hujan lebat ke sebagian besar wilayah negara tersebut.

:2 Musim hujan utara membawa udara dingin dan kering dari Tiongkok ke sebagian besar Thailand dari bulan Oktober hingga Februari.

:2 Di Thailand bagian selatan, monsun utara membawa cuaca sejuk dan hujan lebat di sepanjang pantai timur negara tersebut.

Hampir Rm400 Bilion Diperlukan Negara Hadapi Impak Perubahan Iklim

:2 Yang pertama adalah musim hujan atau musim Afrika (di selatan (hingga pertengahan Oktober)) yang berlangsung di sebagian besar wilayah.

:4 Selain curah hujan dari Musim Barat Daya, Zona Konvergensi Intertropis (ITCZ) dan siklon tropis berkontribusi terhadap curah hujan yang tinggi selama musim hujan.

:2 Namun cuaca kering biasanya terjadi selama 1 hingga 2 minggu pada bulan Juni hingga awal Juli.

:2:4 Pengecualian adalah bagian selatan Thailand, yang sering menerima hujan lebat, terutama pada bulan Oktober hingga November.

Taufan Vamco Menyerang Vietnam Dan Filipina, Menunjukkan Kekuatan Krisis Iklim

:2 Musim panas atau musim hujan berlangsung dari pertengahan Februari hingga pertengahan Mei dan ditandai dengan cuaca panas.

Karena lokasinya yang sentral dan garis lintang, bagian utara, utara, tengah, dan timur Thailand mengalami cuaca hangat dalam jangka waktu lama.

:3 Suhu biasanya mencapai 40 °C (104 °F) atau lebih tinggi selama waktu terpanas dalam setahun (Maret hingga Mei), kecuali di wilayah pesisir dengan angin laut yang bersuhu sedang pada sore hari.

:3 Sebaliknya, turbulensi udara dingin dari Tiongkok akan membawa wabah penyakit; Dalam beberapa kasus (terutama di wilayah utara dan utara) suhunya mendekati atau di bawah 0 °C (32 °F).

Baca Juga  Ari Pupujian Sanggeus Sholat Medar Ngeunaan Naon

Negara Asean Tuliskan 1.letak Dan Luas2.iklim3.bentang Alam4.flora Dan Fauna5.jenis Sumber Daya Alam

:3 Iklim Thailand Selatan ditandai dengan cuaca sejuk sepanjang tahun.

:4 Namun, beberapa daerah pegunungan yang berangin kencang, seperti Provinsi Ranong di pantai barat Thailand selatan dan bagian timur Provinsi Trat, menerima curah hujan lebih dari 4.500 mm (180 in) setiap tahunnya.

:4 Thailand Selatan merupakan bagian paling kering di lembah tengah dan utara, dengan curah hujan rata-rata kurang dari 1.200 mm (47 in).

:4 Sebagian besar wilayah Thailand (Utara, Utara, Tengah, Timur) kering di utara dan terik matahari di utara dan utara serta hujan monsun lebat di selatan dan barat.

Bab 7 Kepelbagaian Iklim & Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Manusia Di Asia Geografi Tingkatan 2 Mashithah Binti Khalid.

:4 Di bagian selatan Thailand, curah hujan tinggi terjadi pada musim hujan utara dan selatan, dengan puncaknya pada bulan September di pantai barat dan puncaknya pada bulan November–Januari di pantai timur.

Meskipun kekeringan pada tahun 2007–2008 hanya berlangsung dari akhir November hingga pertengahan Maret, wilayah utara mengalami periode kekeringan yang lebih lama. Tanah liat berwarna merah, laterit, dan padat menyimpan air dengan baik, sehingga membatasi potensi pertanian untuk banyak tanaman, namun tanah ini sangat baik untuk menghemat air di sawah dan waduk lokal. Aluvium berpasir lepas dan berdrainase baik di dataran banjir Sungai Mekong sangat subur, dan tanaman utamanya adalah tomat, tembakau, dan pinus, yang ditanam dalam skala industri.

Sumber daya lahan dan penggunaan [sunting | Sumber daya alam[sunting | edit sumber ]

Pattamawadi Pochanukul, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Thammasat, memperkirakan negara memiliki 59 persen dari total lahan pertanian Thailand. Pada tanggal 30 September 2015

Sempoi Baq Hang: Hutan Simpan Ulu Muda

) atau sekitar 21,2 persen dari total lahan publik. Data Kantor Komisi Nasional Pemberantasan Korupsi (NACC) menunjukkan bahwa anggota DPR RI pada tahun 2013 memiliki total lahan seluas 35.786 hektar (sekitar 57,3 km).

Penurunan permukaan tanah di wilayah Bangkok akibat menipisnya air tanah; Kekeringan (lihat gempa bumi Samudera Hindia tahun 2004 dan banjir Thailand tahun 2011).

Thailand berbatasan dengan Kamboja, Laos, Malaysia dan Myanmar. Meskipun Tiongkok dan Vietnam berbatasan dengan Thailand, namun perbatasan mereka berjauhan

Iklim thailand adalah, makanan khas negara thailand, iklim di negara thailand, iklim thailand, tempat wisata negara thailand, iklim negara mesir, iklim di thailand, apa iklim negara thailand, negara iklim, keadaan iklim thailand, iklim negara thailand adalah, icon negara thailand