Advertorial

Idul Fitri Sejatinya Kemenangan Batin

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Perayaan Lebaran tahun ini tidak beda jauh dengan tahun lalu berupa pembatasan silaturahmi. Umat muslim di tanah air diminta mengalihkan tradisi itu dari biasanya tatap muka ke virtual.

Ketua DPRD Ngawi Heru Kusnindar mengingatkan bahwa latihan menjaga keimanan dan ketakwaan lewat berpuasa merupakan kemenangan batin. Bukan kemenangan yang bersifat ekspresi sosial seperti takbir keliling. ‘’Mungkin Allah SWT ingin disapa dalam sunyi. Karena sejatinya Idul Fitri adalah kemenangan batin yang tidak diwujudkan dalam euforia kegembiraan berkumpul bersama banyak orang,’’ ujarnya.

Menurut Heru, ujian umat muslim yang sesungguhnya adalah setelah berlalunya Idul Fitri. Umat mampu menjaga iman dan takwanya hingga ajal menjemput. Halalbihalal serta reuni kawan sekolah dan perguruan tinggi memang menjadi tradisi yang memeriahkan suasana pasca-Lebaran.

Namun, pelaksanaan kegiatan tersebut belum memungkinkan. ‘’Justru dalam momen seperti ini kita harus berdoa agar pandemi Covid-19 segera berlalu. Tapi, doa itu tentunya tidak akan terkabul tanpa dibarengi upaya patuh protokol kesehatan,’’ tuturnya. (mg3/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button