AdvertorialNgawi

Idul Fitri Momentum Rekonsiliasi

NGAWI – Meski sudah menjadi agenda rutin setiap tahun, kegiatan halal bihalal yang digelar DPRD Ngawi kali ini dirasa berbeda dari Lebaran lalu. Bukan karena konsep acara atau teknis pelaksanaannya yang tidak sama, melainkan lebih disebabkan momentum yang telah dilalui semua anggota dewan sebelum hari raya tiba. ‘’Kami merasakan hikmah (halal bihalal) tahun ini lebih mendasar,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko Senin (11/6).

Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengungkapkan, 2019 merupakan tahun yang sangat dinamis. Terutama lantaran terdapat agenda pesta demokrasi terbesar di tanah air. Yakni, pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres). ‘’Kami (anggota dewan, Red) kan juga sekaligus menjadi kontestan pada pileg maupun pilpres,’’ ujarnya.

Dia tidak memungkiri selama proses pemilu terdapat gesekan yang melibatkan sesama anggota dewan. Karena itu, kegiatan halal bihalal kali ini dinilai sebagai momen yang tepat untuk rekonsiliasi.

Menurut Antok, sudah waktunya seluruh anggota dewan kembali lagi pada fungsinya usai berkompetisi di pemilu. Kembali menjadi satu kesatuan dalam DPRD Ngawi. ‘’Kami berharap momen ini (halal bihalal) bisa menjadi pijakan untuk kembali ke fungsi anggota DPRD,’’ ungkapnya.

Antok juga tidak menampik halal bihalal kemarin merupakan momen terakhir bagi sebagian anggotanya. Sebab, dalam kompetisi pileg lalu ada beberapa wakil rakyat dewan yang gagal mempertahankan kursinya. Namun, menurut politikus PDI Perjuangan tersebut, kemenangan yang haq (sebenarnya) adalah kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. ‘’Secara prinsip, kami ingin kemenangan dan kekalahan (dalam pileg dan pilpres) bisa dinetralisir melalui halal bihalal ini,’’ tuturnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan halal bihalal kemarin diikuti semua anggota maupun jajaran pegawai di sekretariat DPRD. Acara dikemas sederhana seperti biasanya. Diawali sambutan ketua DPRD, dilanjutkan tausiyah oleh Maryoto, wakil ketua DPRD setempat. Setelah itu, anggota maupun pegawai sekretariat saling bersalaman. (tif/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close