Ponorogo

Ibu Hamil Covid Sulit Cari Rumah Sakit

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Ada yang luput dari perhatian pemangku kebijakan penanganan Covid-19. Bagaimana nasib ibu hamil terpapar coronavirus dan tenaga kesehatan (nakes) yang membantu persalinannya? Padahal, rumah sakit hanya menyediakan satu atau dua bed bagi ibu hamil positif Covid-19 yang proses persalinannya harus lewat operasi Caesar itu.

Sedangkan persalinan normal dengan prosedur kesehatan (prokes) Covid-19 berlangsung di puskesmas. Tak urung, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ponorogo merilis 112 anggotanya terinfeksi virus korona. Jumlahnya lebih banyak dari 59 ibu hamil yang terkonfirmasi positif coronavirus. Tak urung, Ilyas Sofana, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, mengusulkan agar ada gedung perawatan di salah satu rumah sakit yang dikonversikan khusus melayani ibu hamil berstatus positif Covid-19. ‘’Harus dilengkapi dengan ruang operasi,’’ kata Ilyas yang bergelar spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) itu, Selasa (20/7).

Menurut dia, prosedur penggunaan ruang operasi cukup ketat setelah dipakai persalinan Caesar ibu hamil terpapar Covid-19. Ruang operasi itu wajib disterilkan dengan general cleaning (pembersihan menyeluruh) selama empat jam. ‘’Susah kalau antre dengan operasi bedah pasien lainnya,’’ terang Ilyas. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button