AdvertorialNgawi

IAI Ngawi Kenalkan Profesi Apoteker dalam Dunia Medis

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Memperingati Hari Apoteker Sedunia, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Ngawi menggelar sosialisasi ke sejumlah SD di daerah setempat. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan serentak oleh seluruh pengurus IAI seluruh Indonesia.

Tujuannya mengedukasi anak-anak tentang cara dapatkan, gunakan, simpan, dan buang (dagusibu) obat-obatan dengan benar. Mereka juga diajak lebih mengenal profesi apoteker. Dengan begitu, akan memahami bahwa selain dokter, perawat, dan bidan, ada juga apoteker yang berperan dalam menyembuhkan pasien. ‘’Kami ingin setelah ini ada di antara mereka (siswa, Red) yang bercita-cita menjadi apoteker,’’ kata Ketua IAI Cabang Ngawi Mudo Trimaryo.

Sosialisasi tersebut sekaligus menjadi bagian dari pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) kategori edukasi tentang obat kepada siswa SD terbanyak. Selain pemberian materi dagusibu, tim juga mengenalkan program apoteker cilik. ‘’Eksistensi apoteker di tengah masyarakat perlu diperkuat dengan berbagai cara, salah satunya sosialisasi,’’ ujarnya.

Sosialisasi IAI di wilayah Ngawi tersebar di lima SD di Kecamatan Ngawi, Jogorogo, Pitu, dan Kedunggalar. Setiap tim terdiri 7–8 apoteker. Materi pelajaran yang diberikan diselingi beberapa game berhadiah doorprize sehingga para siswa antusias.

Tim juga membagikan alat tulis dan es krim untuk anak-anak. ‘’Ke depan IAI terus berupaya memberikan manfaat untuk masyarakat Ngawi, baik lewat bakti sosial maupun program kerja yang berorientasi pada pembangunan masyarakat,’’ bebernya.

Kepala SDN Selopuro 2 Haryoso mengapresiasi upaya tim IAI Ngawi memberikan edukasi tersebut karena siswa menjadi tahu bagaimana harus memperlakukan obat dengan baik dan benar. Selain itu, mereka mengerti bahwa apoteker adalah profesi yang mulia. ‘’Kami harap IAI secara konsisten terus memberikan pemahaman, khususnya kepada anak-anak dan masyarakat di pedesaan,’’ katanya. (rio/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button