Advertorial

HPN, DPRD Ngawi Ajak Masyarakat Saring Informasi di Medsos

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Maraknya penggunaan media sosial (medsos) mengundang kekhawatiran tersendiri kalangan wakil rakyat. Pasalnya, tidak sedikit penggunanya yang menyebarkan informasi tanpa dikroscek dulu kebenarannya. Nah, insan pers diharapkan mampu menjadi penyaring dengan menyajikan berita yang berimbang dan dapat dipercaya.

‘’Medsos mampu menyebarkan informasi tersebar secara luas dan cepat. Tugas berat media pers dan jurnalis adalah menjadi filter dengan menyajikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,’’ kata Wakil Ketua I DPRD Ngawi Sarjono kemarin (8/2).
Bersamaan momen Hari Pers Nasional (HPN), DPRD Ngawi berharap media pers dan jurnalis semakin profesional. Media pers mampu menjadi penyedia informasi yang jelas, utuh, dan independen. Juga netral, objektif, serta menyajikan informasi yang cover both side alias berimbang. ‘’Kalau jurnalisnya tidak profesional, bukan tidak mungkin media pers akan ditinggalkan masyarakat,’’ ungkapnya.

Wakil Ketua III DPRD Ngawi Suntoro menambahkan, media pers juga berfungsi sebagai sarana mengontrol kinerja pemerintahan. Selain itu, memberi masukan kepada pemerintah sekaligus penyambung informasi pemerintahan ke masyarakat luas. ‘’Jika program maupun kinerja pemerintah bagus ya katakan bagus. Tapi, jika ada kekurangan, beri masukan maupun kritikan yang bersifat membangun, bukan dengan cara dicerca dan dijatuhkan,’’ ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Ngawi Khoirul Anam Mukmin mengutip ayat Alquran yang berbunyi wa qulu qaulan sadida. Menurutnya, media pers harus mampu menyajikan informasi yang sebenarbenarnya. ‘’Karena dengan kejujuran informasi yang disampaikan itu akan menjadi rujukan yang dapat dipercaya,’’ tuturnya.

Di sisi lain, dia berharap masyarakat tidak menelan mentahmentah informasi yang tersebar di medsos. Melainkan terlebih dahulu disaring atau dikonfirmasi untuk memastikan kebenarannya. ‘’Selamat Hari Pers Nasional. Semoga para insan pers dapat memberikan informasi yang tepercaya, objektif, dan netral,’’ ucapnya. (mg3/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button