Madiun

Home Visit Serap Aspirasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Janji mengabdi untuk Ibu Pertiwi. Begitulah yang dilontarkan Rina Haryati, anggota Komisi III DPRD Kota Madiun, ketika ditanya soal ambisinya duduk di kursi legislatif untuk periode kali kedua, Kamis (15/4). Dia mengaku tak mau banyak mengumbar janji politik.

Yang pasti, anggota dewan dari Fraksi Gerindra itu menyatakan bakal berusaha memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya dalam hal pemerataan pembangunan. ‘’Saya menyadari tanggung jawab sebagai anggota dewan sangat berat. Karena kerja nyatanya ditunggu masyarakat,’’ kata Rina.

Pengalaman duduk sebagai pimpinan DPRD pada periode 2014–2019 diakuinya dapat menjadi modal berarti dalam membangun komunikasi. Sekaligus membangun mental untuk lebih berani dalam mengawal kebijakan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat. ‘’Nah, pengalaman itu saya jadikan pelajaran dalam mengawal program pembangunan pemkot. Apalagi, di tengah pandemi seperti ini pelaksanaan pembangunan harus tepat guna,’’ ujar perempuan yang tinggal di Jalan Kapten Saputro itu.

Karena itu, apa yang dikerjakannya di DPRD harus dapat dipertanggungjawabkan. Dia tak ingin dicap sebagai anggota dewan yang tutup mata setelah terpilih. Juga terkesan hanya ingin memperkaya diri sendiri. ‘’Saya orangnya berjiwa sosial tinggi. Sebisa mungkin kalau ada masyarakat (konstituen, Red) yang membutuhkan, saya usahakan bantu,’’ ucap ibu tiga anak tersebut.

Untuk menjaga kedekatannya dengan masyarakat, tak jarang perempuan yang lahir 19 Maret 1978 itu mengagendakan kegiatan home visit. Tak sekadar berkunjung dari rumah ke rumah, tapi kegiatan itu biasa dijadikannya sebagai sharing pengalaman dan serap aspirasi. ‘’Terkadang tiap ada pertemuan saya juga sering tukar ilmu antar sesama warga. Saya merasa hangat bersama mereka,’’ ungkap Rina.

Padahal, menjadi anggota dewan bukan merupakan keinginan awal. Sebelumnya Rina hanya ingin menjalankan bisnis sembako. Namun, karena merasa ingin hidupnya bermanfaat bagi masyarakat, dia coba terjun ke dunia politik. ‘’Beruntung dua pekerjaan itu bisa saya jalankan dengan baik. Bahkan, sebagai seorang ibu bagi tiga anak laki-laki,’’ tutur anggota legislatif dari daerah pemilihan (dapil) Taman II itu. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button