Pacitan

Hiswana Migas Jamin Tabung Melon Aman

MADIUN – Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Madiun menjamin tidak akan terjadi kelangkaan elpiji tiga kilogram di Pacitan. Sebab, stok tabung melon ditambah. Penambahan dilakukan sejak awal hingga pertengahan Ramadan. ‘’Pertamina menyediakan stok,’’ kata Ketua Hiswana Migas Madiun Agus Wiyono Kamis (23/5).

Menurut dia, awal Ramadan lalu ditambah lima persen dari kebutuhan harian Pacitan yang mencapai 10 ribu hingga 15 ribu tabung. Tambahannya 500 hingga 750 tabung. Sedangkan pertengahan Ramadan ditambah dengan jumlah yang sama. Puncaknya H-5 dan H-7 Lebaran, bakal ditambah 100 persen. ‘’Untuk penyalurannya kami menunggu surat dari pemerintah daerah,’’  ujarnya.

Dia menambahkan ketersediaan elpiji tiga kilogram juga diimbangi kesiapan personel dan armada. Pihaknya juga punya tugas pengawasan. Di tingkat agen, menurut dia, tidak masalah. Sedangkan pengawasan sulit dilakukan jika sudah di tingkat pangkalan. Seperti temuannya di SPBU Arjosari. Pagi mendapat kiriman sekitar 200 tabung, siangnya sudah ludes. Diduga elpiji bersubsidi tersebut diborong pegecer. ‘’Kami imbau disalurkan ke masyarakat lebih dulu,’’ tegasnya.

Dia meminta SPBU yang meyediakan elpiji tabung melon dan pangkalan menghindari pengecer. Atau yang membeli elpiji tiga kilogram dalam jumlah besar.  Idealnya, dua tabung. Itu ada ketentuannya. Hanya belum dirilis lantaran masih dalam proses Kementrian ESDM. ‘’Itu bisa menyebabkan panic buying. Tetangga pangkalan yang melihat ada pengecer yang memmborong dikhawatirkan ikut-ikutan. Bahkan mengajak tetangga lainnya,’’ jelasnya.

Akibatnya antrean pembelian elpiji tiga kilogram bakal terjadi. Dia mengklaim kondisi tersebut wajar. Pun bukan akibat kelangkaan. Seperti di pangkalan Arjowinangun. Pembeli warga luar Arjowinangun berkumpul di pangkalan sambil ke pasar. Umumnya terjadi saat hari pasaran Legi dan Wage. ‘’Ada yang dari Arjosari, Kalipelus, Tulakan dan lainnya,’’ bebernya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button