Pacitan

Hindari Kerumunan, PPDB SD-SMP di Pacitan Dipermudah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) dipermudah. Calon siswa baru tak perlu gegabah datang dan berkerumun di sekolah tujuan. Cukup mengunggah berkas lewat web resmi yang disediakan pemerintah daerah. Mulai berkas nilai hingga administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan Daryono berharap kemudahan ini tak disalahgunakan untuk mengecoh persyaratan PPDB. Semisal nekat melampirkan dokumen palsu hingga mengubah nilai rapor. ‘’Kalau ketahuan, kami proses hukum,’’ tegasnya, Jumat (2/7).

Disinggung siswa loncat kartu keluarga (KK), Daryono masih bisa memaklumi. Mengingat geografis kabupaten ini banyak dikelilingi gunung dan lautan. Justru hal ini bisa meningkatkan peluang calon siswa baru masuk sekolah idaman lewat jalur zonasi. Memang, sesuai kebijakan, dekatnya jarak bakal meningkatkan kesempatan masuk ke sekolah tujuan. Kendati syaratnya maksimal usia KK wajib lebih dari 1 tahun. ‘’Jadi, tidak bisa kalau KK baru dipindah langsung daftar,’’ ujarnya.

Daryono meluruskan, sejatinya label sekolah favorit telah dihapuskan. Seluruh sekolah status dan kualitasnya sama belaka. Hanya jarak yang membedakan. Ada yang di pelosok desa maupun di pusat kota. ‘’Sekarang sekolah di mana saja sama. Gurunya juga bisa dipindah-pindah,’’ pungkasnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button