Mejayan

Hilangkan Kumuh Pasar Umum Caruban

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Proyek perbaikan Pasar Umum Caruban, Mejayan, Kabupaten Madiun, on the track. Rekanan pelaksana CV Wilujeng Makaryo telah menyelesaikan lebih dari separo target revitalisasi los pedagang pasar rakyat tersebut. Bahkan, dinas perdagangan koperasi dan usaha mikro (disperdakop-UM) setempat yakin pekerjaan bisa rampung akhir bulan ini. ‘’Realisasi sudah 80 persen per pekan ini,’’ kata Plt Kabid Pasar Disperdakop-UM Kabupaten Madiun Agus Suyudi Senin (11/11).

Agus mengungkapkan, proyek revitalisasi senilai Rp 713 juta itu mengubah tampilan salah satu los dagang bagian dalam Pasar Sayur, sebutan lain Pasar Umum Caruban. Dari sebelumnya nonpermanen menjadi permanen. Keseluruhan bagian bangunan yang sanggup menampung puluhan pedagang itu diganti total. Mulai lantai, tiang, hingga atapnya. ‘’Menghilangkan kesan kumuh,’’ ujarnya.

Pantauan di lokasi, los dagang berbentuk persegi panjang telah terbentuk. Dua sisi lantai sudah berkeramik. Drainase di antara dua bagian lantai itu juga sudah selesai dikerjakan. Tiang-tiang besi kokoh berdiri menyangga atap. Sejumlah pekerja memasang genting di sisi timur bangunan.

Menurut Agus, cepatnya progres revitalisasi itu karena objek yang dikerjakan cukup kecil. Para pekerja rekanan asal Dagangan itu juga tidak terganggu aktivitas jual-beli. Para pedagang yang menempati los itu dialihkan ke titik lain untuk sementara waktu. Lokasinya masih di dalam pasar. ‘’Pekerjaan tahun ini sebatas perbaikan los. Kalau drainase di dalam dan di luar itu dari DPUPR (dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, Red),’’ ungkapnya.

Agus menyebut, kontrak proyek bersumber biaya Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 itu ditarget rampung pertengahan Desember. Namun, melihat kondisi riil di lapangan, sisa kekurangan 20 persen diprediksi terpenuhi akhir bulan ini. Sisa waktu kontrak bisa digunakan penyedia jasa untuk pembersihan lokasi. Sebelum digunakan berjualan pedagang. ‘’Selesai akhir bulan ini karena sudah masuk proses finishing,’’ jelasnya. (cor/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button