Ponorogo

Helikopter Lanud Halau Penerbangan Balon Udara

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Lebaran sudah berlalu. Namun, masih ada balon udara beterbangan di langit Ponorogo. Kamis (4/6) petugas gabungan dari Lanud Iswahjudi dan Polres Ponorogo mengamankan enam unit dari wilayah Polsek Jambon dan Somoroto. Penggunaan helikopter efektif menggagalkan penerbangan balon udara. ‘’Balon udara yang akan terbang dihalau helikopter,’’ kata Kapolsek Jambon Iptu Nanang Budiarto.

Operasi gabungan di wilayah hukumnya kemarin melibatkan petugas polsek, satpol PP, koramil setempat, serta anggota lanud. Di wilayah Jambon, tiga balon udara diamankan sehari kemarin. Masing-masing panjangnya sekitar tiga meter. ‘’Itu tergolong kecil,’’ sebutnya.

Polisi dan TNI punya trik baru menghalau penerbangan balon udara. Di Jambon, petugas kepolisian memantau lebih dulu titik-titik penerbangan balon udara. Usai koordinat didapat, anggota bergerak dari darat dan udara. Helikopter lanud terbang melalui wilayah tersebut. ‘’Selain itu, petugas mendatangi langsung. Tapi, anak-anak yang menerbangkan balon sudah pergi,’’ kata dia.

Di wilayah Jambon, sebut Nanang, total sudah ada 30 balon udara yang diamankan. Sementara razia di wilayah Somoroto diamankan tiga unit balon udara. Masing-masing balon memiliki panjang 10 meter, 12 meter, dan empat meter.

Kapolsek Somoroto Kompol Nyoto menyayangkan masyarakat masih saja menerbangkan balon udara. ‘’Kami menggagalkan secara manual. Total di Polsek Somoroto sudah 26 balon diamankan.  Sebanyak 14 balon kami gagalkan, dan 12 balon penyerahan oleh masyarakat,’’ jelasnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close