News

Hasil Pertanian Negara Laos Adalah

×

Hasil Pertanian Negara Laos Adalah

Share this article

Hasil Pertanian Negara Laos Adalah – Laos (Bahasara Laos: நார், lāoo [lːːː]), Sekretaris Sebulat Paxteratis demotha பாண்சாசாச்சு, Dala. Republik Rakyat Tiongkok berada di barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di barat. Dari abad ke-14 hingga ke-18, negara ini dikenal sebagai Lan Xang atau “Tanah Seribu Gajah”.

Laos adalah republik yang terkurung daratan yang terletak di bagian utara Semenanjung Indochina. Laos berasal dari kata Lan Xang yang berarti kerajaan gajah. Negara ini adalah satu-satunya di Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai. Laos pernah menjadi koloni Perancis dan memperoleh kemerdekaan sebagai kerajaan pada tanggal 22 Oktober 1953. Pada tanggal 2 Desember 1975, Kerajaan Laos berubah menjadi Republik Laos. Laos adalah negara komunis dengan kepala pemerintahan berupa presiden bernama Thongloun Sisolith, didukung oleh perdana menteri bernama Funkam Vipawan. Dari sudut pandang geografi politik, letak daratan Laos yang tidak memiliki wilayah laut atau pesisir disebut wilayah daratan atau daratan. Situasi ini dinilai kurang menguntungkan, terutama dalam hal keamanan dan perlindungan terhadap serangan atau invasi negara lain. Laos memiliki lembah sungai yang subur yang menghasilkan banyak tanaman pertanian dan perkebunan, terutama beras, kopi, dan tembakau. Ini memiliki sumber daya pertambangan mineral seperti timah, tembaga, emas dan perak. Medannya didominasi perbukitan dan pegunungan berhutan lebat yang menghasilkan kayu sebagai salah satu komoditasnya. Potensi sosial budaya terdiri dari berbagai suku bangsa dengan budaya yang berbeda-beda, banyak masyarakat yang masih memegang teguh tradisi dan memiliki bahasa nasional yaitu Laos. Namun, ada banyak bangunan bersejarah, terutama kuil, di mana orang berbicara bahasa Thailand, Inggris, dan Prancis dalam kehidupan sehari-hari selain bahasa nasional mereka.

Hasil Pertanian Negara Laos Adalah

Laos adalah salah satu dari lima negara komunis di dunia. Luas wilayahnya sekitar 236.800 km2 dan jumlah penduduknya sekitar 6,6 juta jiwa. Telah menjadi anggota ASEAN sejak tahun 1997, tetapi negara yang terkurung daratan ini membuka diri secara luas ke negara lain pada tahun 2004. Langkah pertama dalam membuka Laos adalah menarik modal asing. Laos telah berulang kali mengamandemen undang-undang investasi asingnya, mengizinkan perusahaan asing untuk mentransfer keuntungan dari Laos. Investor asing juga dapat membentuk perusahaan modal murni atau perusahaan patungan. Pemerintah Laos bahkan tidak mengenakan pajak kepada perusahaan asing selama lima tahun pertama melakukan bisnis di Laos.

Kegiatan Ekonomi Negara Anggota Asean Worksheet

Untuk meningkatkan perekonomian, Laos membangun berbagai zona ekonomi, meningkatkan perdagangan internasional, dan meningkatkan kerja sama regional. Mata pencaharian utama masyarakat Laos adalah sektor pertanian. Produk pertanian utama adalah beras, jagung, tembakau, kapas, kopi dan buah jeruk. Daerah pertanian umumnya berada di dataran rendah, terutama di sepanjang tepian Sungai Mekong. Sungai Mekong adalah urat nadi perekonomian Laos, yang digunakan Laos untuk menghasilkan listrik tenaga air. Pembangkit listrik tenaga air yang dihasilkan dijual Laos ke negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand. Pada tahun 2012, pemerintah Laos membuat Portal Pusat Perdagangan Laos, yang memberikan informasi tentang impor dan ekspor negara tersebut. Dengan terbukanya perekonomian, ekonomi Laos tumbuh sebesar 7,1% dari tahun 2001-2010 dan diharapkan tumbuh sebesar 7,6% dari tahun 2011-2015. Melihat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Laos sebesar 8,1% pada tahun 2012, itu bukan angka yang mustahil.

Baca Juga  Bermain Ganda Dalam Bulutangkis Hal Utama Yang Harus Diperhatikan Adalah

Sejarah awal Laos didominasi oleh Kerajaan Nanshao, yang digantikan pada abad ke-14 oleh kerajaan regional Lan Shang hingga abad ke-18, setelah Kerajaan Thailand berkuasa. Prancis kemudian menguasai daerah tersebut pada abad ke-19 dan memasukkannya ke dalam Indochina Prancis pada tahun 1893. Setelah pendudukan Jepang selama Perang Dunia II, negara tersebut merdeka dengan nama Kerajaan Laos pada tahun 1949 pada masa pemerintahan Raja Sisawang Vong. .

Gejolak politik di negara tetangga Vietnam membuat Laos menghadapi Perang Indocina Kedua yang lebih besar (juga dikenal sebagai Perang Rahasia), yang menjadi faktor destabilisasi yang menyebabkan perang saudara dan beberapa kudeta. Pada tahun 1975, komunis Pathet Lao yang didukung Soviet dan komunis Vietnam menggulingkan pemerintahan Raja Sawang Wattana, yang didukung oleh Amerika Serikat dan Prancis. Setelah mengambil alih negara itu, mereka mengubah namanya menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos, yang sampai sekarang masih ada. Laos memperkuat hubungan dengan Vietnam dan melonggarkan pembatasan ekonominya pada akhir 1980-an dan dimasukkan ke dalam ASEAN pada tahun 1997.

Tanah Laos telah dihuni oleh manusia selama ribuan tahun. Sedikit yang diketahui tentang periode prasejarah negara itu. Diyakini bahwa beberapa kelompok orang yang berbeda menetap di Laos sebelum abad ke-14. Saat itu, wilayah Laos dikuasai oleh Kerajaan Mon dan Kerajaan Khmer.

Aktivitas Pertanian Padi Dan Jagung Di Laos Berpusat Di Wilayah

Orang-orang Laos modern diyakini memiliki ikatan dengan Kerajaan Lan Xang, yang didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan didirikan oleh Fa Ngum. Sebelumnya, negara ini sudah dihuni oleh Laos, Mon, dan suku lainnya. Pada abad ke-16, Buddhisme Theravada menjadi agama yang dominan.

Sejak pertengahan abad ke-17, Laos mengalami penurunan kondisi ekonomi dan politik. Pada akhir abad ke-18, Laos yang melemah akhirnya ditaklukkan oleh tetangganya Thailand (Siam). Prancis, yang telah menaklukkan Vietnam pada akhir abad ke-19, berdagang dengan Thailand atas nama Laos. Pada awal abad ke-20, negara itu sepenuhnya berada di bawah kekuasaan Prancis.

Baca Juga  Gemati Artinya

Jepang menduduki Laos selama Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, Laos dan Vietnam mendeklarasikan kemerdekaan. Prancis menanggapi dengan mengirimkan pasukan dan mendapatkan kembali kendali atas daerah tersebut.

Gerakan nasionalis terus memperjuangkan kemerdekaan, sehingga pada tahun 1950 Perancis menyatakan pemerintahan sendiri Laos. Pada tahun 1954, Laos akhirnya merdeka penuh sebagai monarki konstitusional.

Kegiatan Ekonomi Negara Negara Asean: Pertanian Hingga Pertambangan

Setelah kemerdekaan, Laos mengalami masa ketidakstabilan politik. Hal ini diperparah oleh kepentingan AS di kawasan tersebut, yang membutuhkan basis untuk melawan Vietnam. Pemerintah koalisi pertama runtuh pada tahun 1958, tetapi pemerintahan pengganti segera dipasang, tetapi dilaporkan runtuh lagi segera setelah itu. Laos menyatakan netralitas pada tahun 1962 selama konflik Vietnam. Tapi itu tidak menghentikan Amerika Serikat dan Vietnam Utara untuk membangun basis kekuatan di Laos, sehingga merongrong posisi netral resmi negara tersebut. Laos berjuang untuk mempertahankan demokrasi, tetapi ketika Amerika Serikat menarik diri dari wilayah tersebut dan Vietnam Selatan runtuh, ia diambil alih oleh faksi komunis dengan dukungan militer dari Vietnam Utara.

Pada akhir 1975, raja dipaksa turun tahta dan Republik Demokratik Rakyat Laos yang komunis segera didirikan. Pemerintah komunis yang mendukung Vietnam semakin memperburuk situasi ekonomi di Laos. Akhirnya, mulai akhir 1980-an, Laos mulai membuka ekonominya dan mulai pulih, meski dengan lambat.

Laos adalah negara berdaulat dengan banyak ranjau darat yang belum meledak di pedesaan. Pengunjung harus berhati-hati agar tidak menyimpang dari rute aman dan memperhatikan semua rambu peringatan ranjau.

Khone Phapeng, air terjun tertinggi di Asia Tenggara, Pha That Luang, kuil Budha yang indah, dan Gua Pak Ou adalah beberapa atraksi utama di Laos. Dataran Jers adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para arkeolog pemula. Fitur yang menonjol dari Dataran Guci adalah guci batu kolosal berusia 2.000 tahun, dengan berat lebih dari enam ton. Selain itu, ratusan pot lain dengan kegunaan yang tidak diketahui tersebar di sekitar area tersebut.

Jadi Backpacker, Berkeliling Murah Meriah Ke 12 Kota Di 4 Negara (9)

Negara Laos Secara astronomis, Laos terletak antara 14°LU – 22°LU dan 100°BT – 108°BT. Luas wilayahnya mencapai 236.800 km2 dan 2% wilayahnya berupa perairan.

Berdasarkan letak astronomisnya, Laos beriklim tropis dengan suhu tahunan rata-rata 26 C-28 C. Curah hujan rata-rata 1500 hingga 2500 mm per tahun. Laos memiliki 3 musim. Musim hujan berlangsung dari bulan Juni hingga Oktober karena pengaruh angin muson barat daya. Musim dingin dan kemarau terjadi pada bulan November-Februari karena pengaruh angin musim timur. Ada musim kemarau transisi pada bulan Maret-Mei.

Baca Juga  Kemajuan Umat Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

Laos adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara, berhutan lebat dan sebagian besar bergunung-gunung, dengan Phou bia menjadi yang tertinggi dengan ketinggian 2.817 meter di atas permukaan laut. Laos juga memiliki beberapa dataran rendah dan dataran tinggi. Sungai Mekong membentuk sebagian besar perbatasannya dengan Thailand, dan pegunungan Annam membentuk sebagian besar perbatasan timurnya dengan Vietnam.

Bentang alam di bagian utara Laos cukup luas, menyempit di tengah dan melebar lagi di selatan. Bagian dalam Semenanjung Indocina memiliki topografi pegunungan yang berhutan lebat. Laos memiliki rangkaian pegunungan lipat yang membentang dari utara ke selatan, yaitu lereng barat Pegunungan Annam, Dataran Tinggi Bolovens, dan Lembah Sungai Mekong. Gunung Phou Bia adalah gunung tertinggi di Laos dengan ketinggian 2.820 meter. Daerah berbentuk datar ditemukan di dataran tinggi Xiang Khoang.

Ri Ekspor Jagung 57 Ribu Ton Ke Filipina

Iklim Laos adalah tropis, dengan suhu tahunan rata-rata berkisar antara 26°C di utara hingga 28°C di selatan. Curah hujan di negara ini sangat bervariasi dari 1500 hingga 2500 mm per tahun.

Hutan Lao menutupi sekitar setengah dari negara. Jenis hutan tersebut adalah hutan tropis, hutan bambu dan hutan campuran dengan vegetasi tropis… Luas total Laos adalah 236.800 km2. Sekitar 70% wilayah Laos bergunung-gunung dan gunung tertinggi di negara ini adalah Gunung Bia dengan ketinggian 2.819 meter. Sekitar 55 persen wilayahnya ditutupi oleh berbagai jenis hutan, pada dasarnya sebagian besar hutan di Laos adalah hutan tropis dan terdiri dari pepohonan yang biasanya merontokkan daunnya pada musim kemarau. Kurang dari sepertiga dari hutan ini masih merupakan hutan primer. Namun, hutan ini terancam akibat deforestasi yang berlebihan di wilayah seperti selatan dan tenggara.

Kecelakaan lain

Kepala negara laos adalah, hasil pertanian utama dari negara myanmar adalah, hasil pertanian utama di malaysia adalah, ibu kota negara laos adalah, bentuk negara laos adalah, negara tujuan ekspor hasil pertanian indonesia adalah, hasil utama pertanian negara vietnam adalah, hasil tambang negara laos, mata uang negara laos adalah, ibukota negara laos adalah, hasil utama negara laos, hasil pertanian laos