Magetan

Hasil Lacak Riwayat Relawan Positif Korona, GTPP Magetan Waspadai 18 Orang

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Mobilitas RZK, pasien positif ke-97 Covid-19 Magetan, terbilang tinggi. Tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) setempat menemukan belasan orang yang sempat berinteraksi dengan anggota relawan di internalnya tersebut. ‘’Hasil penelusuran, 18 orang punya kontak erat,’’ kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Magetan Saif Muchlissun.

Muchlis menyebut, belasan orang dalam pemantauan (ODP) itu telah dites swab Senin (29/6). Sehari setelah pasien asal Kecamatan Plaosan itu terkonfirmasi positif Minggu (28/6). Hasil uji laboratorium lendir dari tenggorokan dan hidung itu dijadwalkan keluar besok (2/7) atau Jumat (3/7). Kini, pihaknya mewaspadai aktivitas 18 orang tersebut. ‘’Untuk jaga-jaga, semuanya kami minta isolasi mandiri di rumah masing-masing,’’ ujarnya.

Menyebarnya korona di dalam internal GTPP mengagetkan jajaran pemkab. Tidak terkecuali Muchlis yang langsung memerintahkan sterilisasi posko di Stadion Yosonegoro. Relawan itu merupakan admin yang beraktivitas di sana. Seluruh sudut ruangan disemprot cairan disinfektan.

Di sisi lain, sejumlah petugas di posko yang terlibat kontak dengan pasien ke-97 tidak aktif bekerja. Sementara, petugas yang tidak punya riwayat interaksi masuk seperti biasa. ‘’Aktivitas di posko harus tetap berjalan,’’ kata kepala dinas komunikasi dan informatika itu.

Infeksi di internal posko meningkatkan kewaspadaan jajaran GTPP. Pasalnya, salah seorang petugas yang sempat berinteraksi diketahui hadir dalam acara pelantikan sekda, administratur, pengawas, dan kepala sekolah di Pendapa Surya Graha, Jumat (26/6). ‘’Penyebarannya harus dikendalikan agar tidak semakin meluas,’’ ucap Muchlis sembari menyebut masih mencari tahu asal muasal virus yang menginfeksi pasien ke-96 atau ibu RZK.

Muchlis menegaskan, pihaknya terus berusaha menekan laju penambahan pasien positif. Terlepas ada konfirmasi delapan pasien baru dalam sehari. Hingga mengerek kasusnya menjadi 104. Sebelum akhirnya bertambah lagi satu pasien Senin (29/6). Total kasus 105 dengan 77 di antaranya dinyatakan sembuh. ‘’24 pasien masih perawatan dan empat lainnya meninggal dunia,’’ sebutnya. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close