Advertorial

Harlah ke-95, DPRD Puji Semangat Kebangsaan NU

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Nahdlatul Ulama (NU) dinilai sebagai ormas Islam yang konsisten menghargai keberagaman di masyarakat, baik perbedaan suku, ras, maupun agama. Itu pula yang membuat kalangan wakil rakyat merasa terbantu menyebarkan semangat persatuan di tengah maraknya intoleransi beberapa tahun terakhir.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Ngawi Sarjono terkait momen hari lahir (harlah) ke-95 NU yang jatuh pada 31 Januari besok. ‘’NU memberikan kontribusi sangat besar bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam menyebarkan Aswaja dan meneguhkan komitmen kebangsaan,’’ kata Sarjono Minggu (29/1).

NU juga memiliki peran sentral dalam mengajarkan nilai-nilai keagamaan di masyarakat. Para kiai dan ulama NU konsisten membumikan nilai dan ajaran Islam di tengah modernisasi dengan tanpa meninggalkan unsur budaya di masyarakat. ‘’Tentunya itu tidak mudah,’’ ujarnya.

Komitmen tersebut tertuang dalam logo harlah ke-95 NU berupa dua bulatan yang menggabungkan angka sembilan dan lima di bagian tengah. ‘’Dua bulatan berbentuk seperti angka delapan dengan satu tarikan garis itu menunjukkan filosofi konsistensi,’’ ungkapnya.

‘’Sesuai tema yang diusung dalam harlah ke-95, yaitu Khidmah NU dalam Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan serta Nilai-Nilai Islam yang Rahmatan lil Alamin,” imbuh Sarjono sembari menyebut selama ini NU aktif memberikan masukan kepada DPRD terkait pembuatan peraturan daerah.

Di sisi lain, tantangan NU ke depan akan semakin berat untuk terus menjaga persatuan, keberagaman, dan toleransi antarumat beragama di tengah maraknya intoleransi. ‘’Selamat harlah ke-95. Semoga NU semakin kompak, modern, dan tetap menyebarkan Aswaja dengan tanpa meninggalkan budaya,’’ pungkasnya. (mg3/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button