Magetan

Hari Pertama Layanan Perpustakaan Dibuka, Pengunjung Abai Physical Distancing

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pembukaan layanan perpustakaan di Magetan Senin (15/6) belum diikuti perubahan kebiasaan pengunjung. Tiga remaja beberapa kali ditegur petugas karena duduk terlalu dekat. Padahal, meja baca telah ditandai dan kursi digeser menjauh sebagai pembatasan jarak. ‘’Physical distancing itu untuk menghindari kerumunan. Kami terapkan protokol kesehatan,’’ kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Magetan Gatot Sapto Priyono.

Setelah jam operasional berakhir, petugas menjemur buku-buku yang dibaca pengunjung. Juga buku pengembalian yang sempat dipinjam selama pandemi Covid-19. Dinas arpus belum memiliki alat untuk mensterilkan buku tersebut. ‘’Sterilisasi secara manual,’’ ujarnya.

Annisa, salah seorang pengunjung, menyambut baik langkah membuka layanan pinjam-baca buku. Hal itu sudah dinantikannya. Karena pandemi, dia tidak bisa mengunjungi perpustakaan sepulang sekolah. ‘’Di rumah baca koleksi buku lama,’’ katanya.

Kendati demikian, Annisa menyayangkan terbatasnya waktu berkunjung di perpustakaan. Jamnya dibatasi hanya tiga jam hingga pukul 11.00. ‘’Tadi belum selesai membaca sudah diminta pulang. Bukunya saya pinjam untuk dibaca di rumah,’’ ujarnya. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button